Psikologi Warna: Memahami Kepribadian Orang Dari Warna Favorit

Psikologi warna merupakan bidang kajian tentang peran warna terhadap kepribadian dan kebiasaan seseorang. Seorang ahli fisiologi dan psikologi menjelaskan jika ada empat warna primer : merah, hijau, kuning dan juga biru. Walaupun tidak diketahui secara pasti mengapa orang-orang menyukai warna dan kombinasi warna tertentu.
Percayakah kamu?
  • Pakaian merah akan melihat dan membuat pemakainya tampak lebih berat.
  • Baju merah mungkin tidak membantu orang dalam bernegosiasi karena warna tersebut bersifat ekstrem.
  • Mobil merah populer untuk menjadi sasaran pencuri.
  • Kuning meningkatkan konsentrasi, maka banyak digunakan untuk kertas catatan (seperti pada produk post-it memo).
  • Orang-orang yang menyukai warna hijau senang dipuji dan memberikan nasihat.
  • Penjahit sering menolak untuk menggunakan benang hijau pada malam peragaanbusana karena takut hal itu akan membawa sial.
  • Pengantin pada Abad Pertengahan mengenakan hijau untuk melambangkan kesuburan
  • Warna yang identik untuk perdamaian adalah hijau.
  • Konsultan busana menyarankan memakai biru untuk wawancara kerja karena melambangkan kesetiaan.
  • Warna hitam populer di dunia fashion, karena membuat orang tampak lebih kurus.
  • Beberapa ahli mode mengatakan seorang wanita yang mengenakan hitam menyiratkan tunduk pada laki-laki.
  • Baju hitam juga dapat menguasai atau membuat pemakainya tampak menyendiri atau jahat.
  • Laki-laki lebih cenderung untuk mengatakan cokelat adalah salah satu warna favorit mereka.
  • Warna abu-abu, coklat, atau krem merupakan pilihan yang sangat baik untuk anak-anak hiperaktif.

Baca Juga:

Nah, Beberapa pernyataan di atas merupakan penggambaran dari makna setiap warna-warna yang ada. Ada yang haya sekedar mitos adapula yang memang bermakna filosofis di dalamnya dengan menggunakan ilmu psikologi warna.
Terkadang jiika kita merasa tenang berada di suatu ruang tertentu, artinya ruang tersebut dapat menciptakan mood yang tepat dengan suasana hati Anda.
Sebaliknya, pernahkan Anda merasa jenuh atau perasaan tak menentu saat berada di suatu ruangan?
Apakah beda warna maka suasana hati Anda berbeda pula? Mungkin itu karena warna mempengaruhi suasana hati Anda.
Ya, warna-warni memiliki efek psikologis. Kemampuan warna menciptakan impresi, mampu menimbulkan efek efek tertentu, itulah gunanya psikologi warna.
Efeknya berpengaruh terhadap pikiran, emosi, tubuh, dan keseimbangan. Secara psikologis, warna dapat mempengaruhi kelakuan.
Sebagaimana diuraikan oleh J. Linschoten dan Drs. Mansyur tentang warna, warna memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya kita akan bermacam-macam benda.
Ahli fisiologi dan psikologi menjelaskan ada empat warna primer : merah, hijau, kuning dan biru. Walaupun tidak diketahui secara pasti mengapa orang-orang menyukai warna dan kombinasi warna tertentu.
Tetapi yang jelas, setiap warna mempunyai karakter atau sifat yang berbeda-beda dalam psikologi warna. Penggunaan warna telah dimanfaatkan secara luas dalam bidang industri dan desain.
Warna terkadang diartikan berbeda dalam berbagai masyarakat dan kebudayaan. Sebagai contoh, bagi masyarakat
barat, putih memiliki makna suci.
Itu sebabnya pengantin memakai busana berwarna putih. Sementara bagi masyarakat China, putih melambangkan duka dan kematian.
Masyarakat China justru sebaliknya, menggunakan baju pengantin berwarna merah dan emas, yang bermakna keberuntungan. Di dalam sejarah China, warna hijau adalah warna perempuan. Lain dengan budaya Muslim, yang menganggap warna hijau adalah warna yang suci.
Walau dalam berbagai masyarakat, berbagai warna dimaknai berbeda-beda dan dapat berubah selama bertahun tahun, namun para peneliti umumnya menemukan kesamaan karakter pada tiap warna.

