Self-Healing: 5 Cara Penyembuhan Diri Sendiri Yang Bisa Kalian Terapkan

Faktanya kalian ternya bisa menjadi dokter untuk diri kalian sendiri melalui teknik self-healing. Tentunya metode self healing ini diawali dengan pemahaman mengenai manajemen makan, relaksasi atau istirahat, dan mengatur juga penapasan.

Namun patut Kalian ketahui bahwa semua proses ini tidak selalu berlangsung instan.

1. Utamakan istirahat dan relaksasi

Menurut studi saat tubuh terasa tidak sehat dan mulai lelah, itu artinya ada sesuatu yang salah pada tubuh kalian.

Jika kalian sudah mulai terasa tak enak badan, itu adalah peringatan bagi kalian untuk berisitirahat.  Sayangnya, meski kalian sudah menyadari bahwa kondisi tubuh kalian sedang tidak fit, kalian kerap membiarkan diri kalian lembur sampai pukul 11 malam, lalu kalian melanjutkan menonton film dan drama korea hingga jam dua pagi dengan alasan insomnia.

Sementara itu pada pukul enam pagi Kalian sudah harus bangun dan kembali pergi bekerja. Tanpa disadari tubuh dipaksa untuk terus bekerja padahal secara fisik kalian sudah sangat kelelahan.

Trik membaca masa depan

Setelah tubuh seharian bekerja, tidur adalah cara yang paling tepat untuk mengembalikan stamina kalian.  Seorang ahli yoga membenarkan dan memberikan tips agar kualitas tidur kalian tetap bisa terjaga dengan baik.

Bila sebelum tidur kalian memikirkan tugas-tugas yang harus dikerjakan esok hari, maka meski waktu tidur cukup namun kalian akan bangun dengan perasaan lelah.

Sebaiknya, pikirkanlah hal-hal kecil yang terjadi di hari tersebut dan membuat kalian bersyukur agar keesokan harinya kalian merasa lebih segar.

Baca Juga: TERNYATA Tubuh Akan Mengalami 5 Hal Ini Saat Patah Hati!! Bagaimana Cara Menyembuhkan??

Memahami “Quarter Life Crisis” Krisis di Usia 20-an Dalam Hidup Anda

Self Hipnosis : Cara mudah memprogram ulang pikiran bawah sadar Anda

10 Tips Menjaga Kesehatan Mental

2. Pola Makan

Hidup di zaman serba cepat seperti dewasa ini kadang membuat kalian sudah tak lagi memerhatikan gizi makanan yang kalian santap. Padahal, apa yang kalian makan akan menunjukkan kondisi tubuh Anda sendiri.

Ingatlah dengan pepatah dari bapak Hippocrates, “Let food be your medicine and medicine be your food.” Itulah sebabnya jika kalian sakit,saya menyarankan agar kalian memerhatikan makanan apa yang akan dikonsumsi namun tetap jangan sampai kekurangan kalori untuk mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga  Gangguan Psikomatis: Gejala, Penyebab dan Cara Pencegahan

Hindari makanan yang bisa memicu tubuh kalian menjadi lebih lemah, seperti makanan pedas, asam, dan makanan yang mengandung banyak gula.

3. Latihan pernapasan

Terkadang kalian juga seringkali lupa bernapas dengan benar sehingga peredaran oksigen dalam tubuh kalian kurang lancar.

Ditambah lagi jika kalian lebih banyak beraktivitas dalam ruangan dengan AC, maka udara yang dihirup pun kurang segar. Itulah sebabnya jika kalian bekerja di dalam gedung dengan pendingin udara, sebaiknya pada saat makan siang kalian menyempatkan diri sejenak untuk keluar dari ruangan dan menghirup udara segar.

Berlatih pernapasan juga baik jika kalian merasa sakit kepala karena terlalu lelah bekerja, terlalu lama menatap layar komputer, atau pun kalian lelah karena kurang tidur.

Sakit kepala pada dasarnya di ibaratkan sama seperti lampu merah yang menyala pada dashboard mobil kalian. Itu artinya sebuah peringatan bahwa ada masalah pada ‘mesin’ tubuh kalian.

Saat kepala kalian penat, mulailah berlatih untuk bernapas dalam karena sangat membantu untuk melepaskan tekanan dalam otak. Bernapaslah lebih dalam untuk berterima kasih pada tubuh kalian sendiri.

4. Lupakan Masa Lalu 

Tentunya setiap orang di dunia ini mepunyai kisah masa lalunya masing-masing. Tidak sedikit pula dari mereka yang memiliki masa lalu yang kelam hingga membuat masa sekarang mereka tidak tenang.

Namun tetap, kalian tidak bisa mengubah peristiwa yang telah terjadi. Sebagai manusia, yang bisa kalian lakukan hanyalah mengubah respon kalian terhadap masa lalu itu. Untuk itu, jadikanlah masa lalu kalian sebagai guru yang mendewasakan.

Masa lalu yang hadir di masa kini bukan untuk terus disesali, tapi tunjuannya untuk dimaknai. Memaknai kembali pengalaman masa lalu dengan respon yang positif dan memafkannya justru akan sangat membantu penyembuhan hati kalian.

5. Be Grateful

Setelah kalian melakukan tempat cara tadii, kini saatnya kalian bersyukur karena telah dikaruniai tubuh dengan segala kemampuannya.

Untuk itu, Saya akan memberi sebuah langkah mudah yang dapat kalian lakukan sendiri. kalian pasti merasakan betapa nyamannya saat dipeluk oleh orang lain.

Kini cobalah sesekali memeluk diri sendiri sebagai bentuk penghargaan pada tubuh kalian. Caranya, duduklah di lantai, di kasur atau di sofa, lalu tekuk kedua kaki, dan dekaplah paha dan kaki kalian dengan erat. Pejamkan mata dan nikmati pelukan ini selama satu menit.

Baca Juga  Bipolar Disorder, Gangguan Mental Yang Wajib Anda Tahu

Cobalah sekarang!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bipolar Disorder, Gangguan Mental Yang Wajib Anda Tahu

1. Pengertian Bipolar Gangguan bipolar adalah jenis penyakit dalam keilmuan psikologi, dal…