pikiran bawah sadar
pixabay.com

Pikiran SADAR dan Pikiran BAWAH SADAR

 

Sebagian besar dari kita pasti sering mendengar ‘pikiran bawah sadar’ atau ‘otak bawah sadar’. Namun jarang menjumpai seseorang yang bisa dengan gamblang menjelaskan apa dan bagaimana pikiran bawah sadar itu.

Kita langsung mulai saja. Berikut perbandingan antara pikiran sadar dan bawah sadar.

pikiran bawah sadar
credit: simplypsychology.org

Gambar tersebut menunjukkan sebuah gunung es yang digunakan oleh Freud dalam menggambarkan pikiran sadar dan bawah sadar. Tentunya Anda tidak akan menolak pendapat freud ini yang juga terkenal sebagai neurologist (ilmuan sistem syaraf) dan sekaligus sebagai pencipta psikoanalis (studi fungsi dan perilaku psikologis manusia).

Jika kita lihat gunung yang menjulang ke atas diibaratkan pikiran sadar, dan yang menjulang ke bawah (bahkan berkali-kali lipat lebih tinggi) diibaratkan pikiran bawah sadar kita. Dari gambar tersebut pun kita sudah melihat seberapa besar pengaruh pikiran bawah sadar terhadap kita.

Di dalam pikiran bawah sadar terdapat pula potensi-potensi diri kita yang terpendam. Banyak kasus yang membuktikan mengenai potensi terpendam ini, misalnya seorang nenek yang mampu mendobrak tembok ketika terjadi kebakaran, seseorang yang tiba-tiba cepat sukses dalam kondisi terjepit, tiba-tiba kita mampu melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak mungkin kita bisa lakukan dan masih banyak lainnya.

Dari contoh-contoh diatas, seakan kita tidak mampu mengontrol kapan potensi bawah sadar muncul. Namun, sebenarnya dengan kita menurunkan level kesadaran maka pikiran bawah sadar akan aktif.

Beberapa cara yang biasa di gunakan untuk mengaktifkan bawah sadar adalah meditasi, ritual keagamaan, hipnosis dll.

Namun apa sebenarnya mereka itu?

A. Pikiran sadar manusia

Adalah proses pemikiran yang Anda sadari dan dapat Anda kendalikan. Contohnya jika Anda ingin memilih menu makanan. Kita memilih mana yang ingin kita makan berdasarkan logika sadar kita, contohnya berdasarkan waktu makan, budget (dana) untuk makan dan lain sebagainya.

Dan pemilihan berdasarkan kesadaran itu pun juga terpengaruh dengan data-data yang ada di dalam memori pikiran kita. Jadi logika kita pun akan berbeda-beda berdasarkan dengan pengalaman yang tersimpan dalam memori pikiran.

Berikut ringkasan proses dalam pikiran sadar kita,

  • Mengenali informasi yang masuk dari sensor tubuh ( baca – panca indera),
  • Kemudian membandingkan dengan isi memori kita,
  • Selanjutnya menganalisa informasi tersebut,
  • Terakhir memutuskan respon apa yang dilakukan terhadap informasi tersebut.

 

 

B. Pikiran bawah sadar

Adalah proses pemikiran yang bertolak belakang dengan pikiran sadar. Proses ini tidak melalui kendali sadar kita. Contohnya tiba-tiba Anda jatuh cinta pada seseorang, atau tiba-tiba saja Anda sangat ingin sekali makan bakso. Dan jika ditanya pun Anda akan menjawab tidak tahu alasan dari tindakan Anda itu. Karena memang pikiran sadar Anda tidak ikut campur dalam pemilihan proses itu.

Apa yang di lakukan pikiran bawah sadar sebenarnya tidak sepenuhnya terjadi di luar kendali kita. Karena isi pikiran bawah sadar adalah program-program ataupun data yang dahulu kita masukkan ke dalam bawah sadar kita.

 

B.1. Simulasi pikiran bawah sadar

Sebagai contoh  Anda ditanya mengapa Anda menyukai warna merah, dan Anda tidak tahu jawabannya. Namun mungkin saja dahulu Anda di wejang oleh kakek tercinta bahwa kita harus menjadi orang yang berani. Dan terbentuklah sebuah belief (keyakinan) => berani adalah sifat yang baik serta memiliki value(nilai) tinggi di dalam pikiran Anda.

Belief system (Keyakinan) ini yang menjadi pertimbangan kita dalam melakukan semua hal. Click To Tweet

Setiap warna memiliki konsep pengertiannya masing-masing. Dan yang melambangkan ke-berani-an oleh pikiran bawah sadar Anda adalah warna merah, hal ini mungkin dikarenakan data-data yang kita dapatkan sehari-hari. Misal, warna merah bendera melambangkan ke-berani-an. Merah seperti warna darah melambangkan pengorbanan. Dan orang yang berkorban adalah orang yang berani.