Persepsi Warna

Bingung memilih warna yang tepat untuk mengecat interior rumah Anda?
Urusan memilih dan memadu-padankan warna bagi sebagian orang dapat menyulitkan. Bahkan ada yang harus berulang kali mengganti cat temboknya untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan dan dapat memberikan aura positif dalam ruang.
Berikut ini diurai secara singkat mengenai persepsi seseorang terhadap suatu warna yang dikumpulkan dari
berbagai sumber. Warna apakah yang sesuai dengan jiwa Anda?

1. Warna Merah

psikologi warna images

Warna merah identik dengan warna berani, semangat, agresif, penuh gairah, dan menarik perhatian. Warna primer ini bersifat menaklukkan, ekspansif (meluas), dominan (berkuasa), aktif dan vital (hidup).
Secara positif, warna merah mengandung arti cinta, gairah, berani, kuat, agresif, merdeka, kebebasan, dan hangat.
Negatifnya, warna merah ini punya arti bahaya, perang, darah, anarki, dan tekanan. Warna ini melambangkan keadaan psikologi yang mengurangkan tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan.
Warna ini mempunyai pengaruh produktivitas, perjuangan, persaingan dan kebirahian.

Merah dalam Ruang

Dalam dekorasi, sebaiknya merah digunakan sebagai aksen.
Warna terang ini dapat digunakan sebagai aksen untuk mencerahkan ruangan, tetapi tidak disarankan sebagai warna utama sebuah ruangan. Dekorator mengatakan bahwa furnitur merah harus sempurna karena akan menarik perhatian.
Warna merah ini sering digunakan dalam skema dekorasi restoran karena merupakan perangsang nafsu makan. Warna merah tidak dianjurkan digunakan sebagai warna kamar tidur anak yang menghadapi kesulitan untuk tenang.

2. Warna Merah Muda

Warna ini melambangkan romantisme dan feminim. Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka. Merah muda adalah warna yang paling romantis dan lebih menenangkan.

Merah Muda dalam Ruang

Kadang-kadang tim olahraga mengecat kamar ganti yang digunakan oleh tim-tim lawan mereka dengan warna pink cerah. Warna yang memiliki efek menenangkan ini membuat lawan-lawan mereka akan kehilangan energi

3. Warna Kuning

psikologi warna kuning

Kuning, dengan sinarnya yang bersifat kurang dalam, merupakan wakil dari benda yang bersifat cahaya, momentum dan mengesankan sesuatu. Warna ini adalah warna yang paling sulit ditangkap mata, dan menjadi kuat jika digunakan secara berlebihan.
Warna hangat nan cerah ceria ini melambangkan kegembiraan. Kuning menciptakan perasaan optimis, percaya diri, pengakuan diri, akrab, dan lebih kreatif. Kuning juga dapat merugikan kita karena menyampaikan pesan perasaan ketakutan, kerapuhan secara emosi, depresi, kegelisahan, dan keputus-asaan.
Pilihan warna kuning yang tepat dan penggunaan yang sesuai akan mengangkat semangat kita dan lebih percaya diri.

Kuning dalam Ruang

Dikenal sebagai warna yang lembut dan menenangkan, kuning mampu menciptakan perasaan hangat yang mencerahkan sekaligus membawa kehangatan ke dalam kamar yang temaram.
Kuning cerah juga dapat menstimulasi aktivitas otot. Pilihan warna yang tepat untuk warna kamar bayi. Sementara itu, orang lebih sering kehilangan emosi mereka di kamar berwarna kuning.

4.Warna Hijau

psikologi warna hijau

Hijau melambangkan alam. Ini adalah warna yang paling mudah ditangkap mata dan dapat memperbaiki penglihatan.
Berjalan-jalan memandang hamparan sawah nan hijau menyejukkan mata, bukan?
Ya, warna hijau bersifat menenangkan, menyegarkan dan dikenal mampu memperkuat rasa percaya diri serta menunjukkan harapan.
Hijau – berarti kesehatan, keseimbangan, rileks, dan kemudaan. Dapat diartikan bahwa hijau mempunyai sifat keseimbangan dan selaras, membangkitkan ketenangan dan tempat mengumpulkan daya-daya baru.

