bacapikiran.com

Cara Meditasi Ini Bisa Merubah Hidup Anda 365% Lebih Baik.

Pada artikel kali ini saya ingin membahas bagaimana cara meditasi yang bermanfaat dan terbukti merubah hidup manusia. Yang semuanya hanya memakan waktu 15 menit perhari.

Dan perubahan yang akan anda dapat bukan hanya 2x lebih baik. Tapi dua kali lagi, dua kali lagi, dua kali lagi sampai anda berhenti melakukannya.

Bukankah layak untuk menghabiskan waktu anda 15 menit sehari untuk berhenti sejenak dan menikmati sedikit waktu itu dengan bermeditasi?

Sebelum saya lanjutkan, saya ingin menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya untuk pembaca setia bacapikiran.

Saya minta maaf karena lebih 2 bulan ini tidak menulis artikel baru, hal ini dikarenakan saya pindah dari indonesia ke filipina (bukan pindah selamanya sih, hanya pindah tempat kerja 😀 ) Dan akhirnya di sela-sela kesibukan saya berhasil menulis artikel ini.

Kembali ke meditasi!

meditasi ala vishen mindvalley
CEO Mindvalley, vishen

Teknik meditasi ini adalah teknik yang di kembangkan oleh Vishen Lakhiani, dia adalah CEO Mindvalley (perusahaan di bidang pengembangan diri) dan penulis buku “The Code of the Extraordinary” dan dia mendirikan 2 perusahaan lain juga.

 

Saya memilih teknik dari Vishen ini karena teknik-nya adalah hasil dari kembangan dari teknik mindfullness, salah satu teknik meditasi yang terkenal dan terbukti dapat bermanfaat bagi kita.

Manfaat Meditasi

Anda pasti tahu almarhum Steve Jobs, Mantan CEO Apple Inc. Jika anda pernah membaca biographynya atau menonton film tentang kehidupannya. Disana pasti anda menemui bahwa dalam proses pembuatan perusahaannya Steve sangat terbantu dengan meditasi yang ia lakukan.

  • Dengan meditasi kita bisa menambah kesehatan.
  • memberikan ide yang cemerlang.
  • membuat hidup lebih cerah.
  • membuat kita lebih tidak terpengaruh oleh keadaan, misalnya anda tidak mudah terpicu untuk marah-marah kepada orang di jalanan.
  • Menambah kekuatan memori anda.
  • Memberikan semangat dalam hidup anda. Dan masih banyak lainnya.

Namun, saya tahu pasti hal-hal tersebut terdengar sangat biasa-biasa sampai anda merenungkan hal-hal di atas, bahwa hal-hal tersebut adalah semua hal-hal yang termasuk paling berharga di dunia dan hidup kita.

 

Keajaiban Manfaat Meditasi

Dari banyak hal yang di berikan oleh meditasi kepada kita, jika semua hal itu tergabung maka akan menjadi sebuah KEAJAIBAN yang merubah anda menjadi lebih baik.

Pengalaman nyata :

Sejak kecil hingga kelas 3 SMA saya adalah orang ter-minder yang bisa anda pikirkan. Saya sangat pemalu dan super introvert. Namun hal ini berubah drastis setelah saya mengenal meditasi,

Ketika kuliah saya menjabat sebagai Ketua Himpunan Jurusan, saya punya pekerjaan sampingan sebagai entertainer (Jasa Hiburan Sulap) di kafe-kafe, acara gathering perusahaan, dll. Saya juga sempat membuat sebuah komunitas sulap di kota malang. Dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya ceritakan.

Yang notabene semua itu sangat mustahil untuk seorang introvert. Akan tetapi saya buktikan bisa saya lakukan.

Cerita ajaib juga di alami oleh Vishen Lakhiani ketika dia mendirikan perusahaan startup di silicon valley. Ketika masa-masa sulitnya, ketika puncaknya stress.