Hal ini adalah contoh sederhana bagaimana pikiran bawah sadar kita menentukan warna kesukaan. Semua proses itu tidak kita sadari. Dan tentunya semua orang mengalami hal ini dalam model yang berbeda-beda. Pasti.

 

B.2. Apa saja yang diproses dalam bawah sadar?

Berikut beberapa contohnya seperti yang ditulis oleh bawahsadar.com

Kebiasaan (habit), Anda pasti merasakan bahwa kebiasaan dilakukan dengan sangat mudah dan terjadi begitu saja, dan sangat sulit melawan kebiasaan yang sudah kita tanam.

Perasaan (emotion), Emosi atau perasaan juga sulit untuk kita kendalikan secara sadar. Sangat sulit bukan menahan rasa sedih ketika ada orang terdekat meninggal misalnya?

Ingatan Jangka Panjang (Long term memory), 2+2 sama dengan? Anda langsung menjawab 4 secara spontan. Karena hal itu telah kita tanam di memori jangka panjang yang terletak di bawah sadar. Untuk merubah memori-memori ini Anda perlu masuk ke pikiran bawah sadar.

Persepsi (perception), Cara kita memandang dan memaknai segala sesuatu di proses oleh pikiran bawah sadar sesuai kebiasan, pengetahuan dan keyakinan kita.

Kepribadian (character), Kepribadian terbentuk dan tertanam di dalam pikiran bawah sadar, sehingga sangat sulit bagi kita untung melenceng dari kepribadian itu.

Intuisi (Intuition), terkadang kita merasakan sesuatu tanpa proses berpikir logis. Orang sering mengungkapkan intuisi dalam contoh kalimat-kalimat berikut, feelingku mengatakan bahwa bisnis di bidang ini akan sukses, aku kok tiba-tiba merasakan sesuatu yang buruk mengenai anakku dan lain sebagainya.

Kreativitas (creativity), Anda pasti sudah menyadari bahwa proses timbulnya kreativitas tidak bisa di paksa dengan pemikiran secara sadar.

Keyakinan (belief), Keyakinan yang tertanam dalam pikiran bawah sadar sangat menentukan bagaimana orang bersikap dan bertindak.

 

B.3. Sifat-sifat pikiran bawah sadar

Oleh akuinginsukses.com disebutkan bahwa cara kerja pikiran bawah sadar sesuai dengan sifat-sifat berikut ini:

a) Tidak rasional dan percaya tanpa perlu penjelasan logis.

Metode ini sering digunakan oleh para marketer, untuk memanipulasi pikiran sadar kita. Contoh ada iklan, beli mobil hanya seharga Rp, 10.000. Otak sadar Anda berpikir hal itu tidak logis, tapi karena ini bermain dengan perasaan (rasa untung, rasa mewah, rasa spesial) maka bawah sadar kita yang dominan, dan percaya dengan hal itu walaupun tidak logis.

b) Tidak membedakan antara realitas dan imajinasi.

Ketika alam bawah sadar dominan, maka imajinasi pun akan kita anggap kenyataan. Bagaimana rasanya mimpi? seperti kenyataan bukan? Itu bedanya ketika anda melamun dan ikut kedalam lamunan Anda maka anda bisa merasakan bahwa imajinasi itu seperti sangat nyata. Hal itu salah satu contoh bahwa antara ingatan ataupun imajinasi tidak bisa dibedakan di dalam bawah sadar.

Ada teknik hipnoterapi untuk mengobati pasien yang trauma dengan mengubah jalan cerita memori yang membuat trauma pasien tersebut. Karena dalam kondisi aktif bawah sadarnya, maka sepenuhnya Dia akan menyadari bahwa modifikasi memorinya itu merupakan kenyataan yang ia alami. Sehingga alasan yang membuat traumanya hilang.

Berarti memori kita sangat rawan untuk di palsukan? Anda bisa mencari jawabannya di artikel…

Bagaimana cara menciptakan memori palsu

c) Tidak paham konsep waktu masa lampau atau masa depan, yang ada hanya masa ‘sekarang’.

Karena pikiran bawah sadar tidak menyadari waktu lampau atau masa akan datang, maka untuk membuat suatu informasi masuk hindari berkata, “Saya akan bahagia” misalnya. Maka lebih baik langsung katakan, “Saya bahagia”.

d) Pintar dan memahami yank kita fokuskan.

Jika anda mengatakan “Saya sehat dan dalam kondisi fit.” Maka pikiran bawah sadar Anda akan memerintahkan agar Anda diet jika kegemukan, Makan yang sehat-sehat, rajin berolahraga dsb. Yang intinya otak bawah sadar sudah tahu apa yang harus dilakukan jika kita membuat sebuah sugesti berupa kalimat umum.

