cara-bangun-pagi
freepik.com

Cara Bangun Pagi dengan aturan 20/20/20 – Gerakan Jam 5 Pagi

Masih terngiang wejangan Ayah saya dahulu, “Apapun alasannya, bangun lebih awal tetaplah lebih baik.”

Banyak orang setuju bahwa bangun lebih pagi membuat hidup kita lebih bahagia, lebih semangat dan lebih bermakna. Namun begitu, kadang bangun pagi menjadi sangat sulit bagi banyak orang.

Seringkali kita bertarung dengan pikiran kita sendiri, memilih bangun atau kenyamanan kasur. Atau bahkan ada yang tidak tahu-menahu sudah terbangun di siang hari.

Untuk tipe yang pertama, hal itu dikarenakan belief system (sistem keyakinan) dalam pikiran bawah sadar. Pada belief system tersebut nilai enaknya ranjang lebih besar daripada keinginan bangun.

Jika anda belum familiar dengan bawah sadar bisa baca di sini.

Pikiran SADAR dan Pikiran BAWAH SADAR

Untuk tipe selanjutnya, yang tahu-tahu sudah siang. Itu dikarenakan habit atau kebiasaan. Kebiasaan itu juga letaknya ada pada pikiran bawah sadar. Namun tenang saja kita tetap masih bisa meng-edit habit kita.

1. Bangun Pagi? Beberapa alasan mengapa anda harus bangun pagi

Orang-orang sukses hampir tidak ada yang tidak bangun pagi. Dan hampir tidak ada orang yang tidak ingin sukses bukan?

Semakin banyak keringat saat latian, semakin sedikit kamu berdarah pada pertandingan
Semakin banyak keringat anda saat latihan, semakin sedikit kamu berdarah pada pertarungan

Maksudnya kalau kita memiliki lebih banyak waktu untuk persiapan, membuat kita lebih unggul dari orang lain. Jadi kalau anda lebih banyak waktu mempersiapkan hari di pagi hari, maka dalam seharian anda akan lebih unggul. Nah cara menggunakan waktu di pagi hari dengan menyenangkan dan optimal akan di bahas juga di bawah.

Energi Pagi Yang Positif

Sebagian dari anda mungkin tidak percaya mengenai tetek bengek energi, tapi tidak mengapa. Bukankah ketika masih pagi secara biologis tanaman baru mengeluarkan oksigen yang masih segar, belum banyak kendaran di jalanan yang membuang polusi, hampir semua kegiatan-kegiatan produksi masih belum mulai.

Bukan hanya itu, saya yakinkan Anda. Ada sebuah energi misterius yang akan membuat anda lebih menikmati hari-hari anda. Dan itu terjadi jika anda bangun sebelum jam 6 pagi. Mungkin matahari juga mempengaruhi terjadinya hal ini. Kalau tidak percaya Anda bisa buktikan sendiri.

Enormous Psychological Edge.

Anda tahu kemenangan mutlak? Anda bangun di pagi hari, mengalahkan pertarungan dengan enaknya kasur, anda memulai hari dimana bumi masih tidur (maksudnya aktivitas di bumi). Hal ini akan memberikan anda sebuah kondisi mental yang sangat bagus. Kurang alasan apa lagi?

Semua yang baik berawal dari yang baik

Jika anda mengawali hari anda dengan sempurna maka hidup anda pun akan sempurna. Click To Tweet

Anda bisa tambah sendiri alasannya

Cara bangun pagi yang paling manjur adalah anda memiliki alasan anda sendiri mengapa harus bangun lebih pagi.

2. Cara Bangun Pagi paling mudah

Dari dua tipe, mengapa tidak bisa bangun pagi yang sudah saya sebutkan, lebih baik menggunakan keseluruhan cara ini. Dan sekaligus saya mengajak anda untuk ikut serta

GERAKAN JAM 5 PAGI.

Kalau anda sudah bangun setiap jam 5 dan ingin lebih pagi juga tidak masalah. Tapi minimal jam 5 pagi adalah target waktu kita. Karena jam 5 pagi adalah waktu yang sangat premium.

 

a. Anda pernah naksir cewek/cowok?

Langkah pertama, bujuk diri anda untuk naksir/ kepengan banget bangun pagi. Dengan membaca alasan mengapa anda harus bangun pagi diatas, memberikan alasan-alasan lain. Yakinkan diri Anda bahwa anda harus bangun jam 5 pagi.

Buat sampai rasanya seperti saat anda sedang naksir cewek/cowok Click To Tweet

Kalau gak bisa sekuat itu, se-mendekati mungkin. Ini langkah terpenting!

