Tempramen Bukan Pemarah, 10 Fakta Yang Mengubah Persepsimu

Umumnya orang menilai sikap tempramen adalah suatu kebiasaan yang memiliki kecenderungan keras, mudah marah, mudah emosi, dan tidak melihat situasi yang ada, seringnya orang tersebut sensitif.

Ternyata istilah tempramen tidak sesederhana itu, yuk kenali fakta-fakta tentang tempramen berikut ini:

1. Temperamental adalah sikap seseorang atau sesuatu yang rentan terhadap perubahan seketika, dan dapat bereaksi secara liar.

2. Temperamen seseorang membuat ia ramah, atau murung introver, temperamen mendorong sebagaian orang menyukai seni dan music, sementara yang lain menyukai olah raga atau industri. Anak-anak yang lahir dari orang tua yang sama mungkin mempunyai temperamen yang berbeda sama sekali.

3. Temperamen bukanlah satu-satunya hal yang mempengaruhi perilaku kita, keluarga, pendidikan, jenis kelamin, dan motivasi juga besar pengaruhnnya terhadap tindakan-tindakan di sepanjang hidup kita.

Yakin ingatanmu Asli ?

4. Temperamen mendominasi hidup kita tidak hanya karena ia mempengaruhi kita pada awalnya, tetapi sebagaimana struktur tubuh, warna mata dan ciri fisik lainnya,

5. Temperamen juga bersifat menetap dalam kehidupan seseorang. Seorang ekstrover dia mungkin bisa mengurangi sifat ekstrovernya, tetapi dia akan selalu merupakan seorang yang ramah. Demikian juga, meskipun seorang introver dapat hilang sifat pemalunya dan bertindak lebih agresif, dia tidak akan pernah berubah menjadi ekstrover.

6. Temperamen menjadi garis pedoman perilaku setiap orang, pola-pola yang akan mempengaruhi seseorang sepanjang hidupnya. Pada satu sisi adalah kekuatannya, dan disisi lain adalah kelemahannya.

7. Kepribadian yang temperamental atau orang yang mempunyai perilaku tempramanetal adalah sebuah kepribadian yang sama sekali berbeda dengan orang yang emosional atau pemarah

8. Kepribadian yang temperamental juga bukan kepribadaian yang sensitif. Dan bagi setiap kepribadian ciri-ciri tertentu dan sisi-sisi tertentu yang membedakanya dengan kepribadian yang lain.

9. Kepribadian yang temperamental adalah kepribadian yang ketika kita berinteraksi denganya kita harus bersikap hati-hati. Orang  dalam realitasnya, tempramen dapat dikategorikan sebagai sebuah ungkapan perasaan.

10. Orang yang mempunyai sifat temperamental tentu saja mempunyai jiwa yang sensitive, tetapi orang yang sensitive tidak selalu temperamental. Hal ini menegaskan adanya perbedaan kedua sifat tersebut.

Baca Juga  Menjaga Kesehatan Jiwa Kamu Dengan 10 Tips Berikut

Baca Juga:

temprament puppy

Tempramen mengacu di posisi yang berkait erat dengan determinan biologic atau fisiologik. Jadi, pewarisan watak memainkan peran penting dalam tempramen, sebagai bahan baku bersama-sama kecerdasan dan fisik membentuk kepribadian.

Dilihat dari pemaparan yang telah ada, temperamental tentu saja mempunyai jiwa yang sensitif, tetapi orang yang sensitif tidak selalu temperamental. Misalkan saja kita mengajarkan mandiri dalam belajar pekerjaan rumah pada anak-anak yang umurnya sekitar 17 tahun terkadang ada yang mudah dan ada juga yang susah.

Seperti halnya kasus ini terjadi di salah satu keluarga yang mempunyai seorang anak tempramental, sebut saja nama anak itu Abdul Rohman. Dia merupakan anak kedua dari pasangan suami istri bapak Romli dan ibu Aminah, anak ini sekarang berumur kurang lebih 17 tahun dan dia posisinya sebagai anak kedua mempunyai keinginan, yakni ingin dibelikan motor vixion.

Abdul sangat iri terhadap kakak pertamanya shofiyah yang menurutnya segala sesuatu yang kakanya inginkan pasti orang tuanya mengabulkan dan kenapa orang tuanya tidak membelikan motor Abdul alasanya yakni, orang tua takut apabila Abdul sering keluar karena hal tersebut, maka  orang tua tidak membelikanya motor meskipun orang tuanya mampu untuk membelikanya motor.

Secara fisik Abdul memang anak yang mengalami pertumbuhan yang baik, memiliki badan yang sehat dan tidak mempunyai kekurangan fisik apapun. Secara psikis dia merupakan anak yang kecenderungan keras, mudah marah, mudah emosi, dan tidak melihat situasi yang ada.

Kedua orang tuanya sangat membedakanya dengan Shofiyah anak pertama mereka, akibatnya dari perlakuan orang tuanya itu Abdul menjadi anak yang tempramen. Perilaku yang seperti ini apabila dibiarkan ada kemungkinan tidak hanya bisa merugikan pada dirinya, berikut orang tuanya pun akan terbawa oleh akibatnya.

 

Sumber: Hubungan Pola Asuh Orang Tau Terhadap Perkembangan Anak

Apa Pendapatmu?

Check Also

Menjaga Kesehatan Jiwa Kamu Dengan 10 Tips Berikut

Kesehatan jiwa sama berharganya dengan kesehatan fisik, karena itu keduanya harus dijaga. …