Mengapa kita suka dengan hal mistis atau supranatural dan mudah sekali mempercayainya?

Hal ini tidak hanya terjadi pada orang indonesia saja, jika kita teliti hampir seluruh daerah memiliki kepercayaan-kepercayaan mistisme-nya sendiri-sendiri.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Saya mengamati bahwa hal ini terjadi karena 3 hal berikut ini:

Manusia Makhluk Yang Lemah

Kita sebagai manusia, sadar bahwa kita ini adalah makhluk yang lemah dan memiliki banyak keterbatasan. Dan memiliki kehidupan yang boring atau biasa-biasa.

Maka, sejatinya kita membutuhkan sesuatu yang memiliki hal di luar keterbatasan kita tersebut.

Entah itu untuk membantu meringankan beban kehidupan kita, karena kita menyadari kelemahan kita dan membutuhkan support dari sesuatu yang berada di luar kemampuan kita.

Tonton Ini, kemungkina anda tidak akan butuh ke rumah sakit lagi

Lihatlah industri perfilman, banyak di isi oleh karakter-karakter superhero yang memiliki kekuatan di atas manusia normal, kenapa? karena kita membutuhkan sosok-sosok yang melebihi diri kita.

Dalam menghadapi masalah hidup yang berat tidak karuan ini, akan terasa lebih mudah jika percaya dengan kekuatan dukun atau paranormal. Itulah salah satu sebab yang mendorong kita, Kebutuhan!

Menjelaskan Hal Yang Tidak Sanggup Manusia Jelaskan Dengan Nalarnya

Misalnya, dahulu sebelum kita mengetahui bagaimana cara kerja matahari,

bagaimana matahari terbit dan tenggelam..

ada sebuah daerah yang mempercayai bahwa ada sebuah kereta yang menarik matahari tersebut ke surga.

Dan tentunya banyak mitos-mitos lain di berbagai penjuru dunia, untuk menjelaskan kejadian atau hal-hal yang berada di luar kadar kemanusiaan kita pada saat itu.

Dan hal ini tidak akan berhenti disitu,

Seiring dengan berkembangnya nalar manusia akan maka mitos-mitos ini bergerak bersama perkembangan manusia.

walaupaun ada yang berhasil di jelaskan, akan muncul pula mitos atau misteri modern yang tercipta. Misalnya keberadaan aliean, ufo, proyek darpa, iluminati dan lain sebagainya.

Karena pasti ada saja hal yang belum bisa kita pecahkan..

Brian Cronk, seorang psikolog dari Universitas Missouri Western Stat berpendapat

hal ini karena Otak kita selalu mencoba mencari jawaban dari sesuatu yang terjadi, mencari alasan mengapa hal itu terjadi, dan di saat buntu, cenderung membuat penjelasan yang terkesan mengada-ada.

Padahal kalaupun kita tidak bisa menjelaskan seseuatu tersebut di saat sekarang karena keterbatasan pengetahuan dan teknologi bukan berarti tidak ada penjelasan yang masuk akal, hanya saja kita belum mampu memahaminya saja.

Seperti halnya kalau anda bawa HP ke jaman awal masehi, orang tidak akan mampu memahaminya di saat itu.

Ini pasti dianggap barang sakti mandaguna..

Yang memprihatinkan adalah …

Sering hal seperti ini terjadi di masyarakat kita,

misalnya ada orang sakit, dia pergi ke dokter atau rumah sakit. Di diagnosis secara “medis” normal.

Tapi si pasien benar-benar merasakan bahwa dirinya sedang sakit,

Apa yang terjadi? kebanyakan kita akan langsung berkesimpulan hal tersebut adalah ..

karena terkena guna-guna, santet, pelet dan segala jenis kawan-kawannya.

Padahal Bisa jadi dokter atau rumah sakit lain bisa mengetahuinya, atau jika pun tidak ada satupun rumah sakit di dunia ini yang bisa mengetahui penyebabnya

kemungkinan besar karena “medis” atau teknologi/ pengetauhan di peradaban manusia saat ini belum mampu mengungkapkannya.

Dan bukan berarti itu tidak bisa di jelaskan secara medis, hanya belum bisa saja.. Click To Tweet

Dan yang terakhir..

Suka Dengan Hal Mistis Sebagai Hiburan Yang Terasa Nyata

Kenapa kita lebih suka dengan hal-hal mistis ini adalah karena bisa digunakan untuk membumbui kehidupan kita yang boring dan biasa-biasa saja ini dengan sesutu diluar kebiasaan kita.

