Belajar psikologi kepribadian
Pixabay.com

Belajar Psikologi Kepribadian, Untuk mengenal Seseorang Lebih Dalam

Postingan Belajar Psikologi kepribadian ini adalah salah satu materi dari serial panduan saya yang berjudul

Panduan Sistematis Cara MEMBACA PIKIRAN ORANG (Psikologi, Bahasa Tubuh & Trik Pikiran)

Nah salah satu cara untuk dapat membaca orang adalah dengan mengetahui karakter atau sifat orang tersebut, dan jawabannya adalah dengan belajar psikologi kepribadian.

belajar psikologi kepribadian

Belajar Psikologi Kepribadian

Psikologi kepribadian mudahnya adalah mempelajari ilmu psikologi yang mempelajari tentang kepribadian seseorang yang dalam bahasa inggris disebut personality.

Tujuan dari kita belajar ilmu psikologi kepribadian tentunya agar kita mengetahui tipe-tipe kepribadian manusia. Sehingga kita mampu memahami orang lain,

Karena apapun yang tindakan seseorang tentunya dipengaruhi oleh kepribadiannya. Dalam memutuskan untuk bersikap atau menentukan pilihan-pilihannya.

Saat kita mengerti gambaran besar tentang kepribadian manusia, kita bisa menggolongkan tipe kepribadian orang tersebut. Sehingga bisa juga kita gunakan untuk menarik kesimpulan apa sih yang sebenarnya dia pikirkan saat ini.

Membandingkan kondisi saat ini dan kepribadian orang tersebut.

Nah, bagaimana kita mengenali kepribadian orang tersebut?

A.  Apa sih kepribadian (personality) itu?

Dalam belajar psikologi kepribadian tentunya anda juga harus tahu makna kepribadian sendiri.

Yang maknanya terkadang masih rancu di benak masyarakat. Ada beberapa kata yang masih di jadikan sinonim dari kepribadian. Padahal arti mereka berbeda satu sama lain. misalnya,

Karakter (Character) berbeda dengan personality. Padahal Karakter lebih merupakan  penggambaran tingkah laku yang bisa di nilai baik buruknya, benar salahnya.

Kemudian watak (Disposition) , adalah sebuah karakter yang kentara sekali dari seseorang. Yang telah di miliki lama dan tidak berubah-ubah. Contoh, Watak anak itu pemarah.

Sifat (Traits) , adalah sebuah respon yang kita berikan pada suatu kejadian atau keadaan yang menimpa kita. Kejadian yang persis dan respon yang sama berarti itu menandakan sifat kita. Misal, sari orangnya itu mudah tersinggung.

Ciri (Type-Attribute) , ini mirip dengan sifat namun dalam stimulan (kejadian atau keadaan yang membuat kita meresponnya) yang lebih terbatas lagi, tidak dalam cakupan yang seluas sifat. Andi orangnya pemalu jika berhadapan dengan cewek.

Kebiasaan (habit), adalah sebuah tindakan yang kita lakukan berulang-ulang dari stimulan yang sama. Contoh Tono selalu saja terlambat 5 menit saat sekolah.

Nah lantas kepribadian itu apa sih? berikut ini saya temukan beberapa pengertian dari pakar yang telah di kumpulkan oleh

Psycoshare.com

Beberapa contoh definisi kepribadian:

Kepribadian adalah :

  1. Nilai sebagai stimulus sosial, kemampuan menampilkan diri secara mengesankan (Hilgard & Marquis)
  2. Kehidupan seseorang secara keseluruhan, individual, unik, usaha mencapai tujuan, kemampuannya bertahan dan membuka diri, kemampuan memperoleh pengalaman (Stern)
  3. Organisasi dinamik dalam sistem psikofisiologik seorang yang menentukan model penyesuaiannya yang unik dengan lingkungannya (Allport)
  4. Pola trait-trait yang unik dari seseorang (Guilford)
  5. Seluruh karakteristik seseorang atau sifat umum banyak orang yang mengakibatkan pola yang menetap dalam merespon suatu situasi (Pervin)
  6. Seperangkat karakteristik dan kecenderungan yang stabil, yang menentukan ke-umuman dan perbedaan tingkah laku psikologik (berpikir, merasa, dan gerakan) dari seseorang dalam waktu yang panjang dan tidak dapat dipahami secara sederhana sebagai hasil dari tekanan sosial dan tekanan biologic saat itu (Mandy atau Burt)
  7. Lembaga yang mengatur organ tubuh, yang sejak lahir sampai mati tidak pernah berhenti terlibat dalam pengubahan kegiatan fungsional (Murray)
  8. Pola khas dari fikiran, perasaan, dan tingkah laku yang membedakan orang satu dengan yang lain dan tidak berubah lintas waktu dan situasi (Phares)

Yah, mungkin akan sedikit membingungkan. tapi intinya kepribadian adalah sesuatu tingkah laku yang unik dari diri setiap orang. Mereka lebih tanpa ada pengaruh apapun, seperti kata pepatah “udah dari sononya” hehe.

