Simpati Adalah? Makna Dan Perbedaannya Dengan Empati

Simpati adalah salah satu jenis provider yang ada di Indonesia ….hehe. Bukan donk… yang dimaksud simpati umumnya dianalogikan sebagai perasaan kasihan kepada orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut.

Pengertian Simpati

Apa sih yang dimaksud dengan simpati itu? Ok, secara umum orang kita ya, pengertian dari simpati adalah suatu perasaan peduli atau perhatian kepada orang lain yang disertai dengan adanya keterlibatan pribadi satu sama lain yang cukup dalam.

Pendapat lain juga mengatakan makna dari simpati adalah merupakan proses jiwa dimana individu merasakan ketertarikan kepada orang lain, baik seseorang ataupun sekelompok orang yang disebabkan oleh sikap, penampilan, ,kewibawaan atau tindakan yang sedemikian rupa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simpati adalah rasa kasih, rasa setuju, rasa suka, keikutsertaan merasakan perasaan (senang, susah, dan sebagainya) kepada orang lain. Hal ini umumnya dapat dilihat dari berbagai ciri-ciri orang yang bersimpati, misalnya saja langsung peduli terhadap kesusahan orang lain dan juga memberikan perhatian lebih kepada orang lain.

simpati adalah

Pada prosesnya, simpati juga selalu melibatkan pikiran dan perasaan manusia. Tetapi, beda dengan empati, simpati tidak melibatkan pandangan atau emosi pada orang lain sehingga orang yang ber- simpati tidak akan dapat menempatkan diri mereka pada posisi orang lain.

Baca Juga:

Perbedaan Simpati dengan Empati Adalah

Simpati dan empati bisa saja saling berjalan bersamaan, namun tidak selalu. Seseorang bisa bersimpati pada orang lain, namun tidak secara tegas berempati dengan mereka.

Di bawah ini merupakan perbedaan antara simpati dan juga empati, antara lain:

  1. Simpati tidak sedalam empati dalam hal perasaan. Pada kasus nya, simpati hanya pada level bisa merasakan kasihan ataupun iba kepada orang lain, sedangkan untuk empati bisa merasakan yang dialami oleh orang lain tersebut. Sehingga akan timbul keinginan dan juga usaha untuk dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan orang lain.
  2. Empati adalah sikap untuk dapat memahami perasaan orang lain secara mendalam, sedangkan simpati merupakan suatu respon atau bentuk dukungan. Tanggapan masalah pada bentuk simpati tidak akan sampai pada tahap menyelesaikan masalah, sedangkan untuk empati bisa membuat seseorang memahami orang lain dan juga mau serta ikut berusaha untuk membantu memecahkan masalah.
  3. Simpati akibat intervensi faktor persamaan, sedangkan empati lebih pada faktor perbedaan. Secara umum persamaan nasib membuat individu merasa ingin bersimpati kepada orang lain, sedangkan untuk empati tetap akan timbul meski mereka (orang yang ber empati) tidak mengalami dan merasakan hal yang sama dengan orang lain.
  4. Simpati sifatnya spontanitas, empati lebih melibatkan faktor afektif dan kognitif. Tanggapan dan respon simpati seringkali muncul secara spontanitas saat melihat maupun mendengar berbagai kabar, sedangkan untuk empati akan terjadi proses yang melibatkan kognitif dan juga afektif, dimana individu tersebut turut berusaha menyelesaikan permasalahan orang lain.
Baca Juga  Intuisi Adalah : Pengertian Lengkap dan Cara Mempertajam Insting Anda

Bentuk- Bentuk Simpati

simpati cat

Ada banyak sekali contoh dan bentuk simpati individu terhadap orang lain dalam lingkungan dan kehidupan masyarakat. Beberapa contoh nyata bentuk simpati yang seringkali kita temui dalam kehidupan dan interaksi sosial antara lain:

  • Memberi ucapan selamat kepada orang lain yang telah berhasil menyelesaikan tugas dan tanggungjwabnya.
  • Memberi ucapan selamat kepada tamu yang turut hadir dalam sebuah pernikahan kerabat maupun keluarga.
  • Memberi ucapan duka cita dan berbela sungkawa kepada orang lain yang telah kehilangan orang yang dicintainya .
  • Memberi bantuan secara sukarela kepada masyarakat yang terkena musibah, bencana alam, baik di lingkungannya, di luar lingkungannya tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama.
  • Membagikan dan memberitahukan ke khalayak umum berbagai informasi yang berharga kepada orang lain melalui media sosial.
  • Ikut serta dan turut menjaga keamanan dan juga kenyamanan berbagai kegiatan keagamaan, baik yang dalam lingkup agamanya ataupun yang berbeda agama.

Well, dan masih banyak sekali contoh-contoh sikap simpati individu kepada orang lain, baik secara individu ataupun komunitas dan golongan orang. Sikap serta tindakan ber- simpati kepada orang lain adalah bentuk perasaan peduli terhadap sesama, baik itu hanya untuk orang terdekat maupun orang lain yang sama sekali tidak dikenal. Umumnya sikap simpati tersebut juga bisa disertai dengan keinginan agar orang lain dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Itulah penjelasan tentang makna dari simpati, bentuk simpati, dan juga perbedaan simpati dengan empati. Semoga artikel ini  dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian.

 

Sumber : Sympathy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Empati Adalah? Makna Dan Berbagai Bentuknya

Empati adalah suatu perasaan yang hampir mirip dengan simpati, namun beda. Kira-kira apasi…