ikigai adalah

Apa itu Ikigai – Perjalanan Mencari Alasan Hidup

Simpelnya Ikigai adalah alasan hidup. Namun di artikel ini kita akan membahasnya secara terperinci dan bagaimana kita menemukan ikigai kita.

Apa alasan kalian tiap pagi bangun, membuka mata menjalani hari-hari? Click To Tweet

Apa sebenarnya alasan kalian menjalani hidup sehari-hari, atau lebih tepatnya sebenarnya apa sih alasan kalian hidup?

Untuk apa kita di ciptakan, dan apa tugas kita dalam kehidupan ini, apa peran kita dalam society, dalam dunia ini.

Sesekali pasti kita pernah mencoba bertanya kepada diri kita pertanyaan serupa.

Hal ini tentu saja menjadi bagian kegelisahan hidup sebagain besar manusia, kalau tidak maka market yang menjual berbagai produk untuk mengatasi problem “Mencari passion anda” tentu tidak akan laku dan banyak di pasaran.

Dalam upaya menjawab pertanyaan itu, di tulisan ini kita akan mencoba pendekatan dari arah baru, yaitu dari sebuah daerah di jepang yang bernama okinawa.

Meta Model - NLP

Di sana bermulah sebuah konsep yang bernama Ikigai, yang saat ini jutaan masyarakat jepang memiliki ikigai mereka sebagai sumber hidup bahagia mereka.

 

Apa sebenarnya Ikigai itu?

Ikigai adalah alasan mengapa kita hidup dan ada sebagai manusia di bumi ini. Namun, dalam konsep ikigai ini kita di beri aspek elemen apa saja yang wajib terpenuhi untuk patut kita sebut sebagai alasan kita hidup.

 

Berikut ini faktor-faktor ikigai, dan semuanya harus terpenuhi untuk menjadikan itu sebagai ikigai kita.

  • Hal yang kamu cintai.
  • Hal yang kamu mahir di dalamnya.
  • Hal yang dunia atau masyarakat butuhkan.
  • Hal yang kamu di bayar untuk melakukannya.

 

Jadi Ikigai harus mencakup semua kisi-kisi diatas.

bagan ikigai
Sumber: Medium

Mungkin selama ini kita masih terjebak diantara dua atau tiga kombinasi yang di gambarkan disini, sehingga kita belum merasa menemukan alasan sebenarnya mengapa kita hidup.

 

Berbagai skenario yang mungkin kita dapatkan dari kombinasi 4 hal itu ada di bagan di atas. Mari kita bahas satu persatu :

  1. Jika hal yang kita lakukan adalah yang kita cintai dan kita kuasai maka itu adalah PASSION kita. Bahasa mudahnya kita mahir dalam hobby kita.
  2. Jika hal itu adalah hal yang kita cintai dan hal itu sangat berguna bagi mastyarakat atau dunia. Tetapi kita belum bisa mendapatkan uang dari sana dan kita tidak mahir dalam hal itu, maka hal itu hanya menjadi MISI kita. Misal misi menghijaukan bumi lagi, kita mengkampanyekan ide-ide kita di media sosial dan dimanapun kita bertemu dengan orang lain, akan tetapi itu bukan merupakan pekerjaan kita, dan tidak mahir disini artinya usaha kita belum mendapatkan hasil yang kentara.
  3. Apa yang dibutuhkan dunia atau masyarakat digabung dengan upah jika kamu melakukan itu, maka hal itu akan menjadi sebatas PEKERJAAN bagimu, dan pekerjaan itu tidak membutuhkan kamu untuk harus mahir dahulu.
  4. Apa yang kamu mahir di dalamnya, lalu kamu mendapatkan gaji dari hal itu maka itu menjadi sebuah PROFESI bagimu. Tidak ada bumbu akan cinta dalam pekerjaan itu, dan kamu mahir karena memang kepandaianmu misalnya dan mungkin karena uang kamu mau melakukannya, misalnya.
Baca Juga  Apa Saja Mindset Yang Harus Dirubah Saat Memulai Bisnis? Baca Tips-nya!

 

Lalu sekarang perasaan apa yang mungkin timbul dari berbagai kombinasi.

