membaca-bahasa-tubuh

Belajar Membaca BAHASA TUBUH Bisa Bikin Ketagihan – Begini caranya!

Membaca bahasa tubuh sebenarnya gampang-gampang susah. Artikel ini akan membantu langkah pertama anda, bagaimana cara belajar membaca bahasa tubuh secara otodidak dan terbukti berhasil.

Artikel ini termasuk dalam rangkaian kursus online gratis cara membaca pikiran orang. Anda dapat melihat daftar rangkaiannya disini

Panduan sistematis cara membaca pikiran orang lain

Ps. Maaf jika kursus ini sempat tertunda 2 minggu, dikarenakan lebaran dan ada permasalahan pribadi penulis.

Membaca Bahasa Tubuh Dan Cara Membaca Materinya.

Tentu banyak sumber-sumber belajar membaca bahasa tubuh di luar sana. Namun pada rangkaian kursus ini akan saya berikan kepada anda sepenggal-sepenggal.

Agar tidak terlalu banyak informasi yang masuk, yang hanya akan tetap menjadi informasi dan bukan menjadi skill.

Janganlah muluk-muluk, anda berkeinginan menjadi master dalam membaca bahasa tubuh dengan hanya modal searching di internet. Nah, oleh karena itu mari kita bekerja sama. Ikuti pola pembelajaran berikut ini. Agar anda tidak hanya seperti membaca artikel biasa lainnya.

Baca satu artikel, kemudian praktikkan dalam seminggu kedepan. satu-persatu artikel saja, anda tidak perlu melahap semua informasi yang ada di internet, yang malahan akan menjadi sampah di otak anda. Jika ada kesulitan atau perkembangan menarik bagikan kepada kami. Anda bisa menuliskannya di kolom komentar.

Ilmu sejatinya adalah tentang ketekunan, bukan kerakusan. Click To Tweet

Belajar Membaca Bahasa Tubuh – #1 Ketahui Jalur Start Anda

step-step belajar membaca bahasa tubuh
source: freepik.com

Langkah awal menentukan hasil akhir. Tentunya anda setuju dengan kalimat barusan jika anda masuk kedalam labirin. Bagaimana kalau kita anggap perjalanan ini seperti sebuah labirin. Jadi otomatis Anda benar-benar memperhatikan setiap langkah-langkahnya. Karena kalau tidak, bisa jadi anda melewati persimpangan yang salah.

1. Mengapa mempelajari bahasa tubuh?

Karena manusia berkomunikasi dengan dua jenis bahasa, bahasa verbal atau bahasa lisan dan bahasa non verbal atau bahasa tubuh.

Bahasa tubuh adalah serangkaian bentuk komunikasi non verbal atau tanpa suara yang terdiri dari gerakan dan tingkah laku tubuh manusia.

Untuk mengetahui apa sebenarnya isi pikiran seseorang, orang tersebut harus mengkomunikasikannya.

Masalahnya adalah Bahasa verbal  sangat mudah di palsukan. Seseorang tidak perlu mempunyai keahlian khusus, kalau hanya ingin berbohong dengan bahasa verbal. Dia hanya harus mengatakan hal yang tidak sebenarnya.

Namun untuk Bahasa non verbal lain cerita, bukan tidak bisa di palsukan akan tetapi sangat sulit bagi yang tidak terlatih. Apalagi sangat jarang orang yang mau melatih dirinya untuk dapat berbohong dengan bahasa non verbal. Kecuali memang dia berniat sebagai pembohong profesional.

Mengapa demikian? karena bahasa non verbal atau bahasa tubuh terjadi secara otomatis dan berdasarkan insting/ intuisi manusia. Itulah mengapa di belahan dunia manapun bahasa tubuh terlihat sama atau setidaknya mirip.

1.1 Bahasa Tubuh Untuk Membaca Pikiran Orang Lain.

Tentu anda sudah paham dengan mempelajari bahasa tubuh kita akan mampu mengetahui isi pikiran orang lain. Sedikit banyak akan seperti itu, walaupun tidak tahu sepenuhnya tapi minimal gambaran besarnya.

