10 Fakta Mengejutkan dan Apa Itu Introvert? (Wajib Baca)

Selamat Hari Introvert Dunia! Pembaca setia bacapikiran ūüėÄ

Oke, Sebenarnya, 2 Januari adalah hari introvert dunia. Bukan sekarang, hehe.

Meski, bukan hari libur nasional, setelah  terbit sebuah artikel yang ditulis oleh psikolog Felicitas Heyne pada tahun 2011, orang-orang di seluruh dunia menyatakan bahwa 2 januari adalah hari introvert dunia.

Dengan harapan meningkatkan kesadaran umum tentang introvert ini kepada masyarakat ekstrovert (kebalikan dari introvert).

Anda mungkin sudah membaca tulisan saya mengenai psikologi kepribadian, disitu juga saya jelaskan pengertian introvert, cek link di bawah jika belum.

Psikologi Kepribadian Lengkap

 

Pengertian Introvert

Introvert atau introversion adalah seseorang yang lebih memilih lingkungan yang tenang, yang minimal terjadinya interaksi sosial. Introvert cenderung merasa terkuras energinya setelah bersosialisasi dan akan mendapatkan kembali energinya dengan menghabiskan waktu sendirian.

Ini terutama karena otak introvert merespons dopamin dengan cara yang berbeda dari otak orang ekstrovert. Dengan kata lain, jika Anda seorang introvert, itu memang adalah bawaan anda dari lahir.

Tonton Ini, kemungkina anda tidak akan butuh ke rumah sakit lagi

 

 

Fakta Ilmiah Mengenai Introvert

Berikut ini 10 penelitian psikologi yang akan memperdalam pemahaman dan penghargaan kita terhadap apa itu introvert sebenarnya.

 

1. Seorang Introvert memproses informasi lebih banyak daripada orang ekstrovert

Seorang psikolog bernama Hans Eysenck mengembangkan teori yang menunjukkan bahwa aktivitas otak introvert lebih cepat dan memiliki jumlah yang lebih tinggi daripada aktifitas otak orang ekstrovert.

Jadi, saat kita menempatkan seorang introvert di tempat yang memiliki stimulasi yang tinggi seperti pada konser, pesta dan tempat-tempat sejenis itu.

Akan membuat mereka dengan cepat menyerap semua stimulus tersebut dan alhasil menjadikan mereka kelebihan beban dan akhirnya kelelahan (kehabisan energi).

 

2. Jenis Introvert

Nah introversi ini menurut para ilmuan ada 4 jenisnya, setelah mereka melakukan sebuah penelitian kepada 500 orang introvert. Dan hasil dari ke-empat jenis introvert tersebut adalah sebagai berikut:

A. Introvert Sosial

Tipe introvert sosial ini adalah seorang introvert yang masih bisa bersosialisasi, namun tidak dengan terlalu banyak orang.

Biasanya nih, introvert tipe ini masih memiliki banyak sekali kenalan seperti layaknya orang ekstrovert. Namun, baginya hanya secuil dari mereka itu yang dianggap sebagai teman. Kedengarannya sadis ya, hehe.

Namun, yang di anggep teman baginya ini kebanyakan hubungan mereka sangat awet.

Walaupun introvert tipe ini masih bisa untuk di ajak ke tempat-tempat dengan stimulus yang tinggi seperti mall, seminar dan sejenisnya.

Namun sebenarnya dia lebih suka berdiam diri di kamar dengan buku, laptop atau smartphone-nya.

B. Introvert Pemikir

Introvert pemikir tentunya anda sudah punya gambaran bukan? bahwa dia ini tipenya suka berpikir.

Yang terkadang orang menganggapnya sebagai orang yang gak bisa bergaul. Padahal yang terjadi adalah karena saking asiknya berpikir, dia tenggelam dengan pikirannya sendiri.

Bukan gak mau bergaul, tapi sedang terhanyut dalam keindahan imajinasi Click To Tweet

Anda bisa menemukan contoh orang-orang besar yang bertipe introvert pemikir, yaitu Bill gates dan Einstein.

 

bill gates dan einstein adalah introvert pemikir

C. Introvert Gelisah/ Cemas

Nah, ini adalah tipe introvert yang tertutup dengan lingkungan. Dia memilih untuk menarik diri dari aktifitas sosial karena merasa cemas dan tidak pede dengan kemampuan sosial mereka.

Alhasil, saat berinteraksi dengan orang dia kesulitan berbicara dan mudah grogi.

D. Introvert Terkendali

Ini adalah tipe introvert yang harus berpikir dulu sebelum berbicara atau bertindak.

Dia tidak bisa beraksi secara spontan, padahal di dunia nyata ini kita penuh dengan spontanitas‚Äďspontanitas yang perlu kita hadapi.

Oleh karena itu, tipe introvert ini sering kali di cap sebagai orang yang lamban.

Padahal yang dia butuhkan hanyalah waktu untuk memikirkan tindakannya.

 

Meskipun ada 4 jenis di atas, pada dasarnya semua orang introvert unik dengan ciri khasnya masing-masing. Namun kebanyakan campuran dari ke-empat hal di atas dengan porsi yang berbeda-beda.

 

3.  Seorang Introvert Lebih Konkret Saat Berbicara

Pada tahun 2012 terdapat sebuah penelitan. Dimana peserta diminta untuk mendeskripsikan lima buah foto dari situasi yang ambigu.