Akhirnya dia googling cara untuk mengatasinya. Dan dia akhirnya menemukan hal yang disebut meditasi, yang pada saat itu belum terlalu populer (mungkin hanya populer di kalangan sufi dan budhisme).

Singkat kata akhirnya dia mengikuti kelas meditasi di Los Angelus, dan lucunya adalah dia satu-satunya murid di kelas itu.

Dan hasilnya, dalam 1 minggu penjualannya meningkat dua kali lipat lagi, 1 bulan selanjutnya meningkat dua kali lipat lagi, dan meningkat lagi dua bulan selanjutnya.

Tidak hanya itu, dia mengaku bahwa kualitas hubungannya menjadi semakin baik, kesehatannya juga menjadi semakin baik, bahkan dia menuturkan menjadi awet muda.

 

Bagaimana bisa terjadi??

Semua itu terjadi hanya karena Vishen melakukan meditasi selama 45 menit setiap hari sebelum dia bekerja. Dia berkomitmen untuk disiplin.

Dan pada akhirnya dia sendiri merasa ada sesuatu yang kurang jika dirinya tidak bermeditasi. Bahkan dia berkata, ” akan seperti apa hidup saya tanpa meditasi.

 

Cara Meditasi Mindfullnes Terbaru – 15 Menit Mind-Hack

Teknik ini di kembangkan oleh Vishen, berbeda dengan meditasi 45 menit yang biasa dia lakukan dulu, dia ingin mengembangkan cara meditasi dengan jangka waktu yang lebih pendek namun dengan manfaat yang sama atau bahkan lebih dari meditasi 45 menit.

Jadi bisa anda bayangkan, anda hanya butuh waktu 15 menit sehari untuk merubah diri anda dengan perkembangan yang masif besarny. Di bidang relationship, kesehatan, dan kekayaan.

Jadi teknik ini akan berbeda dengan meditasi kebanyakan yang membutuhkan banyak waktu. Jadi anda harus mengikuti step-stepnya yang akan kita lakukan.

6 Fase Cara Meditasi Mind Hack

Saya akan jelaskan secara singkat mengenai fase-fase meditasi yang akan kita lakukan. Dan di sub bab selanjutnya akan lebih spesifik lagi di setiap fasenya dengan diiringi panduan prakteknya.

Berikut ini adalah 6 fase meditasi yang akan kita lakukan nanti:

1. Kasih sayang. Adalah sebuah ekspresi akan perpindahan dari prasangka ke perhatian. Dengan kasih sayang kita menjadi lebih memaafkan, lebih menenangkan, lebih terhubung kepada orang lain. Semakin terhubung semakin bahagia hidup kita.

2. Rasa Syukur. Rasa syukur adalah cara terbaik untuk meningkatkan kebahagiaan kita, membuat energi kita semakin bertambah pesat. Pada tahap ini pikirkan apa yang paling anda syukuri, sesuatu yang membuat anda adalah anda.

3. Memaafkan. Sebuah keputusan untuk melepaskan keinginan untuk membalas dendam dan rasa sakit hati kepada seseorang yang bersalah kepada anda. Kalau bisa malah mendoakan kebaikan kepadanya. Para ilmuwan menemukan semakin kita melepaskan semakin membuat jantung kita menjadi sehat.

4. Impian Masa Depan. Ketiga fase sebelumnya berhubungan dengan saat ini, namun di fase ini kita pergi ke masa depan. Kalau setiap hari kita membayangkan apa yang kita inginkan saat-saat mendatang, maka otak anda akan bekerja secara otomatis tanpa anda sadari untuk mencari cara menuju hal yang anda inginkan tersebut.

“Kita cenderung membesar-besarkan apa yang bisa kita lakukan dalam satu tahun, tetapi kita meremehkan apa yang bisa kita lakukan dalam 3 tahun”

Jadi pikirkan 3 tahun mendatang, apa yang akan anda capai. Setelah itu apapun yang anda pikirkan, coba lipatkan dua kali. Karena kita cenderung meremehkan diri kita.