Kita menginginkan hal itu nyata, kenapa?

Karena efeknya akan terasa lebih kuat, kita perlu sebuah misteri yang terasa nyata ada di kehidupan kita, tidak hanya berada di kehidupan fiksi perfilman.

Itulah kenapa kita suka dengan film horor, namun lebih dengan acara-acara reality show yang membawa mistisme. Seperti dunia lain, mister tukul jalan-jalan dan yang lagi ngetren Karma oleh roy kiyoshi.

Akan lebih membuat bulu kuduk kita merinding atau terlena dalam ketakjuban akan misteri, jika hal tersebut di ceritakan sebagai hal yang nyata.

Kita benar-benar berharap itu adalah kenyataan. Click To Tweet

Jika ada teman atau orang cerita pengalaman supranaturalnya anehnya kita langsung mengamini kebenarannya,

dan malahan mulai menyebarkannya. Bahkan tanpa ada pertanyaan, apa benar?

Ya karena kita suka dan berharap itu benar.

Ini juga berlaku, ketika ada seseorang yang bercerita bahwa dia punya kemampuan yang lebih, seperti indigo dan paranormal.

Kebanyakan kita langsung percaya. Karena sudah dasarnya percaya, jika orang tersebut membuktikan dengan beberapa demonstrasi saja, bertambah keyakinan kita.

Nalar kita sudah di blok oleh kepercayaan kita di awal tersebut.

Misal nih, ada orang mengaku dia indigo, terus beberapa saat kemudian dia akting dan mengatakan melihat sesuatu sosok dan lain sebagainya seperti gaya indigo-indigo pada umumnya.

Anehnya, kenapa kita langsung mengamini?

kenapa kita tidak sedikitpun pikiran kita yang curiga kalau dia hanya akting saja?

Kenapa? apalagi yang ada di TV, yang bahkan orangnya baru kita tau dari layar kaca yang di beri listrik itu?

Kenapa kita tidak curiga itu hanya settingan untuk kepentingan rating dan uang perushaan TV tersebut?

Mungkin anda akan menyahut, lantas bagaimana dia tahu sesuatu yang seharusnya dia tidak ketahui?

untuk menjawab itu anda perlu keliling di website ini lebih lama, saya bahas banyak mengenai cara-caranya (belum lengkap sih, namun akan terus saya tambahi)

Panduan Sistematis Cara MEMBACA PIKIRAN ORANG (Psikologi, Bahasa Tubuh, Trik Pikiran)

Saya hanya ingin berpesan..

Kita tidak harusnya selalu mempercayai semua cerita-cerita maupun pengakuan seseorang. Kita harus mencoba menalarnya, kalaupun kita tidak bisa menjelaskannya, bukan berarti hal itu juga tidak bisa di jelaskan. (kembali ke poin kedua)

 

Dan satu lagi, bagaimana orang bisa membuat anda yakin?

Mereka seringkali mengkaitkan hal-hal yang dia katakan dengan sesuatu yang pada dasarnya sudah anda yakini.

Misalnya dengan topeng keagamaan, adat dan kepercayaan-kepercayaan dasar lainnya. Nah jika cerita di bumbui dengan nuansa keagamaan dan sejenisnya maka kita sudah pasti akan mudah meyakininya.

Contohnya..

Hal yang sama di lakukan oleh dua orang yang berbeda,

1 oleh pesulap satunya oleh guru silat. Contoh kasusnya, membakar kertas tanpa menggunakan apa-apa. hanya dengan gerakan tangan saja.

Tapi kita mempercayainya dengan keyakinan yang berbeda,

ketika kita melihat pesulap,

kita akan komen oh itu sulap, pasti ada triknya (walaupun kita tidak tahu triknya).

Ketika sang guru silat beraksi, karena posisi kita juga berguru dengannya, kita sudah yakin dengan dia dan berharap bahwa memang dia memiliki kekuatan tenaga dalam.

Oh keren sekali, bisa ya tenaga dalam sampai membakar kertas begitu..

bahkan tanpa meniliti atau mencoba membedahnya-nya, apakah sang guru sulap ini diam-diam menyelipkan cairan kimia ke kertas tersebut dll.

Ini banyak faktor, misal karena guru silatnya ini terkenal dengan keagamaanya, sifatnya yang rasanya tidak mungkin jika dia membohongi kita.