Nah, pada penelitian itu disebutkan hasilnya bahwa,

Orang-orang yang skala introversinya tinggi ( orang yang lebih cenderung lebih introvert) dapat menyebutkan kata-kata yang lebih konkret seperti angka dan jenis-jenis kata yang jelas.

dan lebih sering menggunakan kata pembeda seperti tetapi dan kecuali.

Ini membuktikan bahwa orang introvert lebih objektif dalam memandang sesuatu dan dapat mengumpulkan informasi dengan jelas dan lebih lengkap.

 

4. Orang Ekstrovert Lebih Mudah Bahagia Di Banding Introvert

Ini adalah fakta yang di temukan tidak hanya di negara-negara barat, namun di seluruh bagian dunia

yang menyatakan bahwa ternyata rasa bahagia lebih sering di temukan pada orang-orang ekstrovert.

Kuantitas kebahagian yang orang ekstrovert rasakan dalam hidupnya lebih tinggi di bandingkan dengan orang-orang introvert

 

 

5. Orang Introvert Memandang Wajah Manusia Dengan Nilai Yang Sama Saat Memandang Bunga

Pada tahun 2010, dua puluh delapan orang dewasa (yang introvert) dipasangi monitor untuk merekam aktivitas otak mereka pada level P300. (saya juga kurang tahu hehe)

Dan orang yang ekstroversi tinggi menghasilkan level P300 yang tinggi.

Lebih menariknya disini,

Para peserta menghasilkan tingkat P300 yang sama saat melihat wajah manusia dengan saat ketika melihat bunga.

Hal ini menandakan bahwa mereka menghargai kedua hal tersebut. Mereka memberikan penilaian yang sama, kita tahu bagaimana besarnya seorang manusia mengagumi keindahan bunga, nah bagi orang introvert wajah pun dia kagumi seperti halnya bunga.

 

6. Introvert memiliki imajinasi yang jelas

Mereka juga memiliki kemampuan yang kuat dalam menyelesaikan masalah, Kelemahannya adalah mereka mungkin sering kali terjebak dalam pikiran mereka. Sehingga lebih lama untuk action.

Mereka lebih spesialis dalam hal menganalisa dan mengamati kejadian.

Daya Berpikir KREATIF meningkat hingga 693%, mau? Lakukan 4 Hal ini!

 

7. Pikiran Introvert Tidak Terlalu Suka Mengambil Resiko

Dalam mempelajari pikiran introvert dan ekstrovert saat berjudi, pada hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa orang introvert menghasilkan lebih sedikit dopamin di otak mereka.

Dopamin sendiri adalah zat kimia otak yang digunakan untuk memproses kesenangan dan perasaan positif. Jadi misalnya orang ekstrovert akan memunculkan domapin ketika berinteraksi dengan orang, sebaliknya introvert akan menghasilkan dopamin ketika sendirian.

Intinya dopamin lah yang memunculkan perasaan senang, bahagia dan semangat kita. (kecanduan juga berkat dopamin).

Nah, dalam kasusk ini berarti orang introvert tidak suka dengan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan pengambilan risiko seperti kegiatan seperti perjudian dan lain sebagainya.

 

8. Introvert Tinggal Di Daerah-daerah Terpencil/ Sepi

Dalam serangkaian tiga studi yang di lakukan, hasil menunjukkan bahwa orang ekstrovert hidup di daerah terbuka dan lapang,

Sedangkan orang Introvert cenderung hidup di lingkungan yang lebih terpencil seperti daerah pegunungan.

Tapi bukan berarti tidak ada orang introvert di kota yah! ini hanya kebanyakan, karena manusia akan beraksi sesuai instingnya bukan. Nah, untuk para introvert yang tidak bisa memilih cara hidupnya atau misalnya terpaksa harus tinggal di daerah ramai maka tidak ada pilihan baginya bukan?

 

9. Introvert Lebih Memiliki Kemampuan Untuk Memahami Hal Yang Abstrak

Seorang mahasiswa di Universitas Harvard melakukan sebuah penelitian,

yang menemukan bahwa orang introvert memiliki materi abu-abu yang lebih besar dan lebih tebal di korteks pre-frontal mereka.

di mana bagian otak tersebut adalah bagian yang terkait dengan pemikiran abstrak dan pengambilan keputusan.

Nah hal ini menunjukkan bahwa mereka sangat mungkin memiliki kemampuan untuk memahami atau membuat hal-hal yang abstrak ataupun dalam mengambil suatu keputusan.

Hal yang abstrak yang paling mudah kita temui adalah lirik lagu misanya, puisi dan kalimat-kalimat yang mengandung arti yang abstrak. Nah, orang-orang introvert ini lebih pandai untuk mencernanya.

Dan yang terakhir!

 

10. Orang Introvert Lebih Di Sukai.

Kok bisa? Meskipun tidak terlalu sosial, orang introvert biasanya adalah seorang pengamat dalam suatu kelompok, hal ini membuat mereka lebih mudah memahami personalitas setiap pribadi di kelompok tersebut.

Jadi, saat bertindak pun dia lebih menyesuaikan dengan kepribadian masing-masing personal yang dia hadapi tentunya. Yang membuat mereka lebih mudah untuk di sukai.

 

Nah, jadi bagi anda yang introvert!

Jangan berkecil hati, karena masih banyak hal lain yang menjadi kelebihan anda! iya anda, orang introvert.

Jadi mari kita rayakan hari ke-introvert-an ini! Click To Tweet Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2018

Diskusikan Pikiranmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Self Hipnosis : Cara mudah memprogram ulang pikiran bawah sadar Anda

Kita telah tahu betapa penting dan besarnya pengaruh pikiran bawah sadar terhadap diri kit…