(mungkin anda menganggapnya sepele, tapi beneran! ini yang paling penting.)

b. Memasang habit.

Habit atau kebiasaan itu tidak terlahir tapi di ciptakan. Sangat sulit sekali melawan kebiasaan namun sebaliknya sangat mudah sekali melakukan kebiasaan. 2 + 2 = 4 itu contoh kebiasaan yang tertanam.

Nah dari European Journal of Social Psychology di keluarkan sebuah penelitian mengenai habit, bahwa untuk menanamkan sebuah habit pada otak kita itu harus melakukan kebiasaan itu selama 66 hari. Baru setelah itu terbentuk seperti jalur khusus di otak untuk habit tersebut.

Artinya,

  1. Harus bangun jam 5 pagi selama 66 hari, mungkin setelah 2 hari saja muncul rasa tidak nyaman. Kita akan seperti tersiksa karena melawan habit kita. Tapi ingat ..
  2. Perubahan itu berat di awal, berantakan di tengah, menakjubkan di akhir. Tidak mungkin kan sesuatu yang cantik di dapatkan tanpa pengorbanan.cara bangun pagi
  3. Bangun pagi pada jam yang sama setiap pagi. Pasang alarm jam 5 pagi tepat dan langsung bangun. Memang akan berat, menyiksa di awal. Tapi please lakukan, anda pasti akan sangat menikmati hasilnya.
  4. Jika alarm tidak bisa membangunkan. Atau cari suara alarm paling mengganggu, taruh hp di sebelah kuping atau di bawah leher anda (resiko di tanggung sendiri). Pasti bangun.
  5. Rasakan Energinya setiap anda bangun pagi.
  6. Update status setiap kali anda bangun. Anda bisa upload foto di instagram, status di facebook, twitter atau dimanapun sesuka anda. Gunakan hastag sebagai tempat mengumpulkan postingan anda bisa #gerakanjam5pagi atau #bangunpagi atau apapun sesuka anda. Ini merupakan trik psikologis, agar kita konsisten bangun pagi.
  7. Ajak orang-orang sekitar anda untuk ikut serta berubah lebih baik lagi. Karena itulah hal ini dinamakan gerakan jam 5 pagi.

3. Cara Mempertahankan dan Kegiatan yang benar setelah bangun

Nah, ketika anda bangun jam 5 itu baru langkah pertama. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah melakukan permulaan hari anda dengan benar.

 

Aturan 20/20/20 ( Membangun ritual pagi hari anda)

Hal ini sangat penting, tolong benar-benar anda coba. Karena langkah ini yang paling penting. Anda bisa saja bangun lebih awal tapi tidak bisa benar-benar merubah hidup anda. Tapi dengan ritual ini, anda akan benar-benar berubah.

5.00 – 5.20 = Olahraga Ringan

olahraga-ringan-pagi

Setelah bangun, olahraga. Anda bisa lari ditempat di dalam kamar, atau olahraga-olahraga kecil lainnya. Karena ini sangat penting.

Olahraga 20 menit membuat tubuh anda mengeluarkan dopamin, neurotransmitter yang menumbuhkan motivasi dan beberapa fungsi lainnya. Anda akan merasa kuat, semangat dan siap memulai hari. Dan bahkan akan melepaskan serotonin yang membuat anda merasa bahagia. Ini benar-benar langkah pertama yang harus anda lakukan.

Dokter.id : Fungsi dopamin

 

5.20 – 5.40 = Review Rencana Harian

rencana-harian-setiap-pagi

20 menit selanjutnya, anda review ulang rencana harian anda. Akan melakukan apa saja hari ini. Apa goal anda hari ini. Anda bangun dan pikirkan, perkembangan-perkembangan apa yang akan anda ciptakan hari ini.

Hal ini akan memberikan anda fokus, memberi anda inspirasi, memberikan anda passion dan tujuan harian anda bahkan tujuan hidup anda.

 

5.40 – 6.00 = Belajar

Dunia adalah milik para pembelajar, semakin banyak yang anda tahu, semakin banyak yang anda raih Click To Tweet

Pada ritual terakhir ini, yang harus anda lakukan adalah belajar. Belajar apapun. Tambah pengetahuan anda setiap hari.

Cukup 20 menit saja baca ebook, dengarkan audio book jika malas. Tonton TED atau channel-channel youtube sumber pengatahuan, tonton video-video inpirasi atau video-video pelatihan atau apapun.

belajar-setiap-pagi

Buka pikiran anda dan siap beraksi untuk hari yang hebat ini! SEIZE THE DAY

 

Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2017

Diskusikan Pikiranmu