  1. Jika kita mengkombinasikan Apa yang kita cintai, apa yang kita mahiri dan apa yang bisa memberikan uang kepada kita tanpa hal itu bermanfaat bagi masyarakat atau dunia. Maka kita akan mendapatkan perasaan puas akan tetapi muncul perasaan tidak berguna.
  2. Jika itu kombinasi Apa yang kita mahiri, apa yang menjadi sumber uang kita, dan apa yang masyarakat butuhkan maka kita akan mendapatkan perasaan nyaman tetapi muncul perasaan hampa karena hal itu bukan passion kita atau apa yang kita cintai. Hal ini mungkin bisa disebut sebagi ‘holy discontent’, yang artinya kamu mahir di pekerjaanmu itu, tetapi hal itu bukan yang menjadi passionmu.
  3. Jika itu kombinasi dari apa yang kamu cintai, apa yang dunia butuhkan dan apa yang menjadi sumber uangmu. Maka hal itu akan menimbulkan perasaan kegembiraan, penuh rasa excited akan tetapi penuh dengan rasa khawatir dan ketidakpastian karena kamu tidak mahir dalam hal itu.
  4. Jika itu kombinasi dari apa yang kamu cintai, apa yang kamu sangat kuasai, dan apa yang dunia butuhkan tetapi hal itu bukan menjadi sumber keuanganmu. Maka kamu akan mendapatkan rasa kesenangan, kepuasan dan merasa penuh akan tetapi tidak dalam hal material. Kamu masih harus memikirkan hal lain untuk menunjang materimu.

 

Kebanyakan orang jepang mempercayai sumber kebahagian hidup adalah terbukanya ikigai kita. Tentu dari penjabaran diatas kita bisa melihat kebenaran akan hal itu, bahwa tentu saja sebuah ikigai bisa menjadi sumber kebahagian dan kepuasan hidup.

Disini, saya tidak akan menggantungkan hidup saya hanya bisa tercapai jika ikigai saya sudah ditemukan, tidak akan.

Karena pada dasarnya untuk bahagia sangat simple, anda tinggal cukup bahagia.

 

Akan tetapi …

saya juga tetap mengakui bahwa ikigai bisa jadi sebagai sumber kebahagian dan kepuasan hidup. Siapa yang tidak bahagia jika kamu bisa hidup dari pekerjaan yang kamu cintai, bisa bermanfaat bagi dunia? siapa yang tidak bukan?

Baca Juga  13 Buku Ippho Santosa PhG, Si Pakar Otak Kanan Indonesia ( Review )

 

Artinya …

walaupun kita sadar bahwa kita bisa mengontrol kebagaian kita dengan pikiran kita. Kita juga tidak boleh punya mindset untuk tetap berdiri di tempat, Click To Tweet

tidak ada salahnya kita belajar hal baru untuk mempermudah pikiran kita untuk bahagia, salah satunya dengan mencari ikigai ini.

 

 

Catatan sebelum tips dan trik untuk menemukan ikigaimu.

Ini pendapat saya pribadi, bahwa ke-empat aspek dalam kriteria ikigai yang kita diskusikan diatas sifatnya adalah kualitatif, yang artinya ada intensitas dari keempat aspek itu.

Misalnya kualitas rasa cinta kita, ada yang cinta banget atau cinta sedang.

kualitas bermanfaat bagi masyarakat atau yang dunia butuhkan, itu pastinya ada pekerjaan yang sangat bermanfaat sekali, dan ada yang cukup bermanfaat. Tidak bisa di pungkiri seperti itu adanya, semakin bermanfaat semakin kita mendapatkan reward perasaan berguna.

Dan seterusnya…

Oke setelah anda memahami bahwa semua itu kualitatif dan tidak mutlak satu keadaan mari kita lanjutkan bagaimana cara mendapatkan ikigai kita.

 

 

Tips dan Trik membuka Ikigai kita.

Berikut ini adalah tips mudah dan jarang kalian temui di tempat lain mengenai bagaimana cara menemukan ikigaimu.