Setidaknya dalam belajar psikologi kepribadian anda tahu gambaran makna dari kepribadian itu sendiri.

B. Macam-Macam Kepribadian Manusia

Sebenarnya banyak teori tentang macam-macam kepribadian manusia. Jika anda benar-benar antusias untuk belajar psikologi kepribadian bisa anda baca di buku-buku psikologi.

Namun, kita tidak terlalu perlu menghafal kesemuanya. Karena pada dasarnya setiap ilmuwan mengumumkan teorinya berdasarkan pengamatan. Yang artinya jika anda sering mengamati seseorang kemungkinan besar pikiran bawah sadar anda akan mampu mengelompokkan tipe-tipe kepribadian seseorang.

Apa yang dilakukan ilmuwan sebagian besar hanyalah pada masalah penamaan saja.

Carl jung dengan 3 kepribadiannya.

Car Jung adalah seorang psikologis terkenal yang berasal dari swiss. Dia yang kemudian membedakan kepribadian manusia menjadi introvert, ekstrovert dan ambivert.

Anda tentunya familiar kan dengan tipe-tipe kepribadian yang diutarakan Carl Jung tersebut. Berikut gambaran besarnya,

Introvert adalah kepribadian yang sering kita sebut sebagai orang yang pendiam, tertutup, kemampuan sosialnya kurang dan sejenisnya.

Sedangkan Ekstrovert adalah kebalikan dari introvert. Dia adalah kaum dengan kemampuan sosial tinggi, mudah bergaul dan terbuka.

Tentu keduanya memiliki kelebihan masing-masing, tentu anda bisa membaca pikiran seorang introvert jika dia diajak ke suatu tempat yang ramai untuk bersosial. dan kebalikannya tentu anda akan tahu ketika seorang ekstrovert merasa bosan dengan kegiatan yang begitu-begitu saja. Dan masih banyak lainnya.

Sedangkan Ambivert adalah garis tengah dari mereka berdua. Dia bisa menjadi seorang introvert dan juga cukup ahli menjadi ekstrovert.

Hippocrates dengan 4 teori kepribadiannya.

Hippocrates adalah seorang tokoh filsuf ternama dari yunani. Dia berpendapat bahwa manusia memiliki 4 jenis kepribadian. Yaitu sanguin, koleris, melankolis, dan plegmatis.

Sanguinis, lebih seperti ekstrovert. Dia ramah, selalu bersemangat, suka berbicara dan terlihat mencolok di suatu kelompok walaupun bukan tipe pemimpin, pikirannya juga sering berubah-ubah.

Koleralis sifatnya terlihat lebih keras kepala, optimis, suka memimpin dan bersemangat tapi juga penuh emosional.

Melankolis lebih sensitif, tetapi juga analis, pendendam dan lebih mudah melihat sisi negatif, suka bergaul dan tidak suka menjadi perhatian. Tetapi kebanyakan mereka adalah pengusaha yang hebat.

Plegmatis adalah orang yang penyabar, suka mencari solusi tercepat, teratur, selera humor-nya lebih sarkasme, dan mudah bergaul, tidak suka hal baru, lebih menjadi penonton.

Menurut saya tipe-tipe yang diutarakan oleh Hippocrates ini masih banyak yang terlihat ambigu dan agak sulit di bedakan satu sama lain. Namun begitu, masih terlihat ciri khas dari masing-masing kepribadiannya.

B. 16 Macam Kepribadian Manusia

16 kepribadian ini di ungkapkan oleh Isabel Briggs Myers, yang kemudian dia mengembangkan sebuah psikotes untuk ke-16 tipe kepribadian itu. Tes tersebut dinamakan MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Tes psikologi ini bekerja dengan melihat bagaimana manusia menentukan keputusannya dan cara pandangnya terhadap dunia.

Psikotes ini dirancang 1940, tes ini di fungsikan untuk mengukur kecerdasan, bakat, dan tipe kepribadian seseorang. Yan intinya tujuan kita mempelajari ini adalah untuk mengetahui ke 16 tipe kepribadian menurut Briggs Myers ini.