Warna ini melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan dan kekerasan hati. Warna ini mempunyai sifat meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain.

Unsur negatif warna ini di antaranya memberi kesan pencemburu, licik, terasa jenuh, serta dapat melemahkan pikiran dan fisik.

Hijau dalam Ruang

Warna hijau melambangkan kesegaran dan kealamian, sehingga menimbulkan optimis akan ketenangan jiwa dan pikiran.
Cocok diaplikasikan pada ruangan untuk menghilangkan penat pikiran dan stress. Orang-orang menunggu untuk tampil di TV duduk di “ruang hijau” untuk bersantai. Rumah sakit sering menggunakan warna hijau karena pasien dapat merasa rileks di dalam ruangan tersebut.
Hijau juga merupakan warna yang mampu mencerahkan suasana hati dan paling sesuai untuk warna kamar tidur anak remaja. Sebab, di usia tersebut mereka sering menghadapi berbagai tekanan dan membutuhkan dorongan kuat untuk menghargai diri sendiri.

6. Warna Biru

Biru mewakili suasana dingin seperti birunya lautan. Warna langit dan laut, biru adalah salah satu warna yang paling populer Alami, segar, bersih, dan memiliki kesan tenang dalam psikologi warna.
Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam, intelektualitas, kepercayaan, ketenangan, keadilan, pengabdian, seorang pemikir, konsistensi, dan dingin.
Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan pada tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas.
Biru gelap akan membantu berpikir tajam, tampil jernih, dan ringan. Biru muda akan menenangkan dan menolong berkonsentrasi dengan tenang. Terlampau banyak biru akan menimbulkan rasa terlalu dingin, tidak akrab, dan tak punya emosi atau ambisi. Biru juga bisa dingin dan depresi.

Biru dalam Ruang, 

Warna biru nan damai ini menyebabkan tubuh memproduksi bahan kimia menenangkan, sehingga sering digunakan dalam kamar tidur. Keyakinan terefleksi dari sebuah ruangan yang dicat dengan warna biru lembut.
Pilihan yang sangat baik untuk warna kamar tidur bayi dan anak, karena mampu menciptakan perasaan menenangkan dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.
Orang-orang lebih produktif dalam kamar biru. Studi menunjukkan angkat besi mampu menangani lebih berat beban di ruang kebugaran berwarna biru.

7. Warna Ungu

psikologi warna ungu

Warna sekunder ini adalah campuran warna merah dan biru yang melambangkan sifat kemewahan, keaslian, kebenaran, sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh harapan.
Warna kerajaan, ungu berkonotasi kemewahan, kekayaan, dan kecanggihan. Warna ungu gelap yang digunakan umumnya mengesankan kesetiaan, kekuatan, dan kemewahan.
Namun, nuansa warna yang lebih gelap juga bisa menimbulkan perasaan sedih dan frustrasi.
Kemerosotan dan mutu yang jelek adalah sifat-sifat negatif warna ini. Namun karena jarang terdapat di alam, ungu dapat ditampilkan buatan.

Ungu dalam Ruang

Nuansa ungu yang lebih cerah menciptakan perasaan damai dan penuh nostalgia. Warna ini juga bersifat feminin dan romantis. Warna ungu lavender sangat cocok digunakan sebagai warna kamar tidur anak perempuan.
Selain itu, warna sekunder ini dapatnmemberi efek spiritual sehingga ungu dapat digunakan untuk menunjang kegiatan bermeditasi.

8. Warna Putih

Memantulkan cahaya dan dianggap sebagai warna musim panas. Mewakili kebersihan dan kesucian, putih juga melambangkan damai dan sukacita, sempurna, jujur, sederhana, baik, dan netral.
Warna putih melambangkan malaikat dan tim medis. Warna ini juga bisa berarti kematian karena berkonotasi kehampaan, hantu, dan kain kafan.

