The Teacher’s Diary: Jatuh Cinta Padahal Belum Pernah Bertemu?

Sinopsis The Teacher’s Diary

The Teacher’s Diary (2014) Merupakan film Thailand yang mengisahkan tentang 2 orang guru mengajar di daerah terpencil, dan tinggal diatas rumah sungai. Mendidik tanpa kenal lelah, berusaha semaksimal mungkin agar murid-muridnya mau sekolah.

Guru Song dan Ann yang mengajar di “Baan Gaeng Wittaya”, atau “Sekolah Rumah Kapal” dalam periode yang berbeda. Guru Ann seorang pengajar pertama di sekolah tersebut. Guru Ann melamar menjadi guru, kepala sekolah menerima dengan syarat dia harus menghapus tato di pergelangan tangan-nya. Karena guru adalah panutan anak didik. Guru Ann tetap bersikeras tidak mau menghapus tato nya dan akan membuktikan bahwa dia mampu. Sedangkan guru periode kedua, yaitu Guru Song yang melamar menjadi guru olahraga, namun tidak ada lagi lowongan dan akhirnya kepala sekolah juga mengirim ke sekolah yang sama setahun setelah kontrak guru Ann selesai.

Pada akhirnya guru Ann dikirim untuk mengajar anak-anak nelayan di ujung bendungan Mae Ping, dimana penduduknya bekerja sebagai nelayan, tinggal diatas sungai. Guru Ann bekerja keras mengajar dengan segala keterbatasanya, tidak ada listrik, dan tidak ada jaringan ponsel, dihantam badai dan sebagainya. Dia bersikeras memahamkan kepada 7 anak nelayannya pentingnya sekolah.

Begitu juga dengan guru Song, dia tidak terbiasa tinggal dengan keadaan serba terbatas, membuatnya mengalami kesulitan, tetapi pada akhirnya dia mampu bertahan, berkat cerita guru Ann yang ditulis dalam Diary-nya.  Sampai ke 7 anak nelayan tersebut lulus satu persatu. (Diceritakan ketujuh anak tersebut mempunyai tingkatan kelas yang berbeda, namun dajar dalam 1 kelas).

Awalnya guru Song sangat terkejut karena muridnya hanya empat anak. Akan tetapi, dari mereka Guru Song tahu bahwa pemilik buku harian tersebut bernama Ann. Song sangat penasaran dengan wajah Guru Ann sehingga hampir setiap hari dia membaca buku tersebut sebelum mengajar. Berkat buku harian itu Song menjadi mengerti cara yang tepat untuk mengajar keempat murid-muridnya tersebut. Tetapi, siapa sangka, terlalu sering membacadari buku harian tersebut, Guru Song mulai jatuh cinta dengan sosok Guru Ann. Wanita yang belum pernah ditemuinya.

Kecerdasan Buatan (AI) Berpotensi Menghancurkan Manusia?

Usai ujian semester keempat muridnya tiba, Guru Song menemui Kepala Sekolah Baan Gaeng Wittaya bermaksud menyerahkan hasil ujian mereka. Tetapi, sang kepala sekolah justru marah karena hasil ujian empat muridnya yang sangat buruk dan mengancam akan mencabut kontrak kerjanya. Guru Song ternyata tidak terima dan bertekad jika muridnya dapat melewati ujian semester depan dengan nilai yang bagus. Guru Song  ternyata juga bertanya mengenai keberadaan Ann.

Baca Juga  The Bling Ring: Obsesi Popularitas Remaja Yang Tidak Terkontrol

Akan tetapi Guru Song harus menelan kekecewaan karena Guru Ann akan segera menikah dengan Nui (Sukollawat Kanaros), kekasihnya. Guru Song sangat patah hati sampai memutuskan untuk menceburkan diri ke dalam air. Di lain sisi, hubungan Guru Ann dan Nui ternyata renggang karena Nui yang sangat posesif. Hal itu juga diperparah dengan pengakuan Nam, yaitu sahabat Guru Ann yang mengaku sedang mengandung anak Nui. Guru Ann sangat marah besar, Dia memutuskan keluar dari sekolah barunya dan kembali ke Sekolah Rumah Kapal. Setibanya di sana, Guru Ann kembali menemukan buku hariannya yang telah di isi curahan hati Guru Song. Dari situ Guru Ann tahu kalau ternyata ada seseorang yang hatinya hancur ketika dia bersama orang lain. Film ini ternyata cukup menarik karena menceritakan kisah cinta yang hanya berawal hanya dari benda, yaitu sebuah buku harian.

Baca Juga: 9 CARA MENJADI GURU YANG BAIK DAN PROFESSIONAL

Cara Anak-Anak Mengolah Kesedihan Dalam Film Sekala Niskala

Di Dalam cinta, terdiri dari tiga komponen yaitu intimacy, passion, dan juga  komitmen. Jika dilihat dari teori tersebut, cinta Guru Song kepada Guru Ann hanya terdiri dari dua komponen saja, yaitu intimacy dan passion.  Meskipun mereka tidak dekat secara fisik, tetapi buku harian atau Diary tersebut membuat Guru Song merasa lebih dekat dengan Guru Ann.

Maka, secara tidak langsung Guru Ann menjadi pendorong Guru Song untuk menjadi guru yang lebih baik lagi. Selain itu, meskipun tidak diceritakan secara langsung bahwa Guru Song ingin memiliki Guru Ann, tetapi Song tetap merasa patah hati saat mengetahui Guru Ann akan menikah.  Kategori cinta yang dimiliki Guru Song termasuk romantic love, karena terdiri dua komponen tersebut. Hubungan cinta mereka memang tidak terikat secara fisik, tetapi secara emosional.

 

Judul Film: Teacher’s Diary, Kid Teung Wittaya (dalam Bahasa Thai)

Director     : Thodsapol- Nithiwat Tharathorn

Sutradara   : Nithiwat Tharathorn

Naskah       : Suparuek Ningsanon, Nithiwat Tharathorn, Sopana Chaoviwatkol, Thodsapol Thiptinkorn

Baca Juga  Biografi Singkat "John Nash" Pengidap Skizofrenia Peraih Nobel

Produser   : Jira Maligool, Chenchonnanee Soonthonsaratul, Suwimol Techasupinan, Wanruedee pongsittasak

Pemeran   : Sukrit Wisetkaew  (Song), Chermarn Boonyasak  (Ann), Sukollawat Kanaros (Nuii), Chutima Theepanart (Gigi).

Distributor  : GTH

Rilis              : 20 Maret 2014

Durasi          : 01:45:16

Bahasa          : Thai

Genre            : Romance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kenali Bentuk Dan Ciri Agresivitas Pada Anak

Agresivitas pada anak dapat diketahui pada pola dan terhadap suatu obyek tertentu, orang t…