1.2. Bahasa Tubuh Untuk mengontrol Pikiran Orang lain.

Kebanyakan dari anda pasti bertanya-tanya. Bagaimana mungkin bahasa tubuh bisa mengontrol pikiran orang lain?

Pernahkah anda bertemu seseorang, lalu anda berkesimpulan orang ini kaku, orang ini ceria, orang ini keras, garang, sabar dan lain sebagainya. Pernah bukan?

Kadang kita seakan bisa menyimpulkan karakter seseorang bahkan tanpa komunikasi verbal. Iya bukan?

Ini terjadi karena secara tidak sadar kita selalu menangkap informasi bahasa non verbal orang lain. Jadi dengan mengontrol bahasa tubuh kita sendiri, kita dapat mengontrol pikiran orang lain terhadap kita. Oleh karena itu ada istilah bahasa tubuh pemimpin, bahasa tubuh Hitler dan lain sabagainya.

2. Mengapa Berbohong Non verbal Sulit

Mengapa kita sulit untuk memanipulasi bahasa non verbal kita?

Karena bahasa non verbal terjadi berdasarkan reflek otomatis, hal ini telah terbentuk sejak kecil, dan bahkan tanpa di ajari.

Anda pernah lihat cara bayi menangis ketika baru lahir? saya jamin di setiap belahan dunia cara mereka menangis, genggaman tangannya, semuanya sama. Jadi bisa di katakan bahasa non verbal adalah satu-satunya bahasa yang universal. Semua manusia sama, mimik mereka ketika marah, bahagia, jijik dan lain sebagainya.

Bahkan bahasa tubuh pria, bahasa tubuh wanita, bahasa tubuh anak kecil, orang dewasa, orang tua semuanya memiliki kesamaan dan sedikit perbedaan. Perbedaannya terbentuk dari budaya, karena mereka memiliki peran dan kedudukan yang berbeda.

Dapat di katakan bahasa tubuh adalah bahasa natural manusia, dia lahir tanpa di pelajari, tanpa latihan. Semuanya seakan sudah ter-install begitu saja.

Sehingga pada praktiknya terjadi begitu saja, secara otomatis dan sulit dikontrol. Kalaupun anda berusaha mengontrolnya pasti ada beberapa milisekon terjadi kebocoran atau keceplosan. Hal ini yang orang-orang sering menyebutnya sebagai micro expression. Ekspresi milisekon yang tidak bisa anda sembunyikan, ekpresi tersebut seperti meneriakkan apa isi pikiran anda.

Namun begitu, belajar bahasa tubuh tidak cukup hanya dengan belajar menangkap micro expression, karena mikro eskpresi kebanyakan hanya terjadi di wajah.  Padahal semua gerakan anggota tubuh adalah bahasa non verbal dan penting untuk di pelajari.

Oleh karena itu jangan terburu-buru, nikmati dan lakukan tiap langkah dengan sempurna. Jangan buat diri anda tersiksa dengan melahap banyak informasi sekaligus. sedikit-sedikit tapi pasti, bukankah lebih baik?

Membaca Otomatis = Tarik atau Tekan

Baru-baru ini kawan saya yang bekerja di bidang keamanan menceritakan pengalamannya tentang bahasa tubuh.

Sepulang dari camp pelatihan di bandung dia mengaku ada yang berbeda dengan dirinya. Dia merasa lebih aware dengan bahasa tubuh orang.

Dengan gerakan-gerakan kecil mereka saat berinteraksi. Ketika saya tanya darimana skill itu dia dapatkan.

Dia menuturkan bahwa saat di camp diberi pelatihan mengenai bahasa tubuh. Lantas saya berpikir apakah pengetahuan saja bisa membuat kita secara reflek dapat memberikan skill memperhatikan bahasa tubuh secara otomatis? menurut saya iya dan tidak.