 

1 – Buka Diri

Mengapa saya menggunakan kata membuka ikigai dan tidak menggunakan kata menemukan ikigai?

karena kita sudah bahas bahwa ke-empat elemen (cinta, skill, uang, keguna-an) itu sifatnya kualitatif kita bisa membuka diri kita untuk memberikan kesempatan memunculkan rasa itu pada hal yang sudah apa pada diri kita.

Misal rasa cinta akan pekerjaan, atau meingkatkan kualitas uang di pekerjaan sampingan kita saat ini dan lain sebagainya.

Jadi tips pertama ini adalah memberikan kesempatan diri kita untuk memperbaiki aspek mana yang kurang dari hal yang sudah kita lakukan sehari-hari.

 

2 – Banyak Bertanya

Setelah kamu memberikan kesempatan untuk membuka diri dari apa yang ada di depanmu. Dan kamu tetap merasa bahwa hal itu bukanlah ikigai kita dan tidak akan pernah menjadi ikigai kita.

Dan kamu sudah tidak tahan untuk mencari hal baru.

Baca Juga  13 + 1 Cara Mengasah Otak Kanan

Maka yang kamu bisa lakukan saat ini adalah mulai dengan bertanya, dengan pertanyaan-pertanyaan dari ke-empat aspek diatas.

Misalnya ..

Apa yang bakal bisa membuat saya semangat untuk bangun setiap pagi?

Apa yang membuat saya tidak sabar untuk melakukaannya?

Apa yang bisa membuat saya mendapatkan uang untuk hidup?

Mengapa saya lebih memilih hal itu dari apa yang sudah saya lakukan sekaran?

Mengapa saya bosan dengan pekerjaan ini?

 

Lakukan banyak pertanyaan, apa dan mengapa sehingga kamu mendapatkan clue dan jawaban dari pikiran bawah sadarmu, bahwa apa hal yang sebenarnya kamu ingin kan dan selama ini belum berani kamu ungkapkan atau lakukan.

Perbanyak pertanyaan dari semua sudut pandang dari hal tersebut. Sebelum kamu benar-benar meyakini bahwa itu adalah tujuanmu.

3 – Unexpected Browsing.

Tips ketiga ini adalah lebih kepada melihat, mencari atau mengunjungi hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Atau hal apapun yang dulu selalu kamu lewati, website apa yang tidak pernah kamu kunjungi atau cari misalnya, forum, grup, toko di mall, daerah, kota dan lain sebagainya.

Dengan melihat hal-hal yang selama ini kamu hindari atau lewati, kemungkinan akan timbul sebuah ide baru atau bahkan inspirasi baru akan suatu hal yang belum pernah kamu pikirkan.

 

4 – Jangan Mengharapkan Keajaiban. Tapi ciptakan.

Jangan pernah menunggu sebuah ide yang sangat berbeda atau sangat besar untuk membuatmu mulai mencoba melakukannya.

Jangan pernah berhenti untuk terus action.

 

Karena banyak dari kita yang selama ini selalu terjebak dalam langkah pertanyaan. Akhirnya kita selalu kandas dalam pertanyaan atau pengandaian akan masa depan yang tidak pasti.

Kalau saya melakukan itu apakah akan berhasil? apakah tidak sulit? apakah tidak membuat bosan saya lagi? apakah dan apakah lainnya.

Sehingga kita berhenti, dan menunggu ide baru lainnya yang bakal kita matikan dengan pertanyaan apakah, apakah lagi.

Terkadang sebuah pertanyaan, akan terjawab kalau kita sudah melakukannya. Click To Tweet

 

Dan jangan pernah merasa rugi jika kamu melakukan suatu hal dan gagal, karena pada dasarnya hidup ini adalah mengalami pengalaman dan melakukan hal, tidak hanya tersesat dari lubang pertanyaan pikiranmu.

Semoga tips dan trik ini bisa membantumu dalam menemukan ikigai-mu…

 

Stay Aware dan goodluck!

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2020 baca pikiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

PUSH PARENTING: Demi Anak atau Ambisi Orang Tua?

Push parenting, faktanya sebagian orang tua yang menerapkan hal ini berasumsi bahwa anak-a…