Dengan visualisasi dan permainan perasaan kita bisa merubah diri kita, baca penjelasan lebih lanjut di artikel saya :

Menarik Impian Menjadi Kenyataan

5. Visualisasikan Hari Terbaik. Dari step keempat, saat kita membayangkan apa yang akan kita capai di masa mendatang, kita bawa ke hari ini. Seperti apa hari sih gambaran hari terbaik bagi anda, yang mana hari itu bisa membuka lembaran semangat dan kebahagiaan menuju impian anda.

Visualisasikan anda memulai di pagi hari, sangat tertarik dengan hari ini, mulai ber-aktifitas dengan peristiwa-peristiwa yang luar biasa yang membuat hidup anda lebih bergairah.

6. Rasa Di berkahi. Di step selanjutnya anda akan ber-asumsi bahwa ada sebuah kekuatan besar di luar sana yang men-support anda. Apapun agama anda, anda bisa membayangkan Tuhan anda yang sedang mendukung dan membantu setiap langkah anda, jika anda ateis anda bisa membayangkan dukungan dari diri masa depan anda dan sebagainya, apapun itu.

Nah, itu penjelasan singkatnya. Sekarang saatnya saya membawa anda untuk mempraktekkan bagaimana ke 6 fase diatas kedalam satu rangkaian praktek meditasi.

 

Contoh Praktek Meditasi 15 menit sehari

Oke praktek kali ini hampir mirip dengan self-hipnosis. Tapi anda tidak perlu memahami mengenai apa itu hipnosis. Karena ini meditasi biasa. Namun jika anda ingin mengerti seperti apa itu hipnosis anda bisa juga membaca artikel saya ini :

4 Langkah Belajar Hipnotis

 

Oke langsung mulai praktek meditasinya :

Cara Meditasi

Persiapkan diri anda.

Buat diri anda se-nyaman mungkin, entah dengan berbaring, ber-sila, duduk selanjar atau apapun.

Anda juga bisa mendengarkan music-music relaksasi untuk membantu anda lebih nyaman.

 

Dan Ikuti langkah-langkah berikut.

Tidak mengapa jika anda tidak bisa mengingat semuanya, karena anda pasti ingat ke enam fase itu. Karena hanya itu yang penting.

 

Sekarang tutup mata anda, hirup udara dengan lebih dalam, buat pernafasan anda santai dan teratur, bernafas dengan pelan dan dalam.

 

Fase Pertama – Compassion

Kita akan menuju fase pertama, yaitu koneksi atau compassion atau kasih sayang,

Bayangkan anda berada di dalam sebuah balon cahaya putih, lihat dan bayangkan balon cahaya itu sebagai rasa kasih sayang anda, penuh dengan rasa kasih sayang dan energi.

Bayangkan cahayanya semakin meluas hingga keluar ruangan anda, terus membesar hingga orang-orang masuk kedalam balon kasih sayang anda.

Rasakan dan bayangkan bahwa semua orang di dalam balon itu dalam keadaan suka cita penuh kasih sayang dan energi.

Dan akhirnya rasakan diri anda terhubung dengan manusia, makhluk hidup lainnya dan bumi.

 

Fase Kedua – Rasa Syukur

Sekarang coba bayangkan tiga hal yang patut anda syukuri akhir-akhir ini. Bisa jadi kopi yang nikmat yang bisa anda seduh pagi hari, atau kebersamaan anda dengan orang terkasih. Atau karena keahlian tertentu yang anda miliki…

Bayangkan dan rasakan rasa syukur dan bangga anda karena anda mendapatkan kualitas-kualitas itu atau pengalaman seperti itu.

Akan sangat menguntungkan jika anda mampu mengingat-ingat perasaan yang muncul pertama kali saat anda mengalami hal-hal tersebut yang kemudian dapat anda ciptakan perasaan yang sama persis ke saat ini.

