Cara Cepat Memprogram Pikiran Agar Melupakan Kenangan Tertentu

Selama kita hidup, pikiran kita terus bekerja dan merekam seluruh kejadian yang kita alami dan rasakan. Semua hal itu tersimpan dalam memori kita, baik yang secara sadar kita ingat maupun secara tidak sadar kita ingat. Tidak ada secuil informasi-pun yang meninggalkan pikiran kita.

Mungkin satu diantara Anda tidak setuju, dan hal itu wajar-wajar saja… karena pasti kita pernah merasa pernah atau bahkan sering melupakan sesuatu. Memang secara sadar kita lupa, tetapi informasinya tetap tersimpan dalam pikiran kita.

Nah untuk melupakan suatu pengalaman, melupakan orang atau melupakan sesuatu bukan berarti kita MENGHAPUS informasi tersebut di dalam pikiran kita. Namun hanya membuat KESADARAN kita untuk tidak mengingatnya.

Walaupun kedengaran-nya hanya semudah itu, tapi pada praktek-nya pasti Anda setuju… jika saya katakan sulit sekali, iya bukan?

Hampir 99,97% manusia pasti mengalami keadaan dimana dia sangat ingin sekali melupakan sesuatu namun tak kuasa untuk melupakannya.

Karena pikiran bawah sadar kita menolak. Baca juga …
Pikiran Sadar Vs Pikiran Bawah Sadar

Berikut adalah kiat-kiat memrogram pikiran kita agar mudah melupakan apa yang ingin kita lupakan,

PS. Artikel ini akan memandu Anda secara langsung saat ini juga. Dan bukan jenis info atau tips-tips yang Anda baca dan lupakan, untuk itu ikuti setiap langkahnya bersamaan dengan Anda membacanya.

Melupakan Kenangan: Identifikasi

melupakan kenangan

Pertama kali Anda harus mengetahui dan mengingat-ingat beberapa hal di bawah ini…

  1. Apa? yang ingin Anda lupakan, (silahkan tentukan, apakah itu seseorang, benda, kejadian atau sebuah suasana). Selanjutnya …
  2. Mengapa? Anda ingin melupakan hal itu. Coba pikirkan dampak paling negatif menurut Anda, jika Anda terus teringat dengan hal itu. (Gunakan apapun pikiran pertama Anda saat mencari dampak negatifnya)
  3. Alasan apa? yang menghambat Anda untuk melupakan kenangan tersebut.

Pengait

Langkah selanjutnya kita membutuhkan pengait. Dan yang saya maksud dengan pengait adalah sebuah tanda untuk bawah sadar anda, fungsi dari pengait ini adalah pengingat ketika anda mulai terlena dengan kenangan anda lagi. Jadi secara otomatis pikiran bawah sadar anda akan membantu untuk segera melupakannya lagi.

Pengaitnya akan kita buat semudah mungkin, yaitu menghitung mundur dari 5 sampai 1.

Instalasi

Sekarang kita akan menginstallnya. Sebelumnya anda perlu ingat pertanyaan-pertanyaan pada bagian identifikasi, karena langkah-langkah berikut akan menggunakan istilah-istilah di bagian tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sekarang saya minta anda untuk mengingat kembali jawaban dari pertanyaan mengapa? jawab dalam hati anda sekarang!
  2. Setalah itu coba rasakan perasaan yang nyaman ketika Anda tahu mengapa anda harus melupakan dan berhasil melupakan. Sambil menutup mata dan menghitung mundur dari 5 sampai 1. Lakukan dulu, baru buka mata lagi setelahnya.
  3. Rasakan sensasinya dan nikmati perasaan yang muncul. Sekarang ulangi langkah 1 dan langkah 2 sebanyak 3 kali lagi. Beri waktu diri anda untuk menikmati proses ini. Karena ini bagian terpentingnya.
  4. Sekarang yang harus Anda sadari adalah, ketika menghitung mundur dari 5 sampai 1 anda akan merasakan sensasi yang membuat anda bisa dengan mudah melepaskan kenangan tersebut.
  5. Sudah selesai, jika suatu saat anda tiba-tiba teringat dengan kenangan tersebut langsung saja ‘tutup mata anda dan menghitung mundur 5 sampai 1’.

Keyakinan

Nah, sekarang di sini kita akan membahas kenapa anda masih belum yakin untuk melupakan hal itu? Mungkin anda akan protes, bahwa anda sudah yakin. Kalau belum yakin mengapa repot-repot mencari cara melupakan. Atau protes-protes dengan ungkapan lainnya.

Iya, saya percaya anda sudah yakin untuk melupakan. Namun, ada bagian dari diri anda yang masih enggan melupakan. Itulah kenapa alasannya anda masih susah melepaskan kenangan itu sepenuhnya.

Untuk itu kita harus membantu bagian diri anda tersebut untuk meyakinkan bahwa hal terbaik adalah melepaskan kenangan itu. Biarlah menjadi kenangan bukan menjadi hambatan, kesedihan dan apapun itu yang merugikan.

Caranya?

Coba anda teliti jawaban dari pertanyaan bagian identifikasi. Apa? dari situ bandingkan dengan Alasan apa? Coba cari tau sebenarnya hal apa sih yang menjadi kunci mengapa hal itu bisa menjadi kenangan yang sulit di lupakan.

Contoh kasus,

Apa? kenangan dengan mantan pacar.

Alasan Apa? Karena merasa gak nyaman kalau tidak ada dia.

Nah berarti kuncinya adalah rasa nyaman. Kenangan itu mengandung rasa nyaman, sehingga anda sulit melepasnya.

Sekarang bayangkan di depan anda ada bagian diri anda yang menolak untuk melupakannya. Tutup mata anda dan berkomunikasilah dengannya. Yakinkan dia, walaupun kita tetap mengenang hal itu tetap saja tidak dapat memberikan  kunci(ganti dengan punya anda, misal: kenyamanan) itu kembali. Malah semakin merugikan kita karena … (isi dengan jawaban dari pertanyaan mengapa? )

Yakinkan dengan kata-kata anda sendiri. Dan lihat baik-baik sikapnya ketika mulai berubah yakin. Dengarkan jawabannya, rasakan perubahan kondisi hatinya. Perhatikan baik-baik karena di momen ini. Anda telah berhasil meyakinkan semua bagian diri anda untuk melepaskan. Let it go.

Penutup

Dan jika suatu saat anda terlena kembali. Ingat rutin menghitung mundur 5 sampai 1 di atas. Jangan lupa ucapkan selamat untuk diri anda karena pencapaiannya hari ini. Terima kasih.

Tidak bisa tertawa pada lelucon yang sama, mengapa menangis berkali-kali pada masalah yang sama? Click To Tweet

 

 

Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2017

Diskusikan Pikiranmu