menahan rasa lapar

Cara Menahan Lapar Saat Puasa? Pakai 7 Rahasia Pikiran ini

Cara menahan lapar saat puasa sangat penting, karena tradisi berpuasa hampir di miliki oleh semua agama. Yang paling terlihat euforianya adalah bulan Ramadhan pada agama Islam.

Anda pasti juga menyadari semakin tahun semangat berpuasa semakin menurun. Entah karena spirit agama menurun atau pun karena godaan yang semakin menggila di jaman ini.

Nah, bagi anda yang merasa susah berpuasa karena lapar, atau orang tua yang ingin melatih anak-anaknya agar kuat saat melaksanakan puasa, atau kepada anda yang ingin membagikan trik-trik puasa agar teman atau kenalan anda mampu berpuasa. Baca sampai habis.

cara menahan lapar saat puasa

Beneran ada rahasianya? Iya serius! anda pasti sering mendengar ada orang budha atau hindu bertapa berhari-hari tanpa makanan dan mereka masih hidup. Ini salah satu artikel tentang orang-orang tersebut.

Bisakah manusia hidup tanpa makan dan minum (erabaru.net)

Tapi enggak akan sejauh itu kok, saya tidak akan mengajari anda untuk tidak makan. Namun, hanya akan mengajari bagaimana “Berpuasa tanpa merasakan lapar” – itu saja sudah cukup bukan?

 

A. Cara Menahan Lapar Saat Puasa Dengan Hipnosis

Iya dengan hipnosis bisa membuat kita menghilangkan rasa lapar. Caranya?

Ada beberapa cara untuk mengakali pikiran kita agar melupakan rasa lapar. Tidak hanya dengan hipnosis seperti yang anda bayangkan, karena intinya bagaimana mensugesti pikiran agar tidak lapar.

Jika anda ingin memahami apa itu hipnosis baca di sini.

Belajar Hipnosis

Berikut ini langkah sederhana untuk menghilangkan rasa lapar dengan self hipnosis:

  1. Duduk bersandar atau berbaring. Buat diri anda se-nyaman  mungkin.
  2. Latih nafas anda untuk mengikuti pola berikut ini, tarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan dengan mulut.
  3. Sambil mengatur pola nafas anda bisa mulai memejamkan mata anda. Nikmati momen saat ini.
  4. Setelah beberapa saat anda akan mulai menyadari sensasi seperti getaran-getaran halus di permukaan kulit anda.
  5. (optional) Anda akan mulai merasakan getaran-getaran yang terasa di tengah-tengah otak anda. Jika tidak, tidak mengapa.
  6. Sekarang saatnya memberikan sugesti. Bayangkan anda melihat diri anda sendiri, saat itu anda tengah berpuasa dan entah mengapa merasakan rasa semangat yang sangat besar. Anda tidak tahu alasannya mengapa, tapi saat itu anda sangat bersemangat sekali berpuasa dan seakan tidak pernah merasakan rasa lapar.
  7. Tetap per-tahankan bayangan anda tersebut. Kemudian buat diri anda seakan-akan menyatu dengan sosok diri anda dalam bayangan diri anda. Rasakan pandangan anda mulai mendekati sosoknya, lalu merasuki tubuh itu.
  8. Rasakan perbedaan sensasi ketika anda sudah masuk dengan sebelumnya. Jika belum terasa, keluar lagi dari tubuh itu. kembali ke-langkah 6 dan maksimal-kan perasaan semangat dan tanpa rasa laparnya, ubah suasana-nya.
  9. Usahakan pada langkah ke-8 anda benar-benar merasakan sensasinya ketika merasuki tubuh bayangan anda. Karena di situ penentu keberhasilannya. Jika sudah anda bisa membuka mata.

 

B. Cara Menahan Lapar Saat Puasa Dengan Perhatian

Anda tahu bahwa pikiran kita bisa fokus pada satu atau beberapa hal. Namun pada dasarnya tidak demikian, jika anda fokus pada tiga hal sekaligus misalnya, pada kenyataannya tidaklah demikian.

Pikiran hanya berpindah dari fokus yang satu ke fokus yang lain secara bergantian dan sangat cepat. Sehingga seakan-akan kita mampu fokus pada banyak hal sekaligus.

Contoh:

Ketika anda berkendara, baik mobil atau sepeda motor. Kemudian anda menerima sms, dan membacanya. Yang anda lakukan tidak fokus pada kedua-duanya. Tapi bergantian secara cepat. Melihat jalan kemudian melihat hp, semua dilakukan dengan cepat, seakan kita memperhatikan kedua-duanya. Nah, yang bahaya adalah ketika ada kata-kata yang menarik perhatian anda lebih lama. Bisa jadi Anda akan tabrakan. Jadi jangan lakukan itu lagi.

Lantas apa hubungannya perhatian/ fokus dengan lapar?

Perhatikan bagan di bawah ini

mengapa kita lapar

Kita merasakan rasa lapar karena otak kita punya waktu untuk berfokus pada sinyal lapar yang diterimanya. Hal ini sebenarnya terjadi hampir pada setiap sensor yang di berikan tubuh kita, misal rasa dingin, sakit, geli dan lain sebagainya.

Mengalihkan perhatian dengan tekanan.