Orang akan mengatakan, lihat itu benar tidak ada apa-apanya, hanya koran tiba-tiba bisa terbakar, guru silat itu gak memasukkan apa-apa. (padahal anda tidak memeriksa, karena bisa jadi sudah ada disana sejak awal)

Nah, lha pesulap itu juga melakukan hal yang sama seperti itu, anda tidak percaya itu asli karena dia mengaku sebelumnya bahwa dia pesulap.

Bagaimana? anda sudah mendapatkan alur penalaran ini? Anda sudah paham apa yang harus anda lakukan untuk memikirkan hal-hal yang akan anda temui nantinya?

Kesimpulan

Karena itulah alasan saya sebenarnya membuat tulisan ini, agar anda membuka mindset anda, agar anda lebih aware lagi!

Saya Harap indset anda sedikit berubah, yaitu memperlakukan setiap orang dengan sama. Tidak pandang apa yang dia klaim, dan tidak langsung serta merta mengakui apa yang dia katakan.

Bahkan kebanyakan indigo hanya mengatakan hal-hal yang tidak bisa kita tahu benar tidaknya, misalnya disini ada sosok berbaju hijau atau apalah.

Pertanyaan selanjutnya, kalau dia tidak benar-benar indigo lantas dia apa?

jawabannya banyak, orang yang pintar mengakali orang agar percaya, ataupun juga orang yang memiliki halusinasi, interpresetasi dari penyakit seperti skizophrenia misalnya dan masih banyak penyakit kejiwaan lainnya.

Lah, terus kok dia pintar nebak orang kalau berhalusinasi, nah ini titik lemahnya manusia,

Anda coba baca-baca mengenai artikel saya tentang Bacapikiran, psikologi dan alam bawah sadar, semua hal itu mendukung untuk menjawab pertanyaan itu.

Belajar Psikologi Kepribadian, Untuk mengenal Seseorang Lebih Dalam

Sangat mudah kalau anda hanya ingin menebah seseorang,

bahkan anda bisa ambil salah satu bacaan-bacaan zodiak, zodiak apa saja anda coba hafalkan bacaan karakternya, dan katakan hal itu pada teman anda, tapi anda harus kelihatan meyakinkan, coba saja. anda pasti akan takjub dengan hasilnya.

Terus satu lagi, kenapa orang-orang seperti ini bisa menyembuhkan penyakit, untuk jawaban ini.

Ada penemuan medis yang bisa menjelaskan sedikit banyak tentang hal tersebut, dan mudah-mudahan kedepannya akan lebih banyak lagi. Saya juga akan membahas hal ini di artikel selajutnya.

Sayembara Untuk Para Dukun, Indigo dan Paranormal

Sebagai penutup saya akan bercerita, bahwa dulu jaman kehidupan Harry Houdini bapak sulap modern, dia menghabiskan masa hidupnya mencari dukun asli untuk mengontak arwah ibunya, karena dia menggunakan mindset yang kritis (pesulap) malahan dia menemukan trik-trik yang di gunakan dukun-dukun ini dan mengeksposenya. Sampai dia meninggal, dia tidak menemukan satupun dukun asli.

Selanjutnya, pesulap dan filosof james randy, mendirikan James Randy foundation, yang mencari orang-orang yang memiliki kemampuan khusus, dukun, indigo dan sejenisnya. Yang kemudian jika berhasil mendemonstrasikan kemampuannya dan tidak bisa di jelaskan. Maka di beri hadiah satu juta dolar amerika. Sampai sekarang tidak ada satupun yang bisa mengklaimnya.

Beberapa tahun yang lalu, bapak hipnotis indonesia. Almarhum Bapak Yan Nurindra, memberikan kontes serupa di indonesia. Dan tidak ada yang berhasil.

Saya bukannya tidak percaya dengan orang-orang yang bisa memiliki kemampuan supranatural. saya masih memiliki mindset terbuka akan kemungkinan itu, namun saya rasa tidak semudah itu orang bisa mengklaim dirinya indigo, punya kesaktian dll.

Sampai ketemu di artikel selanjutnya,

STAY AWARE!

Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2018

2 Replies to “Mengapa Kita Suka Dengan Hal Mistis Dan Supranatural?”

Diskusikan Pikiranmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Cara Mudah Deteksi Kebohongan Lewat Mata! | Eye Accessing Cues

Anda mungkin sering mendengar bagaimana cara membaca pikiran melalui mata, nah di sini say…