tips menulis artikel blog
Tips -

Trik Sukses Nge-blog Dengan Konsep Psikologi

Memanfaatkan konsep-konsep psikologi dalam membuat sebuah blog -

Halo Pembaca Bacapikiran, pada artikel ini saya ingin menshare beberapa tips yang saya gunakan untuk membuat blog dengan teknik-teknik psikologi praktis.

Dan saya harapkan bagi anda yang tidak mau terlalu aktif untuk nge-blog tetap bisa eksis di dunia blogging. Dengan teknik ini.

Anda bisa lihat sendiri blog bacapikiran.com ini, sudah lama sekali saya tidak aktif menulis artikel baru. Karena saya mulai membuat channel youtube untuk bacapikiran. Jadi jika anda sempat silahkan mampir juga ya disini. Hehe.

Namun, jangan khawatir saya akan tetap mengurus blog ini, dan saya pastikan isi konten saya akan bermanfaat bagi anda. Jadi jangan lupa juga untuk subscribe di mailing list kami. 😉

Get Even More

Subscribe to our mailing list to get the new updates!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur.

Don't worry, we don't spam.

Artikel ini di sponsori oleh hostinger.

Apasih Tips Blogging Dari Bacapikiran.com ?

Oke, satu hal yang saya sering temui dahulu kala, saat baru mulai nge-blog adalah konsisten. Dan ini sangat benar sekali.

Dengan konsisten, anda akan memiliki banyak konten. Kemudian di hari apa anda posting akan sangat mudah di tandai oleh pembaca, contohnya setiap seminggu sekali anda posting.

Video cara mendeteksi kebohongan secara mudah

Itu jika anda konsisten.

Dan hal ini akan membuat pembaca anda tahu kapan akan menemukan konten baru ketika mereka mengecek blog anda.

Namun, bagi anda yang tidak banyak memiliki waktu untuk blogging. 

Entah karena jam kerja yang terlalu panjang di kantor (seperti saya, yang menghabiskan waktu hampir 12 jam untuk berangkat kerja hingga pulang sampai rumah – curhat), ataupun karena sudah berkeluarga sehingga banyak yang perlu di urus dan banyak alasan lainnya.

Maka saya menulis hal ini khusus buat anda. Bagaimana membuat konten yang tetap bisa membuat pembaca anda rela untuk menunggu konten terbaru anda, walaupun berminggu-minggu.

Eits, yang punya banyak waktu untuk blogging jangan kabur dulu. Karena dengan memanfaatkan teknik ini maka anda akan memiliki dua kelebihan sekaligus.

Anda tetap bisa konsisten dan dapat menghasilkan konten yang lebih powerfull.

Oke langsung saja, berikut ini tips-tips dari bacapikiran.com

Gunakan Konsep Psikologi Sederhana Ini

Pertama, anda harus membiasakan diri untuk memanfaatkan konsep psikologi di berikut ini sesering mungkin dalam tulisan anda.

Tetapi juga jangan berlebihan.

  1. Buat Pembaca Penasaran. Dalam menulis, jangan langsung pada intinya, namun berikan penjelasan mengapa dia harus membaca tulisan anda. Apa manfaat yang di dapat, sehingga kita bisa membujuk pembaca untuk terus membaca konten kita.Dan, anda juga bisa membuat pembaca anda penasaran dengan postingan anda selanjutnya. Jika anda pernah nonton sinetron pasti familiar dengan teknik ini.
  2.  Apa yang anda inginkan, mintalah!Maksudnya begini, kalau anda ingin pembaca anda tetap mengunjungi anda setiap ada postingan baru.Ya minta pada mereka, bisa minta mereka untuk subscribe ke mailing list kita dsb. Itulah mengapa kata-kata “please subscribe blah…blah..blah” di youtube sangat penting.

    Pembaca perlu di ingatkan untuk hal-hal seperti ini. Mungkin karena keasyikan mengkonsumsi konten menarik kita, jadi kelupaan untuk subscribe.

 

Jadilah Blogger Yang Komunikatif – Jangan Kaku.

Oke, walaupun konten anda misalnya berupa jenis artikel informasi.

Atau gampangnya anda memberikan informasi kepada pembaca anda, bukan berupa blog cerita kehidupan anda ataupun blog travel.

Anda tetap harus mengemas konten anda dengan lebih komunikatif, jadi ketika anda menulis artikel usahakan

Seakan-akan anda ngobrol langsung dengan pembaca.

Jangan membuat tulisan yang terkesan kaku. Dengan begitu style anda akan keluar, dan personality anda akan sedikit banyak di baca oleh pembaca konten anda.

Mengapa hal ini penting?

Pertama – agar pembaca anda tidak boring.

Kedua – Ketika pembaca mulai terbiasa dengan personality anda, maka anda sebenarnya sedang mem-build rapport (keakraban) dengan pembaca. Sehingga secara tidak sadar anda dan pembaca semakin ter-connect.

Hal inilah yang membuat mengapa seseorang mampu menonton dan mengikuti terus vlog atau blog mengenai kehidupan seseorang. Secara tidak sadar konsumen konten tersebut menyukai si creatornya.

