extrovert adalah

Ekstrovert adalah? 4 Sifat Rahasia Yang Dimiliki

Ekstrovert adalah kebalikan dari introvert. Jika orang introvet itu lebih senang menyendiri, maka orang extrovert lebih menyukai lingkungan yang interaktif. Mereka sangat antusias dengan hal baru dan senang bergaul.? artikel berikut ini akan membahas lengkap mengenai apa itu introvert, ciri-ciri dan sifat rahasia yang introvert juga miliki!

Apa Itu Ekstrovert?

Halo? Apa kalian punya hobby bergaul dengan teman  atau sahabat dan merasa kesepian saat sedang enggak bersama dengan mereka? Jika benar, kalian termasuk dalam sekelompok orang ekstrovert loh..!

Hal itu disebabkan karena seorang extrovert lebih didominasi dengan sifat, kondisi atau kebiasaan yang menyenangkan dari luar diri mereka sendiri. Bagi kebanyakan orang ekstrovert, aktivitas sosial, berinteraksi dengan orang lain, bertukar informasi dengan banyak orang dan senang bergaul adalah suatu hal yang menyenangkan.

Orang ekstrovert ini memiliki kepribadian yang lebih terbuka dan periang. Tapi, tidak sedikit juga orang ekstrovert akan lebih sering dianggap senang cari muka. Kok gitu, ya!

Biar kalian nggak salah paham, berdasarkan penjelasan dalam Myers Brigss Type Indicator, ekstrovert adalah kecenderungan individu mendapat energi dari rangsangan eksternal. Maksudnya, yaitu rangsangan yang efektif bagi si ekstrovert untuk membuatnya merasa lebih berenergi datang dari luar, entah itu lingkungan atau orang lain.

Yakin ingatanmu Asli ?

Ini berbanding terbalik sama intorvert yang rangsangannya berasal dari dalam diri. Dengan kata lain, introvert lebih senang tenggelam dalam alam pikirannya sendiri ketimbang meminta pendapat dari lingkungan atau orang lain.

Orang ekstrovert lebih senang menge-charge dirinya dengan mengikuti kegiatan di luar dan bertemu dengan teman-teman. Sementara itu, introvert lebih senang berkutat dengan alam pikirannya sendiri, dan biasanya sering diwujudkan lewat menulis, melukis, atau membaca.

Begini Ciri-ciri Jika Kamu Adalah Orang Ekstrovert

Seorang extrovert akan terlihat lebih energik dan memiliki karakteristik yang lebih terbuka. Seorang Ekstrovert juga memiliki kelebihan dalam berinteraksi yang terkesan cenderung impulsif atau easy going.

Jadi, orang-orang extrovert menyukai aktivitas spontan dan lebih mudah melakukan interaksi dengan dunia luar.

Baca Juga  Punya Sahabat Broken Home? WAJIB BACA!!

Mereka tidak suka memusingkan hal-hal kecil. Jadi lebih sedikit berpikir ketika akan melakukan sesuatu, meskipun sebagian besar orang ekstrovert juga impulsif. Mereka tidak suka muluk-muluk dalam bertindak dan lebih menikmati sesuatu hal menjadi sederhana. Bahasa jawanya, kareplah , bodo amat! gak ribet. Hehehe.

ciri-ciri ekstrovert
source : freevector.com

Ciri ini bisa kalian kenali dari lingkungan kecil kalian seperti lingkungan sekolah, lingkungan kuliah dan lingkungan kerja di kantor. Jika ada temanmu yang pekerjaannya sering kali tidak beres saat ia dalam keadaan sendiri. Bisa jadi dia tidak bisa fokus dan bersemangat dalam keadaan sendiri.