Langkah dari pengetahuan menuju keahlian otomatis adalah dengan memasukkan pengetahuan tersebut sebagai salah satu program yang tertanam di pikiran bawah sadar kita. Persis seperti waktu belajar naik sepeda, awal belajar perlu perhatian penuh tetapi jika sudah ahli semuanya seperti berjalan otomatis. Ingin lebih detail tentang bawah sadar baca artikel berikut.

Mengupas lengkap Pikiran Sadar dan Bawah Badar

Dari pengamatan, saya simpulkan kejadian yang menimpa kawan saya ini memiliki dua kemungkinan.

1. Pengetahuan + Ketertarikan + Praktik

Kami sudah lama sekali tinggal bersama, satu kontrakan ketika kuliah. Tentu pastinya hal yang menjadi ketertarikan saya sedikit banyak juga membuatnya tertarik.

Salah satunya tentang bahasa tubuh, dan lebih lagi ketika pergi ke camp dia mendapati materi mengenai hal itu.

Pasti rasanya mirip ketika anda pergi merantau dan kemudian bertemu seseorang yang berasal dari kampung halaman anda. Ya seperti rasanya!

Ketertarikan membuat keterikatan, sehingga akan lebih mudah masuk ( jika informasi) atau lebih mudah dekat (Jika orang). Jika anda ingin meniru opsi ini maka anda harus membuat diri anda TERTARIK dengan bahasa tubuh.

2. Pengetahuan + Tekanan + Praktik

Ketika dalam camp pelatihan tentunya memiliki atmosfer tekanan yang hampir sama dengan camp pelatihan calon tentara.

Keras, disiplin dan kuat menjadi gambaran yang pas untuk mereka.

Anda pasti tahu istilah the power of kepepet, bukan? Semakin kuat tekanannya semakin besar potensi yang akan anda keluarkan.

Hal ini mungkin saja yang membuat teman saya dan rekan-rekannya merasakan pelajarannya mengenai bahasa tubuh menjadi optimal.

Karena adanya tekanan kondisi saat itu, bagian dirinya memaksanya untuk segera menginstall skill tersebut.

Tentu jika anda mau, anda bisa membuat kondisi yang menekan bagi anda. Sehingga seakan anda di tuntut untuk mau tidak mau segera menguasainya.

Waktunya Praktek!

Bagaimana bisa praktek? teori saja belum di kasih! – Teriak para pembaca.

Lah, dari tadi itu jika di baca sungguh-sungguh sudah merupakan teori yang cukup. Tujuan praktik ini adalah untuk mendapatkan skill yang dari tadi kita bicarakan.

Jangan banyak teori, langsung Action! Click To Tweet

1. Setiap Anda Bertemu Seseorang atau Mengamati Seseorang

1.1. Yang harus pertama kali anda harus lakukan adalah :

Mencari Bahasa tubuh kebiasaannya. Atau bisa kita sebut bahasa tubuh dasarnya.

Caranya bagaimana?

Cukup perhatikan gerakan-gerakan yang memang normal dia lakukan. Walaupun aneh tapi jika berulang-ulang dan dalam keadaan yang biasa-biasa itu artinya bahasa tubuh kebiasaannya saja. Bukan karena suatu sebab tertentu.

1.2. Kemudian cari gerakan tubuh yang aneh.

Dalam waktu setengah jam saja jika kita intensif bereaksi dengan-nya kita akan melihat beberapa gerakan-gerakan yang terasa aneh. Atau tidak biasa. Di titik-titik itulah nanti kita akan menerjemahkan apa arti di balik gerakan itu.

Biasanya gerakan itu muncul ketika dia merespon atau memberikan reaksi pada suatu hal.

1.3. Tugas pertama anda adalah mengamati dan menemukan gerakan-gerakan tersebut

Biasanya sangat minim hingga tidak terlihat. Jangan dulu memikirkan apa artinya. Yang terpenting adalah menginstall skill pengamatan anda terlebih dahulu.