 

Fase Ketiga – Memaafkan

Sekarang bayangkan seseorang dari masa lalu, seseorang yang anda masih punya kebutuhan untuk anda maafkan,

Bayangkan dia anda ada di depan anda. Dan katakan dalam hati ” Aku memaafkanmu, sekarang aku minta kamu untuk memaafkan-ku”

 

Fase Keempat – Impian Masa Depan

Sekarang kita berpindah kedepan 3 tahun hidup anda yang akan anda datang.
Datangkan beberapa aspek kehidupan yang anda inginkan, bisa jadi tubuh ideal anda, kesehatan anda, pengalaman yang anda inginkan, petualangan, pertumbuhan karir anda atau apapun itu.

Bayangkan dan rasakan perasaan nyaman, bahagia, puas yang seakan-akan hal itu sudah terjadi saat ini. Beri waktu sejenak bagi anda untuk ber-imajinasi dan merasakan perasaan ini.

ingat dan rasakan bahwa hal ini adalah kenyataan.

 

Fase Kelima – Hari Terbaik

Sekarang fokus-kan perhatian anda ke hari ini. Saya ingin anda memikirkan apa saja yang harus anda kerjakan hari ini untuk menjadikan hari ini menjadi hari terbaik.

Misalnya anda pergi makan siang bersama partner anda. Sembari melakukan visualisasi ini, berpura-pura lah bahwa anda memiliki kekuatan untuk mengontrol seluruh aspek kehidupan anda.

Apa yang anda harus kerjakan, apa yang akan anda alami, semuanya ada dalam kontrol anda. Dengan berpura-pura, maka akan membuat anda mampu mengontrol semuanya secara nyata.

 

Fase Keenam – Di Berkahi

Sekarang untuk fase terakhir. Tadi kita sudah menentukan apa yang akan terjadi pada kita 3 tahun mendatang, dan apa hari terbaik hari ini. Bayangkan ada kekuatan yang besar di luar sana yang mendukung anda, memberikan energi-nya untuk anda agar mencapai semua hal tersebut.

Bayangkan ada sebuah pancaran cahaya dari langit yang menuju diri anda. Cahaya tersebut menyentuh kepala anda, tubuh anda, tangan anda, hingga ke-ujung kaki anda.

Sekarang berikan rasa syukur kepada pemberi support energi dan dukungan tersebut, dan lihat diri anda telah siap dan sepenuhnya ber-energi untuk menghadapi hari terbaik anda hari ini.

Sekarang persiapkan diri anda untuk bangun perlahan-lahan, mulai menghitung mundur dari 3 sampai 1. 3.. 2.. 1.. buka mata dan rasakan seluruh energi dan perasaan yang muncul.

 

 

Dan sudah, proses meditasi ini sangat cepat bukan? anda tidak perlu mengosongkan pikiran dan lain sebagainya yang menghabiskan waktu sangat lama.
Yang terpenting adalah pengalaman mental kita selama meditasi, perasaan-perasaan yang muncul saat proses meditasi.

Semakin intens perasaan yang kita alami semakin kuat hasilnya. Mulai dari sekarang hal ini bisa anda jadikan senjata untuk meng-hack diri anda agar lebih bahagia, lebih sehat, lebih produktif dan lebih-lebih yang lain yang anda inginkan.

Anda juga bisa bereksperimen dan mengubah, meng-hack metode ini sesuai keinginan anda.

Jika anda merasa meditasi ini bisa merubah diri anda, tentu anda juga ingin orang sekitar anda juga bisa mengalami hal yang sama bukan? maka anda bisa menyebarkan dan membagi isi artikel ini.

Mari membuat satu langkah kecil untuk Indonesia lebih baik. Click To Tweet

Jika anda ingin melihan bagaimana vishen mempresentasikan metode ini, lihat video di bawah :

Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2017

Diskusikan Pikiranmu