Orang dengan kepribadian ekstrovert dapat dilihat dengan ciri-ciri:

  • Enggak suka dengan kesendirian. Orang dengan kepribadian ekstrovert justru akan merasa uring-uringan, badmood jika mereka merasa jenuh dan lelah dengan kesendiriannya.
  • Mereka senang bertemu, berkumpul, dan bergaul dengan orang-orang. Karena menurut mereka, bertemu dengan orang-orang merupakan suatu sumber energi.
  • Orang ekstrovert paling enggak bisa berdiam diri, mereka akan selalu punya bahan untuk menjadi topik pembicaraan.
  • Dalam bekerja mereka senang secara team / kelompok, menurut meraka suasana yang selalu ramai adalah hal yang menyenangkan.
  • Memiliki beberapa lingkup pertemanan. Orang dengan kepribadian ini enggak hanya punya satu lingkup pertemanan saja. Hal ini lah yang menjadikan orang-orang ekstrovert sangat senang bergaul dengan orang lain.
  • Mereka bukan tipe orang yang suka memendam perasaan, mereka akan menyuarakan pendapatnya jika ada suatu hal yang mengganjal. Karena hal ini, orang ekstrovert dinilai lebih berani.
  • Kebanyakan orang akan berpikir jika orang ekstrovert suka cari muka. Padahal, memang orang-orang dengan kepribadian ini demikian adanya.
  • Selalu punya rencana dengan matang. Karena orang-orang ekstrovert enggak suka jika hanya berujung diam saja di rumah.

Nah, apakah kamu punya sejumlah ciri-ciri di atas? Jika iya, berarti kamu termasuk dalam sekelompok orang ekstrovert!

Sifat-sifat Rahasia Orang Ekstrovert

Karena kecenderungan ini, baik ekstrovert maupun introvert jadi punya label masing-masing. Intorvert punya label pemalu dan nggak suka bersosialisasi. Sedangkan ekstrovert labelnya digamabarkan suka datang ke tempat ramai seperti pesta atau konser dan nggak bisa hidup sendirian.

Baca Juga  Ambivert adalah ? Berbanggalah Jika Kamu Punya 5 Ciri ini

kamu bisa membaca artikel tentang ambivert di sini, perpaduan antara ekstrovert dan introvert : Pengertian ambivert adalah ?

Ada satu kata dominan yang menggambarkan sosok ekstrovert, yaitu supel. Faktanya, ada beberapa rahasia lho di balik orang ekstrovert. Apa aja, sih?

1. Bisa merasakan sedih dan terpuruk

Orang ekstrovert cenderung mempunyai karakter yang outgoing. Jadi, kesan itu membuat orang lain menganggapnya sebagai sosok yang selalu ceria dan nggak mudah tersinggung, sehingga mereka dikira jarang merasakan sedih dan terpuruk.

Orang ekstrovert kan juga manusia, Gaesss. Pasti mereka juga bisa merasakan sedih dan terpuruk. Namun, kebanyakan dari mereka akan menyembunyikannya di depan orang banyak.

orang ekstrovert bisa sedih dan terpuruk
source : pexels.com

2. Dapat hidup sendiri dan mandiri

Karena basic ekstrovert memang berinteraksi sama orang lain untuk mengisi ulang mereka membuat orang ekstrovert sering dikira nggak bisa sendirian. Padahal mereka juga dapat menikmati hidup sendiri dan mandiri karena bisa lebih produktif menjalani keseharian. Bagi orang ekstrovert, me time itu juga sangat penting.

ekstorvert bisa mandiri
source : freevector.com

3. Bisa minder juga

Seorang ekstrovert biasanya mendapatkan ekspektasi selalu percaya diri, terutama dalam hal berbicara di depan umum. Faktanya, nggak semua semua ekstrovert selalu percaya diri loh. Mereka juga bisa punya sifat pemalu seperti kebanyakan orang lain.

4. Sering dikira flirting ke lawan jenis

ekstrovert dikira suka menggoda
source : unsplash.com

Beberapa orang ekstrovert memang cepat akrab dengan orang baru. Nggak jarang mereka juga menggoda lawan bicara. Tujuannya semata-mata untuk mencairkan suasana alias membuat orang lain juga ikutan merasa akrab.

Sayangnya, kadang sikap ini yang membuat orang di sekitarnya jadi salah paham, GR, atau bisa sampai baper. Padahal maksud mereka nggak seperti itu, hanya lawannya aja yang ke GR an.

Sumber: Extraversion and introversion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Psikologi Sosial: Teori, Metode dan Pendekatan Lengkap!

Psikologi Sosial adalah Ilmu yang mempelajari dan menyelidiki tingkah laku individu dalam …