Mungkin hal ini anda anggap remeh, tapi please lakukan latihan ini. Anggap saja diri anda sedang bermain game. Jadi ketika anda menemukan sebuah gerakan, berbahagialah seperti anda mendapatkan poin ketika nge-game.

2. Cara Modern dan Asik.

Memanfaatkan kemajuan jaman untuk mengasah skill pengamatan anda, hemat waktu dan bisa di lakukan di mana saja, bahkan ketika anda sendirian.

Ada yang tahu?
Iya benar sekali , tonton video youtube.

Berikut tips-tips dalam latihan di youtube :

  • Cari video-video yang lebih banyak menampakkan reaksi-reaksi seseorang. Video yang kebanyakan shootnya ke seesorang bukan benda.
  • Cari video-video yang memang khusus memberikan reaksi video lain. Gunakan kata kunci ” Reacting to … “
  • Pilih video yang berbahasa asing. Agar konsentrasi anda tidak terjebak dengan ucapan jika anda mengerti bahasanya. Karena dalam tahap latihan, kita fokus pada pengamatan visual saja.

3. Rekam Hasil Pengamatan Anda

Ini Sebenarnya opsional, agar anda bisa mengulangi lagi hasil pengamatan anda. Dan mengevaluasi hasil latihan anda.

Memang mudah jika kita mengamati bahasa tubuh lewat youtube, kita bisa menekan tombol pause atau rewind jika ada hal yang terlewat.

Tetapi melakukan pengamatan secara real live memberikan kesan yang lebih menantang dan nyata. Kelemahannya kita tidak bisa menekan tombol pause dan rewind. Oleh karena itu kadang kita perlu merekam pengamatan kita.

Tetapi terkadang kita sungkan untuk merekam orang lain yang tidak kita kenal, atau dalam kondisi-kondisi tertentu. Sebenarnya terserah anda bagaimana cara anda merekamnya. Tapi saya rekomendasikan anda melihat-lihat koleksi kamera tersembunyi di link berikut:

Koleksi Hidden Kamera

Ps. Link tersebut adalah link affiliasi, jadi jika anda membeli barang dari link tersebut saya akan mendapat komisi. Saya ucapkan terima kasih kepada anda.

Menerjemahkan Bahasa Tubuh Tahap #1

Pada latihan Anda untuk seminggu kedepan, anda harus menemukan dan mengamati bahasa tubuh target anda. Dan kemudian menentukan bahasa tubuh itu menunjukkan emosi apa.

Tadi memang saya bilang untuk tidak memikirkan apa artinya, tetapi saya rasa kurang asik. Mungkin untuk beberapa hari pertama coba cari bahasa-bahasa tubuh yang aneh, baru kemudian ke langkah selanjutnya,

Kita coba kelompok-kan jenis emosi apa gerakan tersebut!

Tidak perlu bingung, cukup kelompok-kan kedalam 7 jenis emosi dasar berikut ini:

 

Marah. Takut. Remeh. Bahagia. Jijik. Sedih. Terkejut.

Marah Takut Remeh Bahagia Jijik Sedih Terkejut

Ke-7 emosi tersebut adalah emosi dasar, saya yakin jika anda mengamati tidak akan sulit untuk menentukan emosi yang mana yang mereka keluarkan. Gunakan feeling dan intuisi anda untuk menerjemahkan gerekan-gerakan dari hasil pengamatan anda.

Memang ada lebih banyak lagi jenis emosi manusia dan yang bakal anda temukan pada saat praktik. Namun emosi-emosi tersebut pada dasarnya adalah turunan dari ke 7 emosi di atas. Merupakan campuran dari 2 atau beberapa emosi diatas.

Misalnya malu, salah satu jenis malu adalah gabungan dari emosi takut dan terkejut. Dan jenis malu lainnya ada yang terdiri dari takut dan jijik. Tetapi tidak perlu anda pikirkan, cukup simpulkan emosi mana yang paling dominan.

lie-to-me
Di ambil dari film Lie To Me

Sampai ketemu di materi selanjutnya 😀

 

Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2017

Diskusikan Pikiranmu