POSESIF: 10 Tips Mengurangi Sifat Posesif Paling Efektif

Setiap manusia tentunya memiliki karakteristik dan sikap yang berbeda beda dari manusia lain dan menjadikannya unik. Sifat yang ditunjukan oleh masing masing seseorang tersebut seringkali tidak disukai oleh orang lain saat berinteraksi maupun menjalin hubungan. Salah satu sifat yang paling tidak disukai dalam menjalin hubungan tersebut yaitu posesif yang bisa diartikan sebagai keadaan dimana seseorang tersebut tidak cukup nyaman dan aman dengan hubungan yang sedang dijalaninya.

Sikap posesif dan overprotektif seringkali menimbulkan perdebatan yang kebanyakan dapat memperkeruh suasana dalam suatu hubungan untuk itu perlu adanya upaya dalam mencegah maupun menghilangkan sifat tersebut. Berikut penjelasan mengenai beberapa langkah atau cara menghilangkan sifat posesif yang merugikan tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga:

1. Pahami Jika Posesif Itu Merugikan

Orang yang mempunyai sifat posesif umumnya tidak menyadari bahwa sikap yang sedang ditunjukannya bisa merugikan dan menghancurkan hubungan yang sedang dia jalani. Maka dari itu untuk bisa menghilangkan sifat posesif maka yang harus kalian lakukan pertama kali adalah menyadarkan diri kalian sendiri jika sikap tersebut merugikan dan tidak seharusnya dilakukan berulang- ulang atau terus menerus. Dengan menanamkan kesadaran tersebut maka upaya yang tujuannya memang untuk menghilangkan posesif akan bisa menunjukan hasil.

2. Mencari Penyebab Timbulnya Rasa Posesif Itu

Step selanjutnya untuk mencari cara mengurangi sifat posesif tersebut adalah mencari akar penyebab kenapa sifat posesif tersebut dapat muncul dalam hubungan kalian. Kebanyakan yang menjadi penyebab dari munculnya sifat posesif tersebut yaitu karena pengalaman buruk masa lalu dan kenangan yang pernah gagal di dalam membina hubungansalah satunya yaitu dampak dari perceraian. Instropeksi diri pada kegagalan yang terjadi di masa lalu sangat berguna daripada harus terjebak pada penyesalan maupun amarah pada kondisi hubungan yang memang sudah menunjukkan toksin tidak baik.

Baca Juga  7 Penanganan Insomnia Paling Efektif

3. Belajar Melupakan Masa Lalu

Mungkin kalian pernah dibohongi atau juga pernah diselingkuhi oleh pasangan kalian pada hubungan sebelumnya, namun kalian hanya perlu melupakan dan memafkan kejadian tersebut di masa lalu. Perlu digarisbawahi, terus-terus mengingat akan hal yang menyakitkan hati dan mengenang pahitnya masa lalu hanya akan menambah hubungan yang kalian jalin sekarang makin terluka. Pasangan kalian sekarang tentunya orang yang berbeda dengan mantan kalian dan mungkin bisa jadi lebih baik dari mantan kalian. Fokuslah dan pelihahara hubungan saat ini.

4. Berikan Kepercayaan Lebih Pada Pasangan

Cemburu  atau jealous dengan pasangan adalah hal yang sangat wajar tetapi tetap harus ditekan dan juga tidak selalu menjadikan harus membatasi pasangan dalam segala aktivitas dia. Menghormati pasangan dengan memberi kepercayaan lebih pada pasangan akan sangat membantu mengurangi rasa posesif yang tinggi walaupun ada trauma psikologis yang pernah kalian alami terkait dengan hubungan  mantan pada masa lalu. Memang tidak gampang memberikan kepercayaan yang lebih pada pasangan kita, namun tetap yang patut dilakukan adalah hanya mencoba dan mengusir berbagai bentuk pikiran juga negatif yang ada.

5. Berjanji Akan Komitmen Yang Telah Dibangun

Mengurangi sifat posesif yang lain adalah dengan harus melakukan bersama dengan pasangan kalian. Yaitu membuat komitmen yang sangat jelas terkait dengan hubungan yang kalian jalani. Kalaau ada salah satu diantara kalian yang menghianati komitmen yang telah disepakati maka harus ada sikap yang tegas untuk segera mengakhiri hubungan tersebut agar tidak dapat muncultoksin atau gejala-gejala dan juga sikap yang tidak percaya pada pasangan kalian.

6. Bersyukur

Semakin kalian takut dan khawatir jika pasangan tidak mencintai kalian atau tidak jujur, maka hal tersebut akan semakin menjadi dan terjadi dan bahkan bisa juga mendorongnya untuk pergi. Tak ada yang mau bersama dengan-orang yang selalu membutuhkan dan menganggu setiap saat. So, janganlah memupuk ketakutan yang mendalam dan kekhawatiran hubungan pada pasangan kalian. Percaya jika pasangan lebih memilih berhubungan dengan kamu karena memang ada kelebihan kamu yang disukai oleh dia dan belajarlah bersyukur atas hal itu.

Baca Juga  Pasanganmu POSESIF? Kenali 6 Gejalanya

7. Menikmati Hidup

posesif sunbathe images

Dengan cara menikmati hidup kalian sendiri, mulai dari hobi, pertemanan, pekerjaan maka kalian akan bisa menjadi orang yang lebih menarik daripada pasangan kalian. Penting juga untuk sekali kali menghabiskan waktu bersama, namun penting juga untuk selalu membuat diri kalian sendiri menjadi senang dan juga bahagia..

8. Saling Mengenal Teman Satu Sama Lain

Salah satu cara yang paling baik untuk tidak lagi cemburu dan mengurangi sikap posesif adalah dengan mengenali interaksi sosial masing-masing dari kalian dan pasangan. Jika kalian sudah tahu dengan siapa pasangan kalian menghabiskan waktu bersama, maka tentunya tidak ada alasan lagi untuk khawatir, bukan?

9. Percaya Diri

Kepercayaan adalah salah satu hal paling penting yang harus dijaga dalam setiap hubungan. Kalian tidak akan pernah bisa mengubah pasangan kalian begitupun sebaliknya. Namun hal yang paling bisa kalian lakukan adalah dengan mengubah diri kalian sendiri dan percayajika kalian bisa menjadi pasangan terbaik untuk dia. Misalnya, kalian mungkin saja pernah menggoda seorang teman kalian, tetapi tidak melampui batas. Kalian pun bisa kok, menerapkan kepercayaan yang sama pada pasangan, jika dia juga akan melakukan hal yang sama.

10. Hentikan Kebiasaan Stalking

posesif images

Keberadaan dan ke eksistensian medial sosial sekarang ini memang sangat menggoda kalian untuk menjadi spy dadakan.Memata-matai berbagai aktivitas yang dilakukan pasangan kalian bukanlah hal yang buruk, hanya saja kurang baik. Kegiatan tersebut tentunya hanya akan membuat pasangan kalian menjadi hilang kepercayaan dari kalian dan pada akhirnya merusak hubungan.

Nah, itulah 10 tips yang paling efektif untuk mengurangi rasa posesif pada pasangan. Selamat mencoba!

 

Sumber: Terlalu Posesif Pada Pasangan?

Apa Pendapatmu?

Check Also

Patah Hati Bukan Berarti Dunia Berhenti

Mungkin hampir semua orang pernah merasakan sakitnya patah hati, sama dengan kenyataan bah…