Kalau tidak percaya, silahkan coba sendiri. Anda cari sebuah vlog di youtube, yang belum anda kenal orangnya. Coba lihat 5 video videonya tanpa skip. Dan nanti anda bisa merasakan sendiri apa yang sedang saya coba jelaskan disini.

Jadilah Master Dalam Bidang Apapun.

Jika anda benar-benar tidak memiliki banyak waktu untuk blogging. Misalnya hanya mampu menyempatkan waktu sebulan sekali.

Maka anda harus membuat konten yang super duper lengkap, tambahan … jangan hanya lengkap tetapi juga merupakan konten terbaik di topik yang sedang anda buat.

“tetapi saya bukan master di bidang ini” 

Mungkin saja itu yang terbersit pada salah seorang di antara anda.

Jawabannya = Tidak perlu menjadi master. Yang perlu hanyalah mau (titik)

Kenapa hanya butuh kemauan saja?

Karena anda bisa mendapatkan informasi apapun di internet. Oke,

Hanya dengan sedikit kemauan saja anda bisa mempelajari 5 konten terbaik di judul yang akan anda buat.

Cari di gugel, kemudian gabungkan kelima artikel itu menjadi satu. Bukan asal di sambung semua ya!

Maksud saya coba telaah, dan masukkan semua poin-poin yang ada di kelima artikel tersebut.

Karena mungkin saja anda menemukan satu poin yang tidak di bahas di artikel lainnya, jika anda bisa menggabungkan kelima artikel tersebut dan boom! menjadikan artikel anda super duper lengkap.

Maka orang lain akan memilih membaca artikel anda, daripada membaca kelima artikel sumber anda tersebut.

Mengapa ini sangat powerful? hal ini menggunakan dua konsep psikologi dasar.

Rasa Kagum dan Rasa Malas.

Kalau anda bisa membuat orang kagum dengan konten super lengkap anda, maka anda bisa membuatnya menjadi pelanggan setia anda.

Dan…

Karena semua orang itu pada dasarnya malas dan mereka malas untuk mengumpulkan informasi dari beberapa artikel, Jadi jika anda buatkan satu buah artikel yang mampu mengumpulkan semua informasi yang diperlukan

… maka dapat dipastikan artikel anda yang akan dipilih.

Beberapa teknik di bawah bisa anda gunakan untuk membuat konten super tersebut.

Tambahi Nominalnya

Jadi misalnya ada artikel berjudul :

10 Tempat Wisata Terbaik Di Banyuwangi

Anda bisa membuat artikel dengan judul :

25 Tempat Wisata Terbaik Di Banyuwangi

Contoh artikel saya = 13 + 1 Cara Mengasah Otak Kanan (saya menggunakan plus agar lebih unik, anda bisa search di google dengan kata kunci “cara melatih otak kanan” anda lihat apakah judul saya lebih menarik dari yang artikel lainnya.)

Buat Konten Dengan Konsep Bab

Anda bisa membuktikan (secara bawah sadar) bahwa konten anda adalah yang terlengkap dengan membahas sebuah topik dalam beberapa artikel dengan konsep bab per bab.

Lihat contohnya di artikel saya

Panduan Sistematis Cara MEMBACA PIKIRAN ORANG (Psikologi, Bahasa Tubuh & Trik Pikiran)

Gunakan Hal-hal Visual Sebanyak Mungkin

Oke, hal ini didasari oleh psikologi manusia, bahwa kita lebih tertarik kepada hal yang visual dari pada tulisan yang monoton. Itulah mengapa di era internet yang semakin cepat dan murah ini video lebih laku daripada tulisan (blog).

Namun tidak bisa kita pungkiri untuk mempelajari sesuatu lebih dalam, tulisan masih menang. Itu salah satu keunggulan kita disini.

Dan oleh karena itu tips kedua mengenai konten super yang kita bahas tadi sangat penting.

buat konten yang visual

Nah, untuk membuat blog kita lebih visual anda bisa menerapkan hal-hal berikut.

Gunakan Heading Lebih Sering

Jika anda amati hampir semua artikel saya (tidak semua) menggunakan heading H1, H2, H3 bahkan H4. Dengan heading bertingkat akan membuat konten kita terlihat lebih visual dan mudah untuk di pahami.

tidak monoton paragraph-paragraph penuh tulisan.

Tinggalkan Kaidah Penulisan Paragraph

Mungkin anda dulu pernah belajar di sekolah bahwa paragraph itu terdiri dari 3 -5 kalimat atau bahkan lebih.

Karena ini blog, kita tidak sedang menulis karya ilmiah. Maka sebaiknya tinggalkan hal itu, buat tulisan anda serenggang mungkin.