Karena terlalu banyak, alangkah baiknya kalo kita pelajari saja inti pokok dari ke 16 nya. Hal ini tentunya juga baik untuk Anda yang belajar psikologi kepribadian, sehingga tidak melulu textbook tetapi juga melatih pemahaman secara bawah sadar.

16 itu di dapat dari kombinasi dari 4 dimensi, setiap dimensi memiliki dua kemungkinan sebagaimana berikut ini:

Pemusatan Perhatian

Pada dimensi ini ada dua kemungkinan yaitu Introvert (I) atau Ekstrovert (E).

Memahami Informasi

Dalam memahami informasi dari luar manusia memiliki dua sifat, yaitu memahami dengan informasi-informasi yang diterima dan di nalar dengan pikiran. Seperti sebuah sensor pada robot. Sensing (S).

Atau dia lebih mengedepankan feeling, intuisi. Intuition (N) .

Menyimpulkan dan Memutuskan

Dalam mengambil keputusan atau menyimpulkan sesuatu seseorang bisa lebih sering menggunakan pikiran. Thingking (T).

Atau lebih sering mengambil keputusan berdasarkan perasaan. Feeling (F).

Pola Hidup

Pola kebiasaan manusia hidup bisa teratur dan terencana. Judging ( J)

Atau lebih terbuka dan menerima kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Percieving (P)

 

Nah Anda bisa mengombinasikan setiap kemungkinan yang terjadi dari keempat dimensi tersebut. Saya lebih suka mengamati daripada memberikan tes tertulis untuk menentukan tipe kepribadian seseorang.

Berikut daftar lengkapnya,

Macam Kepribadian Manusia
Source: azasme.com

C. Teori Kepribadian Ala Bacapikiran.com

Saya sendiri secara tidak sengaja menemukan teori ini, akan tetapi tidak begitu yakin apakah belum ada yang mempublikasikannya lebih dahulu. Jadi harap Anda anggap sebagai materi sharing saja antara kita berdua.

Mengetahui tipe kepribadian seseorang dengan alam bawah sadar.

Cara ini bisa Anda terapkan untuk mengenal lebih dalam seseorang yang baru Anda temui dengan instan. Seakan-akan Anda bisa mengetahui keseluruhan sifatnya.

Berikut penjelasannya.

Tentunya Anda pernah merasakan bertemu orang yang mirip dengan teman Anda, bukan?

Jadi teorinya adalah memanfaatkan hal ini, dengan menggunakan database yang tersimpan di otak bawah sadar kita.

Setelah saya amati berulang kali, ternyata kita menentukan seseorang itu mirip dengan orang lain tidak hanya dengan wajahnya tetapi lengkap dengan tingkah lakunya, karakternya, sifatnya dan kepribadiannya. Secara tidak sengaja hal itu telah di proses oleh otak bawah sadar Anda.

Jadi, semakin Anda merasa yakin orang itu mirip dengan orang yang sudah Anda kenal sebelumnya. Saya jamin dia memiliki sifat yang sangat hampir sama. Bahkan bisa sama persis.

Jadi kesimpulannya, biarlah intuisi pikiran kita yang bekerja jika kita mendapati seseorang yang mirip. Gunakan itu sebagai keuntungan Anda untuk mengenalnya.

Bahkan anda bisa seakan-akan menebak sifatnya. Terserah Anda.

 

Sampai di sini semoga Anda bisa  belajar lebih lagi mengenai kepribadian manusia dan bagaimana cara bersikap dengan orang berdasarkan kepribadiannya.

 

Tugas Bagi Anda Yang Mengikuti Serial Panduan Cara Membaca Pikiran

Dari materi pertama kita tentang psikologi ini ada beberapa hal yang di jadikan poin latihan dan tugas anda minggu ini.

  • Coba pikirkan baik-baik dan sejujur-jujurnya, anda termasuk tipe kepribadian yang mana.
  • Biasakan mengamati seseorang dan menentukan kepribadian orang tersebut.
  • Latihan mengamati sifat-sifat pada MBTI pada seseorang. Gunakan analisa per dimensi untuk menentukan tipenya.
  • Cari orang-orang yang mirip dengan orang yang sudah Anda kenal, dan amati sifatnya apakah sama.
  • Latihlah diri Anda dengan mencoba menebak sifat, karakter dan kepribadian teman-teman Anda dan orang yang baru Anda kenal.
  • Setelah mendapatkan kepribadiannya, coba tarik kesimpulan apa yang sedang orang itu pikirkan pada kejadian tertentu.
  • Lakukan latihan Anda dengan baik, dan sampai ketemu minggu depan.
Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2017

Diskusikan Pikiranmu