Obsessive Compulsive Disorder Pada Tokoh Howard Hughes Dalam Film “The Aviator” “

1. Sinopsis dan Penokohan pada Film “The Aviator”

The Aviator menceritakan tentang karir Howard Hughes yang diperankan oleh Leonardi Dicaprio sebagai seorang sutradara. Dia juga membuat film pesawat perang dunia pertama Hell’s Angels selama dua tahun. Pesawat-pesawatnya sangat mahal dan yang memancing kontroversi bagi petinggi-petinggi studio, dia sudah memakai 24 kamera untuk adegan klimaksnya, dan masih perlu dua lagi! Film yang juga disutradari Howard Hughes terbilang sukses. Selanjutnya, The Aviator mulai memasuki konflik utama filmnya yaitu dalam penerbangan.

Satu bagian mengerikan saat penyakit Hughes mulai kambuh. Hughes menyendiri dalam kamar yang ditempati dan mulai mengkhayal satu monolog tentang susu yang terletak di kamarnya. Howard Hughes terlalu khawatir dengan kebersihan walaupun dirinya sendiri tidak 100% higienis. Hughes adalah tipikal orang kaya yang bukan orang kaya. Dia kerap mengulang-ulang omongannya dan akan sangat memalukan jika orang melihatnya seperti itu. Ini adalah film tentang siapa itu Howard Hughes bukan apa yang dilakukan Howard Hughes.

Hughes digambarkan sebagai sosok pria yang ambisius dan penuh dengan semangatsaat Hughes remaja. Jiwa berpetualangnya itu sempat memikat hati Katharine Hepburn. Jiwa dan karakter seorang Hughes berbeda dengan Hepburn yang “hanya” seorang bintang film. Hubungan mereka juga tidak bisa berlangsung lama. Sampai pada akhirnya Hepburn berpasangan dengan Spencer Tracy. Tidak semua orang suka sifat Hughes yang eksentrik dan cenderung playboy.

Di film ini, Howard tidak terlalu diceritakan masa lalunya, hanya di awal-awal film diperlihatkan seorang Howard kecil yang sedang dimandikan oleh ibunya, padahal anak tersebut bukan lagi anak kecil yang masih harus dimandikan oleh ibunya (late childhood). Saat menyabuni Howard Hughes kecil, Ibunya memberi sugesti kepadanya bahwa dunia luar itu jahat, dia tidak aman berada disana, dan ibunya selalu mengajari Howard mengeja kata “QUARANTINE (kamu tidak aman)”, pada saat membersihkan dirinya. Howard Hughes dibesarkan dari keluarga yang terlalu mementingkan kebersihan, Howard Hughes tumbuh menjadi orang yang sangat higienis dan cemas apabila dirinya terkena kotoran.

Baca Juga  POSESIF: 10 Tips Mengurangi Sifat Posesif Paling Efektif

Semua karyawan Howard Hughes haruslah bersih, seperti memakai sarung tangan apabila sedang bekerja, dan apabila ada karyawannya yang terlihat tidak bersih, seperti seorang kakek yang ada dibagian kebersihan yang mempunyai kuku yang kotor, Howard Hughes tidak segan-segan untuk memecatnya. Howard Hughes sangat tidak suka dan jijik apabila melihat orang lain yang tidak memperhatikan kebersihan atau badannya kotor. Howard juga merasa sangat tidak nyaman jika harus bersentuhan dengan orang yang tidak ia sukai (musuh), apabila bersentuhan ia akan segera mencuci tangannya berulang-ulang kali dengan menggunakan sabun yang sama dengan sabun yang biasa ibunya pakai untuk membersihkan tubuhnya dan sampai-sampai tangannya pun terluka karena Howard terlalu keras mencuci tangannya.

Yakin ingatanmu Asli ?

Bahkan apabila dia membenci sesorang (putus dari kekasihnya), dia tidak segan-segan untuk membakar semua bajunya yang pernah disentuh oleh orang tersebut. Ia melakukan itu karena menganggap semua itu kotor dan dia harus bersih dari kotoran-kotoran tersebut. Semakin ia merasa cemas atau merasa tertekan atas ketidak bersihan lingkungan disekitarnya, tingkah laku tersebut semakin menjadi yaitu terus mencuci tangan atau mengelap tangannya secara berulang-ulang, mengucapkan sesuatu secara berulang-ulang, atau pun mengeja kata “QUARANTINE” secara berulang-ulang, sampai-sampai ia harus menutup mulutnya sendiri.

Baca Juga: The Bling Ring: Obsesi Popularitas Remaja Yang Tidak Terkontrol

Teori-Teori Psikologis Pada Film The Blind Side

2. Pemeran Utama Menderita Gangguan OCD

1.Cemas

Howard Hughes merasa cemas karena sejak kecil Howard selalu di ajarkan oleh Ibunya bahwa dunia ini tidak aman baginya, oleh karena itu Howard selalu menanamkan kata yang diucapkan oleh Ibunya dan Howard dewasa tumbuh menjadi anak yang penuh dengan kecemasan.

2. Perilaku yang kompulsif dan Repetitif

Saat penyakit yang dia derita kambuh, dia tidak dapat mengontrol kata-kata dan tingkah lakunya tetapi dia menyadari bahwa apa yang dia lakukan itu konyol, terlihat ketika Howard di perhatikan oleh tiga orang yang tidak ia kenal seketika Howard melakukan tingkah laku yang tidak wajar.

Baca Juga  The Bling Ring: Obsesi Popularitas Remaja Yang Tidak Terkontrol

3. Mengucapkan dan melakukan sesuatu secara berulang.

Ketika gangguan kepribadiannya muncul Howard akan mengucapkan sesuatu secara berulang, misalnya saja mengucapkan kata “It’s my future” dan “Quarantine” sampai-sampai dia tidak bisa mengontrol kata-kata yang dia keluarkan. Howard mencuci tangannya secara berulang karena dia merasa dirinya tidak higienis sampai-sampai tangannya berdarah.

4. Menderita Washers & Cleaners 

merupakan perilaku orang yang takut akan terkontaminasi sesuatu seperti kuman, kotoran dan penyakit. Hanya untuk membuat mereka yakin tidak terkontaminasi, mereka akan melakukan hal-hal selama mungkin setelah bersentuhan dengan sesuatu. Contohnya dengan mandi dengan waktu yang lama, mencuci tangannya beruang-ulang, atau membersihkan rumah selama berjam-jam. Itu mereka lakukan sampai mereka yakin bahwa mereka telah aman dari kuman, kotoran, ataupun penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Curhat Dan Sandiwara Para Pengguna Medsos

Curhat di media sosial  sering kali di jadikan tempat pilihan oleh sebagian besar masyarak…