Anda amati saja dari tulisan saya ini, saya sering menggunkan paragraph yang hanya berisi satu kalimat atau bahkan setengah. Sangat jarang sekali saya menggunakan banyak kalimat dalam satu paragraph. Sehingga kelihatan penuh dan malas untuk di baca, seperti paragraph ini. Secara pandangan psikologis kita, kita memandang sepintas dan terlihat sangat menyiksa sekali jika harus membaca paragraph yang penuh sesak ini bukan? hayo ngaku saja. Atau bahkan mungkin anda tidak sempat membaca paragrap ini.

Akan lebih mudah dan terasa nyaman jika hanya satu kalimat seperti ini bukan?

Maka itu juga yang akan di rasakan pembaca anda.

Gunakan Sebanyak Mungkin Gambar/ Tabel/ Bagan

Tanpa perlu dijelaskan pun anda sudah tahu, bahwa dengan gambar/ bagan/ atau tabel konten anda akan semakin mudah dan nyaman di baca.

Belum lagi konten anda akan semakin mudah di pahami oleh pembaca anda.

Jangan Sungkan-sungkan menekan ENTER.

Untuk lebih membuat konten anda lebih renggang, anda bisa menambahkan “enter” atau spasi di setiap heading anda. Misalnya seperti ini di bawah ini …

 

Judul Yang Menarik

Ini juga sangat-sangat penting. Sebaik apapun konten anda, tanpa judul yang menarik. Maka pembaca tidak akan sempat melihat konten anda.

Konsep akan judul yang menarik ini adalah judul yang membuat orang yang membacanya memunculkan perasaannya.

Perasaan yang muncul bisa beruapa

  1. Rasa Takjub, rasa takjub akan judul anda yang terlihat super lengkap atau apapun yang bisa membuat pembaca anda takjub hanya dengan membaca judulnya.
  2. Rasa Penasaran, anda pasti sering melihat contoh ini di konten-konten dengan judul yang click bait.
  3. Rasa Unik, Seperti contoh judul saya sebelumnya yang menggunakan tanda plus ( 13 +1 cara …)

Dan rasa-rasa lainnya. Bahkan rasa marah pun bisa memancing orang untuk meng-klik artikel anda. Gunakan kerativitas anda.

Tambahan = untuk judul, anda bisa memanfaatkan angka di dalamnya. Dari penelitian di sebutkan bahwa judul yang mengandung angka lebih mudah untuk mengundang klik.

Cara meditasi ini bisa merubah hidup anda 365% lebih baik.

 

Buat Blog Anda Secepat Mungkin.

Walaupun konten anda bagus, jika loading blog anda lelet. Kemungkinan besar orang akan lari.

Karena perlu anda ingat lagi, bahwa manusia itu pada dasarnya malas. Jadi kita juga malas mengunggu loading yang cepat.

Hal yang paling mendasari kecepatan loading sebuah website itu adalah yang pertama

 

Kode website dan file yang di load.

File disini bisa berupa gambar, atau pdf yang ada di halaman. Jika anda bukan programmer, anda bisa mencoba memilih tema-tema website yang tidak terlalu berat.

Dan jangan lupa install plugin image compressor. Sehingga image yang di load bisa lebih kecil ukuran filenya.

Hosting Website/ Blog Kita.

Ini juga merupakan faktor besar akan cepat tidaknya sebuah website.

Karena kecepatan internet dan hardisk yang di pakai pihak penyedia hosting yang kita gunakan menentukan kecepatan loading kita.

Oleh karena itu saya sarankan anda menggunakan hostinger. Karena selain dengan kecepatan servernya, kita bisa mendapatkan jasa provider hosting yang murah di hostinger.

Pelayanan customer servicenya juga tanggap, jadi kapanpun anda butuh bantuan mengenai masalah blog anda anda bisa bertanya pada CS disana.

Anda bisa lihat sendiri daftar harga hostingnya di gambar di bawah ini. Hanya dengan seharga nasi bungkus perbulan, anda bisa mendapatkan layanan hosting yang memadai untuk kebutuhan blog anda.

Harga paket web hosting Hostinger

https://www.hostinger.co.id/web-hosting

Jika anda ingin lebih cepat lagi anda bisa menggunakan pilihan web hosting premiumnya, dengan fitur optimasi wordpress 2x tentu akan membuat website anda super cepat.

Anda bisa langsung menuju website hostinger untuk mencoba langsung service yang mereka tawarkan.

Ok, sekian dulu tips dari saya mengenai cara sukses nge-blog. Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin saya sampaikan, akan tetapi mungkin saja hal itu malah akan membuat anda malas mem-praktekkannya.

Jadi yang terpenting saat ini adalah anda harus praktek segera sesaat setelah anda selesai membaca artikel ini.

 Catatan Tambahan

Teknik ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk blog saja, namun bisa di aplikasikan ke hampir semua jenis konten yang sedang anda kerjakan, bisa berupa vlog, atau postingan di fb, instagram dan lain sebagainya.

Sekali lagi, semoga bermanfaat..

Stay Aware, guys!

 

Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2018

Diskusikan Pikiranmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Cara Meditasi Ini Bisa Merubah Hidup Anda 365% Lebih Baik.

Pada artikel kali ini saya ingin membahas bagaimana cara meditasi yang bermanfaat dan terb…