Putih dalam Ruang

Sebagai warna yang paling terang, putih populer di dekorasi dan dalam mode karena netral dan cocok dengan hampir semua gaya interior, terutama rumah bergaya minimalis!
Mengecat kamar dengan warna putih akan membuatnya terasa lebih besar dan lebih terang karena warna ini memantulkan 80 persen cahaya.
Putih mungkin bukan warna yang paling menarik untuk kamar anak, tetapi Anda dapat mengakalinya dengan meletakkan furnitur berwarna terang, menambahkan satu set seprai bewarna-warni, dan berbagai aksesori untuk memperindah ruangan.

9. Warna Abu-abu

psikologi warna abu-abu

Warna abu-abu merupakan warna yang paling netral dengan tidak adanya sifat atau kehidupan spesifik dalam psikologi warna. Warna abu abu juga mengandung arti bijaksana, dewasa, tidak egois, tenang, dan seimbang.
Konotasi negatifnya adalah lamban, kuno, lemah, kehabisan energi, dan kotor.

Abu-abu dalam Ruang

Karena warnanya tergolong netral atau seimbang, warna ini banyak dipakai untuk warna alat-alat elektronik, kendaraan, perangkat dapur, dan rumah.
Warna ini cenderung netral. Abu-abu tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi. Oleh sebab itu, abu-abu sangat digemari pada bangunan bergaya modern dan minimalis.

10. Warna Hitam

Hitam, sebagai warna yang tertua (gelap) dengan sendirinya menjadi lambang untuk sifat gulita dan kegelapan (juga dalam hal emosi).
Tak seperti putih yang memantulkan warna, hitam menyerap segala warna. Dengan hitam, segala energi yang datang akan diserap.
Hitam – Berkesan elit, elegan, memesona, kuat, agung, teguh, dan rendah hati. Kesan negatifnya adalah hampa, sedih, ancaman, penindasan, putus asa, dosa, kematian, atau bisa juga penyakit.
Warna ini melambangkan kehidupan yang terhenti dan memberi kesan kehampaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakkan dan kepunahan.

Hitam dalam Ruang

Walau mampu memesona dan berkarakter kuat, tapi banyak orang yang takut akan “gelap”. Warna hitam berkonotasi gelap.
Warna hitam hampir tidak pernah digunakan sebagai warna dominan dalam ruang karena berkesan gelap. Oleh karena itu, gunakan warna hitam hanya sebagai aksentuasi seperti pada sofa, atau permadani.
Karena hitam juga menyiratkan penyerahan, warna ini dapat digunakan untuk tujuan tertentu misalnya pada dinding mihrab mushola rumah. Warna hitam tersebut melambangkan ketundukan dan membuat lebih khusyuk (konsentrasi) dalam beribadah.

11. Warna Cokelat

psikologi warna coklat

Solid dan dapat diandalkan, cokelat adalah warna bumi dan sangat banyak di alam. Warna nuansa bumi ini seringkali merepresentasikan kehangatan, kenyamanan, dan relaksasi.
Namun, konotasinya, coklat menunjukan ciri-ciri suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan. Cokelat juga bisa dimaknai sedih dan sendu.

Coklat dalam Ruang

Warna coklat adalah salah satu warna populer yang digunakan sebagai elemen interior. Selain umum digunakan sebagai warna kusen dan furnitur, warna coklat ini sering pula digunakan sebagi lantai, langit-langit, ataupun dinding.
Biasanya warna coklat yang didapat berasal dari warna kayu yang digunakan. Namun bisa juga warna tersebut didapat dari warna cat. Karena memberi rasa hangat, maka warna coklat ini baik digunakan pada kamar tidur dan ruang keluarga.
Warna coklat tanah merupakan pilihan terbaik untuk kamar anak laki-laki.
Baca Juga  Model Pembelajaran Inquiry, Pengertian dan Penerapannya Menurut Ahli

Apa Pendapatmu?

Check Also

Tanda-Tanda Hamil Yang di Alami Wanita Secara Psikologis

Tanda-tanda hamil yang ditunjukkan melalui perubahan fisik, umumnya para wanita akan langs…