Self Awareness, Pengertian Dan Manfaatnya Untuk Manusia

Self awareness adalah hal utama yang harus kalian kembangkan jika kalian ingin hidup kalian lebih bermakna. Kesadaran diri adalah sikap yang berupaya memerhatikan pikiran, perilaku, perasaan dan dampaknya terhadap orang lain. Saat kalian memiliki hal tersebut dan menjadikannya habit dalam keseharian, kalian berpotensi mengelola hal besar dan dipercayai dengan tanggungjawab penting. Lebih detailnya yuk pahami Self awareness di bawah ini

A. Pengertian Self Awareness

Self Awareness adalah mengerti dan memahami siapa diri kita yang sebenarnya, bagaimana menjadi diri sendiri, potensi apa yang kita miliki, gaya apa yang dimiliki, apa langkah- langkah yang harus diambil, apa yang dirasakan, nilai-nilai apa yang diyakini, dan kearah menuju kearah mana perkembangan yang dirasakan.

Self Awareness merupakan keadaan dimana seseorang dapat memahami dirinya sendiri dengan benar adanya. Seseorang yang memiliki kesadaran diri haruslah memahami mood dan emosi yang sedang dirasakannya, bersifat kritis terhadap informasi mengenai dirinya sendiri, dan sadar tentang dirinya secara nyata. Self Awareness merupakan kecerdasan emosional dan orang yang memiliki kemampuan ini berarti dapat mengenali emosinya sendiri.

Self Awareness adalah kesadaran dimana seseorang menyadari bahwa dirinya berbeda dengan orang yang berada disekitarnya. Istilah psikologi bahwa Self Awareness diawali dengan melihat terminology istilah pribadi yang berarti, sendiri atau mandiri. Dari sana didapatkan pengertian dari kesadaran diri adalah dengan akal budi yang dimiliki, manusia mengetahui apa yang akan dilakukan dan mengapa melakukannya.

Dapat disimpulkan bahwa Self Awareness adalah kemampuan untuk mengakui atau mengenal perasaan diri ataupun keadaan dimana seseorang bisa memahami dirinya sendiri dan juga merupakan syarat agar kita dapat bekerja dengan orang lain secara efektif.

Yakin ingatanmu Asli ?

Baca Juga:

B. Jenis-jenis Self Awareness

Self Awareness terdiri dari dua jenis yaitu:

1. Kesadaran diri pribadi

Berfokus pada aspek yang relative pada diri seperti mood, persepsi dan perasaan. Orang yang memiliki kesadaran jenis ini yang dominan akan lebih cepat memproses informasi yang mengacu pada dirinya dan memiliki gambaran tentang diri sendiri yang lebih konsisten.

Baca Juga  Ekstrovert adalah? 4 Sifat Rahasia Yang Dimiliki

2. Kesadaran diri publik

Perhatian diarahkan pada aspek tentang diri yang tampak atau kelihatan pada orang lain seperti penampilan dan tindakan social. Orang yang memiliki kesadaran publik yang tinggi akan cenderung menaruh perhatian pada identitas sosialnya dan reaksiorang lain pada dirinya.

C. Manfaat Self Awareness Bagi Manusia

Self awareness juga penting dibangun dalam segala kehidupan. Meski kalian hanya berada di rumah dan memiliki posisi sebagai ibu rumah tangga, sikap ini perlu kalian tumbuhkan. Apalagi untuk seseorang yang punya pekerjaan di luar rumah dan berhubungan dengan banyak relasi. Sikap ini sangat dibutuhkan agar keberlangsungan bekerja yang penuh dinamika dapat dihadapi dengan kepala dingin.

Nah, apa saja manfaat lain yang kalian dapatkan jika memiliki sikap kesadaran diri yang tinggi? Mari, simak bahasan berikut!

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Seseorang dengan tingkat self awareness yang tinggi tidak akan mudah minder hampir dalam situasi apapun. Kalian punya rasa percaya diri setiap saat. Hal ini dipengaruhi oleh pertimbangan yang matang saat akan berbicara, bersikap atau mengungkapkan pendapat. Selain itu, tujuan yang jelas juga ikut terlibat.

Singkatnya, kalian punya tujuan dan alasan yang kuat untuk mengeluarkan pikiran tertentu lalu ingin diketahui oleh orang lain dengan cara menyampaikannya langsung dengan hati-hati karena ada dampak yang sudah diperhitungkan. Tidak ada yang salah saat kalian bertindak sebab semuanya sudah dipertimbangkan. Itulah hal yang membuat seseorang percaya diri dan memiliki kesadaran diri.

2. Mampu Berkomunikasi Secara Efektif

Hal ini juga dipengaruhi dengan tingkat percaya diri yang ada. Semakin besar rasa percaya dirinya, semakin besar pula efektivitas komunikasinya dengan orang dari berbagai kalangan.

3. Tidak Gampang Sakit Hati

Orang yang memiliki kesadaran diri tinggi juga tidak mudah tersinggung dan sakit hati jika ada yang memberi saran dan masukan. Sebab, dia sendiri menyadari bahwa ada kekurangan dari dalam dirinya yang layak untuk diperbaiki dan ketika ada orang lain melihat dan menyatakan demikian membuat dia bersyukur dan berterima kasih.

Self awareness dapat meningkatkan kreativitas seseorang dari berbagai faktor. Kesadaran diri membuat seseorang mampu menerima saran, masukan dan kritik dengan baik. Hal-hal tersebut justru memacunya melakukan perubahan. Proses kreativitas akan mengiringi usaha perbaikannya dari hari ke hari. Misalnya, dalam bekerja, dia mendapat kritik berupa kinerja yang tidak memuaskan. Maka, dia akan berupaya bekerja dengan eksplorasi mendalam agar hasilnya membuat pihak lain merasa diuntungkan.

5. Sukses Dalam Berkarir

Kesadaran diri juga dapat menjadi faktor penentu kesuksesan karir seseorang. Sebab, dengan sikap demikian, mereka tidak bertahan dalam persepsi pribadi yang kadangkala menyesatkan.

Pandangan dan persepsi orang lain akan jauh lebih baik digunakan sebagai indikator perbaikan diri disertai relevansi. Itu sebabnya, mengapa orang yang mau belajar dan mudah diarahkan menjadikannya lebih sukses dalam bidang masing-masing.

 

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Compulsive Buying: Gangguan Kepribadian Gila Belanja

Belanja adalah suatu kegiatan yang lumrah dilakukan, namun menjadi sangat fenomenal ketika…