Kalau anda perhatikan, jika anda dalam kondisi tertekan anda akan seakan kehilangan kesadaran akan lingkungan sekitar. Hanya fokus pada tekanan itu sendiri.

Menekan diri sendiri
Tekan diri anda. sumber : stevekeating.me

 

Misal, seseorang sedang di kejar anjing. Maka fokus-nya hanya pada anjing tersebut, dia lari sekencang mungkin tanpa menghiraukan rintangan di depannya. Ajaibnya dia mampu meloncati tembok tinggi, hal ini terjadi karena pikiran tidak berfokus pada bisa atau tidak meloncati hal itu, langsung loncat saja.

Membuat diri kita tertekan, bisa membuat otak kita lupa untuk memberikan rasa lapar. Click To Tweet

atau dengan cara berikutnya…

Merubah perhatian dengan ketertarikan.

Jika di suatu tempat tiba-tiba ada seorang yang sangat anda sukai dan kagumi lewat. Apa yang terjadi? anda akan mengarahkan fokus anda kepadanya. Sampai di ajak bicara tidak sadar, atau di panggil tidak menghiraukan, atau tidak menyadari hal-hal yang terjadi di dekatnya. Karena saking asiknya memandangi orang yang di kagumi itu.

Nah, kalau waktu anda habis untuk hal-hal yang menarik. Anda tidak akan sempat merasa lapar. Click To Tweet

Contohnya: bermain game, pacaran( jangan, nanti batal), melakukan hobi dll.

sumber clipground.com

Belanja Hemat Menjelang Lebaran

Diskon Barang-barang Elektronik
Lihat List
Diskon Peralatan Rumah Tangga
Lihat List
Diskon Pakaian & Aksesoris (Cewek & Cowok)
Lihat Barang
Lihat semua diskon
Belanja

Menghilangkan perhatian dengan penghargaan.

Ketika kita berusaha mendapatkan sesuatu yang sangat berharga, rasa-rasanya tidak pernah ada rasa capek yang muncul. Maka berlakulah hukum

Semakin berharga, maka pengorbanan semakin tidak terasa berat. Click To Tweet
sumber depressiongetaway.net

Jika anda bisa meyakinkan pikiran anda, bahwa puasa itu adalah hal yang sangat berharga dan patut di perjuangkan. Maka pikiran bawah sadar anda pasti akan menolong anda untuk memudahkan puasa anda.

Baca juga :

Penjelasan otak sadar dan bawah sadar

Kesibukan dapat mengarahkan perhatian.

Kesibukan yang menyenangkan, kesibukan yang menekan, kesibukan yang berharga sama-sama akan membuat kita lupa waktu, lupa rasa lapar, dan lupa hal-hal lainnya.

Sibukkan diri anda dengan ibadah lain, pekerjaan, atau apapun yang berharga/ menarik/ menekan. 😀

Jadi untuk memudahkan anda berpuasa adalah

Lupakan fokus anda bahwa anda saat ini sedang berpuasa Click To Tweet

Jika anda semakin mengingat-ingat kalau sekarang berpuasa, maka anda semakin merasa lapar. Karena pikiran anda fokus pada puasa, fokus pada puasa yang di terjemahkan oleh bawah sadar adalah menahan lapar. Menahan lapar artinya anda sedang merasa lapar. Jadi hal itu fokus yang salah.

Ini juga menjelaskan mengapa anak kecil sangat tersiksa kelaparan saat puasa, karena setiap detiknya dia fokus ingin makan, fokus bahwa saat ini sedang puasa. Membuat rasanya semakin menjadi-jadi.

Nah, sebagai orang tua (bagi yang sudah punya anak lho ya) anda bisa mencoba mengalihkan perhatian si anak, agar tidak ingat kalau dia sedang berusaha berpuasa.

Kalau anda tidak bisa juga menghilangkan fokus pada hal-hal itu maka gunakan langkah terakhir:

C. Menikmati Kesulitan Dapat Menurunkan Kadarnya

Jika anda sedang sakit, coba rasakan dan nikmati rasa sakitnya. Tidak lama kemudian anda akan menyadari bahwa rasa sakitnya berkurang. Coba saja!

Nah coba jika anda tidak bisa lagi berusaha mengalihkan perhatian dari rasa lapar.

Paksa-kan menikmati rasa lapar, lihatlah dia akan menghilang dengan sendirinya. Click To Tweet

 

D. Epilog

Cara menahan lapar saat puasa yang saya sebutkan diatas dapat anda lakukan sebagaian atau seluruhnya. Atau anda modifikasi sendiri. Karena hal diatas bisa sangat fleksibel memenuhi keadaan anda.

Jangan lupa untuk membagikan hal ini ke teman dan keluarga anda. Agar kita sama-sama bisa berpuasa tanpa mengurusi rasa lapar lagi.

Selamat berpuasa!

 

Nb:

Di judul saya sebutkan 7 hal yang dapat anda pakai untuk menahan rasa lapar. Mungkin anda bingung karena hitungannya tidak jelas di dalam artikel ini. 

7 hal itu merupakan akumulasi di setiap bagian dari sub header A sampai D, jika di total trik-trik di dalamnya ada 7 hal. Jadi itu bukan angka ngawur ya 😉

Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2017

Diskusikan Pikiranmu