Pasanganmu POSESIF? Kenali 6 Gejalanya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) posesif adalah sifat yang membuat seseorang merasa menjadi pemilik.

Dengan kata lain, orang dengan sifat ini merasa bahwa pasangannya adalah miliknya sepenuhnya, sehingga dia akan melakukan apa pun agar tidak kehilangan pasangannya tersebut.

Dia senantiasa mengontrol apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pasangannya dan merasa cemburu serta marah saat pasangannya tidak menurut.

Posesif adalah sifat yang buruk dan berbahaya, bisa menjadi ‘penyebab’ utama dalam sebuah hubungan. Posesif sendiri bukan cinta, posesif adalah rasa ingin memiliki yang sangat berlebihan.

Sebagai pasangan tentu wajar jika timbul rasa memiliki dan cemburu. Tetapi, jika cemburunya sudah berlebihan alias posesif, perlu diwaspada. Kenapa? karena jika kita biarkan akan membuat hidup kita selalu dikontrol.

Tonton ini, dan ingatan anda akan meningkat seketika

Jelas hal ini selain membuat kita tidak nyaman tapi juga membuat hubungan tak bertahan lama. Namun, kebanyakan dari pasangan masih sulit membedakan apakah pasangannya hanya sekadar perhatian, menunjukan cinta atau mulai bersikap posesif.

Yuk… kenali tanda-tanda pasangan yang mulai posesif

Baca Juga:

1. Tidak menghargai

Sikap tidak menghargai atau menghormati pada pasangan adalah tanda awal dari hubungan yang posesif. Misalnya saja pacar kalian memberi komentar negatif pada mantan pacar kita. Bentuknya bisa memberi julukan, bersikap kasar,ejekan ke mantan pacar atau sarkasme.

Pada kasus tertentu, tujuan orang yang punya sifat posesif adalah membuat kita merasa tidak berdaya atau tidak mampu mencari hubungan lain sehingga kepercayaan diri kita rendah dan bergantung pada dirinya.

2. Cemburu berlebih

posesif adalah suatu sikap

Orang yang posesif suka dan senang mengekspresikan kecemburuan. Ia bisa marah dan bahkan bersikap drama pura-pura marah hanya karena kalian bersosialisasi dengan teman, keluarga, atau rekan kerja.

Pada akhirnya kalian akan dituduh selingkuh, bahkan apapun yang kalian lakukan akan di curigai, termasuk saat kalian membalas pesan di ponsel. Pada kasus- kasus yang ekstrem, pacar yang posesif dengan beraninya akan memutus hubungan kalian dengan teman atau keluarga.

Baca Juga  Kumpulan Renungan Pagi Dan Motivasi Pemicu Semangat

3. Bersikap mengancam

Bukan hal yang jarang jika orang posesif cenderung akan mengancam jika keinginannya tidak dipenuhi. Misalnya saja, ancaman untuk meninggalkan kalian, ancaman untuk memutus hubungan kalian secara sepihak.  Pada kasus tertentu, orang posesif juga dapat mengancam keamanan  dan mencelakai dirinya sendiri, misalnya  ingin bunuh diri, atau lainnya jika kalian menghabiskan waktu melakukan hobi bersama teman. Tujuannya hanya karena dia ingin kalian selalu bersamanya.

 

4. Suka Mengontrol

posesif adalah

Perilaku sering mengontrol adalah salah satu tanda pacar kalian posesif. Bukan hanya fisik, emosi dan finansial juga harus berada di bawah kendalinya. Pacar yang posesif juga berusaha mengontrol apa yang kalian kerjakan atau uang. Dia juga akan menentukan apa yang kalian pakai, model rambut, gaya hidup atau keputusan sehari-hari lainnya.

5. Ketidakstabilan Emosi

Sikap mudah marah adalah tanda nyata bagi si sifat posesif. Bahkan, emosinya tidak akan stabil karena hal-hal kecil, misalnya kalian terlambat janjian bertemu 10 menit, bahkan saat kalian telat membalas pesannya.

Mereka dengan mudah akan mengumpat dan mengeluarkan kata-kata kasar. Bukan tidak mungkin rasa marahnya diungkapkan dalam bentuk kekerasan fisik seperti menampar atau memukul.

6. Sering Stalking Media Sosialmu

Di zaman millenial sekarang ini, ada banyak cara seseorang untuk bercerita atau mencurahkan isi hatinya, salah satunya dengan media sosial. Buat pacar posesif hal itu dirasa sangat kurang, mereka merasa gak cukup sekadar mendengar ceritamu langsung, tapi juga perlu dari media sosial kalian.

Bagi pacar posesif mereka akan senantiasa menguntit media sosialmu, stalking teman-temanmu bahkan secara tidak sungkan akan meminta pasword semua akunmu.

 

Nah,…Jika pacar kalian sering bersikap seperti 6 di atas, maka wajib bagi kalian untuk mengantarkan pacar kalian berkonsultasi ke dokter atau  terapis karena kemungkinan memiliki gangguan kepribadian BPD (Borderline Personality Disorder).

Kebanyakan orang yang menderita BPD, tidak dapat mengendalikan emosi mereka, sangat gampang cemburu, posesif atau bahkan hiperaktif.

Penting sekali untuk mengetahui tanda-tanda posesif pada pasangan kalian atau mungkin diri kalian sendiri untuk bisa menghentikannya lebih awal.

Baca Juga  Belajar Membaca BAHASA TUBUH Bisa Bikin Ketagihan - Begini caranya!

 

Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

POSESIF: 10 Tips Mengurangi Sifat Posesif Paling Efektif

Setiap manusia tentunya memiliki karakteristik dan sikap yang berbeda beda dari manusia la…