Mengenal Lebih Dalam Sisi Positif Dan Negatif Orang Sarkastik

Sarkastik adalah pengungkapan atau sindiran yang tajam terhadap sesuatu hal. Umumnya diarahkan kepada seseorang karena emosi yang sedang dialaminya. Tujuan dari sarkastik sendiri adalah untuk menyakiti hati seseorang. Orang sarkastik umumnya dibenci banyak orang karena gaya dalam mengungkapkan baik verbal maupun non verbal bisa saja mengarah ke banyak orang. Sehingga kebanyakan orang akan menjauhi seseorang yang mempunyai sifat sarkatik. Ciri-ciri umum dari orang sarkas biasanya suka ceplas-ceplos atau spontan sehingga ada banyak yang merasa tersindir oleh dia.

Berasal dari bahasa yunani dari kata “sarkazein” yang secara literatur artinya “menyobek”. Sindiran yang sangat pedas terkadang membuat dia dibenci banyak orang, meskipun dia sebenarnya tidak bermaksud menyindir. Ceplas-ceplos ala orang-orang sarkastik merupakan kemampuan pengungkapan emosional yang tidak dapat terkontrol. Faktanya di dalam kejengkelannya  menghadapi orang sarkastik, dia bisa dikatakan manusia yang cerdas.

sarkastik

Orang sarkastik termasuk tipe orang yang mudah bosan pada rutinitas, selalu saja diliputi pertanyaan demi pertanyaan bahkan disaat dia akan tidur dan berlangsung sampai larut malam. Dia seringkali bertanya kepada orang lain, dia bahkan bertanya pada diri sendiri di saat kesepian. Orang sarkastik tidak suka meluapkan emosi marah begitu saja, mereka cenderung memarahi diri mereka sendiri, mereka juga lebih suka membaca sebagai hobi, susah sekali fokus dan sering lupa, mereka suka menganggap dirinya bodoh.

Baca Juga: Proyeksi: Mekanisme Pertahanan Diri Manusia Dengan Kambing Hitam

Cara Meningkatan Serotonin, Hormon Mengurangi Stres Dan Depresi

Yakin ingatanmu Asli ?

1. Sisi Positif Orang Sarkastik Adalah?

sarkastik adalah

Secara umum orang sarkatis mempunyai sisi positif, antara lain;

  1. Orang sarkastik umumnya lebih kreatif dan cerdas. Orang sarkastik cenderung mengekspresikan dirinya dengan sangat jujur dan natural. Mereka mempunyai kemampuan untuk mencari solusi dan kreatif, namun biasanya akan menimbulkan banyak konflik.
  2. Pembicara, Pendengar dan Pemerhati yang Baik. Tingkat kepekaan orang sarkastik lebih detail terhadap apa yang terjadi disekitarnya. Dia selalu berfikir dan dan berusaha mengumpulkan semua yang dia dengar dan diperhatikan untuk bahan-bahan sindiran.
  3. Memiliki kemampuan memprediksi yang baik. Seorang sarkastik mempunyai kemampuan untuk membaca pikiran orang lain. Pemahaman tentang alasan pemikiran dan perasaan berkaitan dengan kemampuan kita seperti mengerti sarkastik. Salah satu contoh, jika kamu berbohong pada mereka, akan sangat sulit karena orang sarkastik mengerti gerak-gerik dan bahasa non verbal kamu saat berbohong ketimbang orang lain pada umumnya.
  4. Pemecahan masalah yang baik. Memiliki teman atau pacar yang sarkastik seringkali membuat jengkel, tetapi mereka sangat mumpuni dalam memecahkan masalah. Mereka dapat membantu memecahkan masalah dengan mengedepankan rasionalitas dan nilai akurasi yang tepat.
  5. Tidak mudah tersinggung karena sering juga melakukannya pada orang lain. Orang yang sarkastik adalah orang yang cukup cerdas untuk membedakan mana itu satire, ejekan atau guyonan. Mereka tidak dapat menelan langsung sebuah guyonan sebagai ejekan.
  6. Orang sarkastik terkenal memiliki mulut setajam pedang. Jika kalian punya teman sarkastik kalian harus punya hati yang lapang untuk menerima sindiriannya. Karena mereka bisa membuat sindiran seolah guyonan, yang membuat temannya terpingkal-pingkal. Tetapi hal tersebut tetap sebuah sindiran.
  7. Sahabat sejati. Karena ketajaman ppemikirannya, dia bisa membedakan mana yang tulus berteman mana yang tidak. Meskipun seringkali tergolong orang yang menyebalkan, mereka dapat membedakan mana teman yang benar-benar bisa menyayangi mereka. Karena ketajaman pikirannya, mereka dapat membedakan mana yang tulus berteman mana yang tidak.
Baca Juga  Punya Sahabat Broken Home? WAJIB BACA!!

2. Sisi Negatif Orang Sarkastik Adalah?

Kepuasan orang yang memiliki sifat Sarkastik adalah saat dia merasa bahwa candaannya sudah mengenai sasaran atau sudah berhasil menjatuhkan atau mengecilkan mental seseorang dan dia sudah mendapatkan kemenangan.