 

 

C. Menembus pikiran bawah sadar

Nah, lantas bagaimana cara kita menembus pikiran bawah sadar?

Penghubung di antara pikiran sadar dan bawah sadar  adalah RAS (Critical Factor), seperti yang sudah kita bahas pada artikel…

Pengertian Hipnotis.

 

RAS dan pikiran bawah sadar

 

RAS atau Critical Area ataupun Critcal Factor berfungsi sebagai penjaga yang akan menganalisis apakah suatu informasi layak untuk di terima atau tidak. Berdasarkan beberapa pertimbangan.

Pertimbangan ini pun tidak melulu berdasarkan sesuatu yang secara logika kita hal yang benar.

Contohnya kita harus jadi pribadi yang tidak malas.

Secara logika kita hal itu benar, namun program itu tidak begitu saja diloloskan oleh RAS (critical factor). Karena ada informasi yang berbentuk belief yang ikut memberikan pertimbangan, seperti malas-malasan itu enak, kalau kerja terus capek, dan lain sebagainya.

Dan hasilnya pun tergantung mana dari beberapa belief itu yang memiliki nilai lebih tinggi di dalam diri kita. Dan itulah yang akan menjadi pemenangnya.

Nilai atau value dalam diri kita bermacam-macam, yang mana yang paling memanjakan dengan perasaan-perasaan menyenangkan bagi kita. Misalnya rasa bangga, bahagia, nyaman, nikmat, harapan, semangat dan lain sebagainya memiliki nilai tinggi.

Jadi value setiap informasi menentukan di urutan prioritas suatu belief, dan kumpulan belief menentukan hasil keputusan kita.

belief-bawah-sadar
Konsep perhitungan nilai-nilai kepercayaan dalam pengambilan keputusan

C.1. Faktor yang mempengaruhi RAS

faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan RAS adalah Fokus, Minat dan Emosi. Click To Tweet
  1. Fokus.Ketika kita terfokus pada suatu hal atau ide, maka logika kita pun akan menurun dan menganggap ide itu yang paling benar. Ini yang kebanyakan orang sebut sebagai pemikiran yang sempit.Sebenarnya bukan sempit pikiran subjeknya, tapi seseorang telah berhasil membuatnya fokus dan menyempitkan pikirannya pada hal tertentu.
  2. Minat.Suatu ide ataupun informasi yang memiliki kaitan dengan minat kita, akan membuat tingkat seleksi terhadap informasi itu menurun.Sehingga mudah mencapai pikiran bawah sadar. Contoh nasehat dari orang yang sangat kita idolakan.
  3. Emosi.Ketika tingkat intensitas emosi kita tinggi, kita akan sangat mudah sekali terpengaruh oleh informasi tanpa perlu pemikiran ulang.Bagi sebagian orang masih beranggapan bahwa emosi adalah perasaan marah. Bukan itu, tapi semua perasaan adalah emosi. Bahagia, marah, kecewa, sedih dan lain sebagainya.Jadi ketika sangat bahagia pun pikiran bawah sadar kita mudah di susupi. Sangat kecewa, sangat kagum, dan semua emosi berlebih lainnya.

 

C.2. Cara-cara menembus pikiran bawah sadar

Dan dari mekanisme RAS ini dapat dijelaskan cara-cara sebuah informasi masuk ke pikiran bawah sadar kita, sebagai berikut:

  • Repitisi, pengulangan. Jika suatu informasi di ulang-ulang akan membuat kita fokus ke informasi itu. Dan masuklah informasi itu ke alam bawah sadar kita.
  • Orang Yang Memiliki Integritas. Integritas atau kepercayaan di sini maksudnya seseorang yang memiliki tingkat integritas tinggi di dalam pikiran kita akan mudah memasukkan informasi ke bawah sadar kita.
  • Hipnosis. Tujuan hipnosis sendiri adalah menembus alam bawah sadar. Dan salah satu cara tercepat.

 

Selanjutnya kita akan melangkah ke materi penting, mengenai gelombang otak manusia dan mengukur kedalaman trance beserta sugesti yang dapat di lakukan.

 

 

 

 

 

Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2016-2017

Pikiran Para Pembaca

Ingin mendiskusikan pikiran?
  1. baru tahu tentang bawah sadar, Cara mengetahui program-program yang ada di bawah sadar gimana gan?

    btw, lanjutkan gan! tulisannya keren

    1. Bisa anda gali dan rasakan sendiri, apa dan kenapa Anda memiliki sifat/ keyakinan tertentu. Mungkin di artikel selanjutnya akan saya bahas belief system 🙂

Diskusikan Pikiranmu