The Bling Ring: Obsesi Popularitas Remaja Yang Tidak Terkontrol

Saya tidak tahu apa yang mereka lakukan. Saya pikir, mereka itu temanku. Semua berawal dari pilihan buruk ketika memilih dengan siapa Anda akan berteman.”– Nikki (Emma Watson)

Masa remaja bisa dibilang merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak untuk menuju masa dewasa.  Banyak sekali perubahan yang terjadi, baik secara biologis, mental kognitif maupun sosial. Tidak mengherankan jika banyak remaja mengeksplor apa saja yang ada disekitar mereka untuk mencapai kematangan jati dirinya. Akan tetapi, bagaimana jika ternyata dalam pencarian identitas, remaja justru terjebak dengan tindakan kriminal?

Film, The Bling Ring bercerita tentang sekelompok remaja yang terdiri dari 5 orang, yaitu: Nikki (Emma Watson), Chloe (Craile Julien), Marc (Israel Broussard), Sam (Tarissa Farmiga) dan Rebecca (Katie Chang) yang rela melakukan tindakan apapun hanya demi agar diterima teman-teman sebayanya. Semua hal rela mereka lakukan. Mulai dari narkoba, seks bebas, merokok bahkan mencuri. Rebecca (Katie Chang) yang sangat mendominasi kelompok tersebut, memberi ide untuk menjarah rumah-rumah artis ternama yang sedang kosong.

Marc (Israel Broussard) sebagai teman baru mereka, awalnya begitu ketakutan dengan aksi mereka, tetapi ketakutan tersebut berubah menjadi suatu kesenangan yang pada akhirnya dilakukan berulang dan menjadi salah satu tantangan yang tak biasa bagi mereka dengan tujuan mendapatkan hanya, uang, perhiasan dan pakaian untuk mengenakannya, sampai-sampai meng-upload barang curian tersebut di media sosial seperti di Facebook.

Keseluruhan film ini memberi pesan untuk menggapai mimpi bukanlah dengan menghalalkan segala cara melainkakan dengan cara yang semestinya. Film yang menunjukkan sekelompok remaja terobsesi dengan fashion, ketenaran dan kehidupan glamour, yang membobol rumah selebriti di Los Angeles. Mereka menjadi selebriti yang ditargetkan melalui keberadaan online, saat mereka mencuri harta benda, desainer pakaian dan mencuri lebih dari 3 juta barang mewah dari rumah selebriti Hollywood.

Mereka dikenal dimedia sebagai “The Bling Ring”. Apa yang dimulai sebagai hal yang menyenangkan berputar di luar kendali, membuat mereka sulit untuk menolak. Dalam “The Bling Ring” membuat dunia remaja saat ini, dimana kenaifan dan kegembiraan mereka terobsesi oleh budaya modern selebriti dan merek mewah saat ini sehingga mereka menlakukan berbagai macam cara untuk memenuhi obsesi mereka .

Yakin ingatanmu Asli ?

Selebriti yang menjadi sebuah daya tarik dari cara hidup nya serta gaya berpakaiannya, membuat mereka menjadi contoh dalam kehidupan remaja sehari harinya. Bahkan sampai terobsesi sehingga para remaja secara serta merta meniru apa yang mereka lihat. Dan tak sedikit yang memenuhi hasratnya tersebut dengan bebagai macam cara sampai bisa melakukan pelanggaran norma norma yang berlaku.

Baca Juga  Bromance Beda Dengan Homo, Kenali 10 Fakta Positif Bromance

Baca Juga: Teori-Teori Psikologis Pada Film The Blind Side

Obsessive Compulsive Disorder Pada Tokoh Howard Hughes Dalam Film “The Aviator” “

Cara Anak-Anak Mengolah Kesedihan Dalam Film Sekala Niskala

The Teacher’s Diary: Jatuh Cinta Padahal Belum Pernah Bertemu?

Mereka Melakukan Karena Popularitas, Bukan Karna Tidak Mampu

Pola asuh orang tua juga disoroti dan menjadi poin penting dalam film ini.  Lihat saja apa yang terjadi dalam keluarga Nikki (Emma). Selama ini orang tua Nikki (Emma) sudah berupaya menanamkan nilai-nilai spritualdan attitude pada anak-anaknya. Tidak hanya itu, mereka juga memperhatikan perkembangan karakter dan attitude anaknya dengan baik. Terdapat beberapa hal yang tidak juga, orang tua Nikki ternyata sering memberikan sebuah suplemen yang diminum tiap hari oleh Nikki. Suplemen tersebut adalah Adderall, merupakan pil yang digunakan untuk seseorang pengidap ADHD dalam mengontrol aktivitas dan meningkatkan atensi orang. Padahal,  anak-anaknya atau Nikki sendiri bukanlah seorang ADHD.  Bisa dibayangkan bagaimana efeknya untuk Nikki kan?

Merupakan Kisah Nyata Kehidupan Remaja

Faktanya, The Bling Ring adalah film yang diadaptasi dari kisah nyata. Film yang digarap oleh Sofia Coppola ini  tidak hanya rilis untuk memberi gambaran dunia remaja dan masa pencarian jati dirinya, tetapi juga dapat menyoroti fenomena yang benar-benar terjadi. The Bling Ring benar-benar merupakan sebuah gang remaja di Amerika Serikat. Kabarnya, beberapa dari mereka pernah melakukan pencurian pada beberapa rumah selebriti yang ada di Hollywood  dan pernah masuk penjara selama 1 tahun.

Egosentrisme dalam diri remaja merupakan fenomena yang dapat mewakili konflik dalam film ini.  Ini merupakan sebuah fase dimana perhatian dari lingkungan adalah hal yang dianggap sangat penting. Masa-masa remaja begitu menginginkan perhatian publik. Selain itu, remaja selalu dikaitkan dengan bersikap egosentris dengan menganggap dirinya paling baik. Mendapat perhatian, kesenangan hidup, dan popularitas diantara teman-teman sebaya merupakan hal yang memang menjadi keinginan mereka.

Fenomena yang terjadi dalam film ini seolah mengajak kita untuk memahami dunia remaja lebih dalam. Tidak pernah mudah untuk menjadi remaja. Akan ada banyak perubahan, pertanyaan, sekaligus tuntutan lingkungan dan pertemanan dalam masa transisi ini. Menurut sebuah penelitian, terdapat standar yang berlaku dalam pergaulan remaja. Standar tersebut dinilai penting bagi para remaja dalam menjaga eksistensi pergaulan. Fase remaja bisa dikatakan sebagai titik kritis yang menuntut perhatian dan bimbingan penuh dari orang-orang sekitar, terutama orang tua.  Tentu saja, kepedulian dan kasih sayang sangat diperlukan agar remaja lebih bijak dan berhati-hati dalam bertindak. Terkadang musuh utama remaja adalah ego mereka sendiri. Jadi, jangan pernah lelah untuk belajar  mengontrol ego dan emosi ya!

Baca Juga  Curhat Dan Sandiwara Para Pengguna Medsos

 

Informasi Film

Judul                      : The Bling Ring

Genre                     : Crime, Drama

Sutradara             : Sofia Coppola

Produser               : Sofia Coppola

Aktor                      : Emma Watson, Craile Julien, Israel, Tarissa Farmi, Katie Chang

Rilis                         : 21 Juni 2013

Bahasa                   : Inggris

Durasi                     : 90 menit

 

Sumber: The Bling Ring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Curhat Dan Sandiwara Para Pengguna Medsos

Curhat di media sosial  sering kali di jadikan tempat pilihan oleh sebagian besar masyarak…