Sarcasm atau Sarkasme atau sarkastik adalah satu karakter dimana seseorang memiliki gaya bahasa yang penuh dengan sindiran atau kata-kata kasar sebagai cara mengungkapkan ekspresi candaanya.Hal ini seringkali dapat melukai perasaan seseorang. Berikut ini adalah sisi negatif orang sarkastik, antara lain:

a. Sulit Mendapat Teman Akrab

Sarcasm atau Sarkasme atau Sarkastik adalah tingkat terrendah dari semua jenis candaan dan patut diketahui bahwa saat seseorang memiliki karakter Sarkastik, hal terindah apapun yang dimilikinya akan pupus dan tertutup oleh karakter Sarkasmenya di mata orang lain.

Kebanyakan orang-orang Sarkastik ini sadar jika kata-kata yang diucapkannya menyinggung bahkan sering menyakiti perasaan orang lain. Setiap lelucon yang dikatakannya selalu memiliki tujuan dan diarahkan pada seseorang. Yang menjadi sulit adalah karena bentuk yang dikemas oleh orang sarkastik adalah sebuah candaan atau lelucon, seringnya si korban malah merasa tersinggung beberapa saat kemudian atau tidak langsung pada saat kejadian. Alhasil mereka lebih banyak dijauhi oleh lingkungan.

b. Sombong

Jarang sekali ditemukan, seorang yang memiliki sifat atau karakter Sarkastik adalah orang-orang yang rendah diri. Biasanya, mereka memiliki sifat sombong dan tidak mau kalah atau seorang yang keras kepala. Bahkan seorang yang sangat pendiam pun juga bisa memiliki karakter Sarkastik. Tetapi, tidak menutup kemungkinan, saat kita beritahu bahwa candaan atau omongan mereka menyinggung perasaan orang lain, sebagian dari mereka akan langsung minta maaf dan berhati-hati dan sebagian dari mereka akan bahkan mungkin menyangkal dan merasa di serang.

c. Suka Menjatuhkan Mental Orang Lain

Disadari atau tidak oleh orang yang sarkastik, kepuasan mereka yang memiliki sifat atau karakter sarkastik ini adalah saat mereka berhasil menjatuhkan mental lawan bicara, bahkan pada orang yang mereka cintai sekalipun. Hanya untuk sebuah kesenangan yang kemudian mereka lupakan pada detik berikutnya.

Baca Juga  Mengenal Postpartum Depression, Depresi Pasca Melahirkan

Orang normal mana ada yang akan tahan berkomunikasi dengan orang-orang Sarkastik? Lucunya, saat orang Sarkastik ini memperlihatkan ketertarikkannya pada seseorang, maka sifat Sarkastiknya seolah olah akan hilang. Selama dia belum mendapatkan sasarannya, sifat Sarkastiknya dia samarkan dan akan mulai terlihat ketika si sasaran sudah menjadi korban.

Tidak gampang memang untuk berhubungan dengan orang yang memiliki sifat atau karakter Sarkastik ini, terutama jika mereka adalah kaum pria. Meskipun ini sering diakukan sebagai sebuah candaan dan sebenarnya candaan ini bisa saja memang benar-benar lucu, namun saat orang yang sarkastik mengungkapkan candaan ini, maka atmosphere yang sangat tidak nyaman akan langusng mengisi ruangan dan akhirnya kalian tahu bahwa candaannya ini memang ditujukan untuk menyindir seseorang atau untuk menjatuhkan atau mengecilkan seseorang.

3. Cara Menghadapi Orang Sarkastik Adalah?

Tolak candaan sarkastik diapada saat itu juga, seetika. Janganlah pura-pura tertawa dan melakukan pembiaran padahal kalian tahu seseorang sudah menjadi korban perasaan atau candaannya ini.

Beritahu baik-baik jika dia sudah menyinggung perasaan dan hentikan seketika. Jangan khawatir jika tindakan anda akan mempermalukan dia karena biasanya orang-orang Sarkastik tidak terlalu memperdulikan harga dirinya di depan siapapun.

Kalau kalian tidak punya keberanian untuk menegurnya, maka jauhi dia segera. Tinggalkan dan cari kawan berbicara lain yang satu pandangan dengan kalian.

4. Siapa Yang Tahan Dengan Mereka?

Hanya orang yang masochistic atau orang yang BISA menikmati rasa sakit baik secara fisik ataupun perasaan, maka golongan orang Sarkastik dapat menjalin hubungan dengan mereka.

Orang-orang masochistic ini adalah pasangan yang ideal dari orang-orang sarkastik.

Dan kalau kalian sadar bahwa kalian bukan orang yang bisa menikmati ketika orang lain menghina atau menjatuhkan kalian dan sadar bahwa pasangan kalian adalah seorang yang sarkastik, maka segeralah menjauh atau bahkan tinggalkan dia.

 

Sumber: Sarkas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Psikologi Sosial: Teori, Metode dan Pendekatan Lengkap!

Psikologi Sosial adalah Ilmu yang mempelajari dan menyelidiki tingkah laku individu dalam …