Memahami “Quarter Life Crisis” Krisis di Usia 20-an Dalam Hidup Anda

Ketika tumbuh dewasa, kita mungkin semua memiliki gagasan yang agak stereotip tentang seperti apa krisis paruh baya: laki-laki akan pergi keluar dan mengencani beberapa wanita muda di luar sana, dan suami dan istri yang sudah menikah akan menipu pasangannya dengan selingku seseorang yang lebi muda.

Tapi kita tidak perna memikirkan dan mempersiapkan bagaimana ‘krisis’ kita di tahun-tahun awal yang kita miliki.

Bagaimanapun, saat itulah Anda ingin memiliki segalanya dan ingin melewati tahun-tahun paling menyenangkan serta ingin membebaskan dari banyaknya problem dalam hidup Anda, bukan?

APA SIH QUARTER LIFE CRISIS ITU?

Quarter Life Crisis adala masa-masa yang dimulai sejak usia 25, hingga awal usia 30-an, dan disebabkan oleh perasaan tidak nyaman di semua bidang kehidupan – dari karier hingga hubungan. Mereka menemukan 75% individu muda merasakan hal ini.

Apa pun yang menyebabkan kita bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan besar dan penasaran tentang hidup kita sendiri dapat membuat kita merenungkan di mana kita berada.

Tonton Video - Cara Membaca Bahasa Tubuh

Baca Juga: Kenali Fobia Sosial” Social Anxiety” Ciri Umum, Gejala dan Penanganannya

Cek di sini apakah Kamu termasuk Generasi Micin!!

10 Tips Agar Tidak Mudah Di”BODOHI” Oleh Sosial Media

10 Tips Menjadi Cewek Cerdas dan Berkelas

APAKAH PEMICU UTAMA QUARTER LIFE CRISIS?

Perlu kita tau jika frustrasi atau ketidakpuasan kerja sering menjadi pemicu terbesar. Seperti yang saya catat, “Sering kali dalam hidup kita ketika kita sudah berkarier selama beberapa tahun, tetapi belum cukup lama untuk melihat atau merasakan manfaatnya.”

Namun, bagi wanita muda sering kali ada banyak hal terjadi sekaligus yang dapat menyebabkan kita merasa di luar kendali.

Menurut mereka, Kehidupan mereka terasa tiada henti. Mereka bekerja sangat keras, namun karena hutang pelajar,  tela lulus kulia dan dituntut untuk bekerja menyeewa kost yang tinggi dan biaya hidup, mereka tidak merasa punya cukup uang untuk menjalani kehidupan yang mereka rasa harus ‘hidup’, atau kehidupan yang dipimpin dan di kekang orang tua mereka pada usia mereka.

Baca Juga  Pengertian, Sejarah, dan Aliran Feminisme Lengkap

“Kehidupan saat ini sangat sulit bagi kaum muda. Media sosial sangat brilian dalam banyak hal, tetapi ini bukan kehidupan nyata, dan itu dapat membuat Anda berpikir bahwa kehidupan orang lain yang mereka liat adalah sempurna.

Usia pertengahan 20-an hingga awal 30-an Anda dapat menjadi saat ketika banyak hal berlanjut – kehidupan teman-teman sering menjadi perbandingan dalam kehidupan Anda – dan itu dapat menyebabkan perbandingan yang tidak membantu sekaligus tidak ada manfaat karena memang tiap orang berbeda tujuan.

BAGAIMANA JIKA ANDA SELALU MERASA KURANG?

Tanda-tanda Quarter Life Crisis mungkin tidak segera terlihat, dan itu bisa merayap naik seiring berjalannya waktu.

Jika Anda merasakan ketidakpuasan umum dengan satu atau lebih bidang kehidupan Anda. percaya saja rasa dan ketidakpuasaan itu tidak akan sirna begitu saja dan itu tidak hilang,

Anda perlu melakukan beberapa perubahan jika Anda ingin merasa lebih puas.

Dengarkan nalurimu. Terkadang, kamu mungkin kelelahan, dan semua yang kamu butuhkan untuk memilah dirimu adalah beberapa malam awal. Tidak pernah ada ide yang baik untuk membuat keputusan besar ketika kamu lelah.

Tapi, jika Anda memiliki pikiran seperti misalnya  ‘Saya tidak tahu apa yang saya lakukan dengan hidup saya’, maka mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk memikirkan apa yang membuat Anda bahagia atau tidak bahagia, dan membuat beberapa perubahan.”

CARI AKAR MASALAHNYA

Proses mengidentifikasi apa yang mengganggu Anda mungkin memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu, tetapi saya merekomendasikan untuk memberikan sedikit ruang antara Anda dan masalah tersebut untuk mencoba dan mencari tahu. “Tanyakan pada dirimu beberapa pertanyaan filosofis”, dia merekomendasikan. “‘Apa yang akan saya lakukan jika saya memiliki tongkat sihir? Apa yang akan saya katakan kepada diri saya sendiri jika saya adalah sahabat saya? Saran apa yang akan saya berikan kepada diri saya sendiri jika saya melihat kembali situasi ini dalam waktu satu tahun? Atau waktu lima tahun ? ”

“Latihan yang baik untuk membantu Anda menjelajahi kehidupan Anda sendiri adalah dengan mengambil selembar kertas dan pena dan membagi hidup Anda menjadi beberapa bagian – Karir, Teman, Keluarga, Mitra, Kesenangan, Kesehatan, Uang, Pertumbuhan Pribadi, Lingkungan – Anda dapat menambahkan di bagian mana pun yang Anda inginkan atau keluarkan bagian itu jika tidak relevan dengan Anda.

Baca Juga  Cara Bangun Pagi dengan aturan 20/20/20 - Gerakan Jam 5 Pagi

“Di setiap bagian, nilai tingkat kepuasan Anda dari 1-10. Jangan menghabiskan terlalu lama melakukannya; cukup tulis nomor pertama yang ada di kepala Anda. Ini bisa memberi Anda arah yang jelas di mana Anda perlu memfokuskan Anda energi untuk memperbaiki keadaan.

“Jangan menekan diri Anda untuk membuatnya sempurna segera, pikirkan saja langkah apa yang dapat Anda ambil untuk membuatnya lebih baik. Misalnya, jika kesehatan saat ini di empat, pikirkan tiga hal yang bisa Anda lakukan bulan ini, saat ini, ari ini atau detik ini.

BAGAIMANA MENGATASI QUARTER LIFE CRISIS SAAT INI?

“Jika Anda berpikir krisis Anda memengaruhi kesehatan Anda baik secara fisik maupun mental, atau Anda mengalami depresi, kecemasan, atau masalah mental serius, bicarakan dengan psikolog Anda.

“Jika Anda tidak berpikir masalah Anda memerlukan dokter, teman dan keluarga juga dapat membantu – selama Anda memercayai mereka untuk memberikan jawaban yang jujur ​​dan tidak memberi tahu Anda apa yang mereka pikir ingin Anda dengarkan.

“Atau Anda dapat memilih untuk bekerja dengan motivator. Hal yang baik tentang seorang motivator adalah bahwa mereka tidak punya agenda selain bekerja dengan Anda untuk membawa perubahan yang Anda inginkan – apakah itu pekerjaan baru, lebih percaya diri, atau meningkatkan tingkat kebugaran Anda. “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

10 Kata Rasis Yang Tanpa Disadari Sering Kalian Ucapkan

Rasisme adalah sebuah gagasan yang diciptakan manusia dengan untuk membedakan-bedakan oran…