Apa Saja Mindset Yang Harus Dirubah Saat Memulai Bisnis? Baca Tips-nya!

Terjun ke dunia bisnis tentu bukanlah hal yang mudah. Selain karena butuh perjuangan yang keras supaya dapat menjadi sukses sebagai pengusaha. Selain itu, income yang tidak tetap pun juga membayang-bayangi seseorang yang ingin terjun ke dunia usaha. Apalagi jika saat ini kamu sedang berada di zona nyaman, menjadi seorang pegawai di sebuah perusahaan atau instansi pemerintah dengan berbagai fasilitas.

Pasti akan sangat sulit untuk beralih profesi menjadi seorang pengusaha, ditambah lagi jika kamu sudah punya tanggungan, yaitu anak dan istri. Kamu pasti akan berpikir berkali-kali untuk terjun kedunia yang serba tidak pasti, menjadi pengusaha.

Tapi jika kamu memang punya jiwa wirausaha, tentu halangan seperti itu tidak akan menciutkan nyali bukan?. Nah Mindset seperti inilah yang sebenarnya bisa menjadi modal awal seseorang ketika akan terjun ke dunia bisnis. Dengan memiliki mindset yang benar, maka peluang kamu untuk sukses di dunia usaha akan lebih besar, bahkan kamu sendiri mungkin tidak sadar ketika sudah mencapai puncak kejayaan. Nah, mau tahu lebih lanjut apa saja sih mindset yang harus kamu ubah untuk menjadi pebisnis yang sukses? Yuk baca ulasan dari kita. Tetapi sebelumnya baca nih pengertian dari mindset secara umu

a. Pengertian mindset

Mindset terdiri atas dua kata: mind dan set. “Mind” berarti seat of thought and memory; the center of consciousness that generates thoughts, feelings, ideas, and perceptions, and stores knowledge and memories (sumber pikiran dan memori; pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan, ide, dan persepsi, dan menyimpan pengetahuan dan memori).

“Set” berarti a preference for or increased ability in a particular activity (mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan). Dengan demikian mindset adalah beliefs that affect somebody’s attitude; a set of beliefs orang a way ofthinking that determine somebody’s behavior and outlook (kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang;sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berpikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap, dan masa depan seseorang).

Tonton Video - Cara Membaca Bahasa Tubuh

Menurut Sigit B. Darmawan, mindset adalah inti dari self learning atau pembelajaran diri. Inilah yang menentukan bagaimana memandang sebuah potensi, kecerdasan, tantangan dan peluang sebagai sebuah proses yang harus diupayakan dengan ketekunan, kerja keras, dan usaha untuk tercapainya tujuan.

Baca Juga  5 Alasan Kenapa Kamu Diwajibkan Konsultasi Psikologis

Dengan demikian, untuk mengubah mindset, langkah pertama yang diperlukan adalah mengubah belief atau sekumpulan belief dahulu. Piaget, bapak psikologi perkembangan kognisi, menjelang
akhir hayatnya menyadari bahwa hanya berfokus pada kemampuan

b. Jenis-jenis mindset

Di dunia ini terdapat dua macam mindset:

1) Growth mindset (mindset berkembang)

Mindset berkembang (growth mindset) ini didasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas-kualitas dasar seseorang adalah halhal yang dapat diolah melalui upaya-upaya tertentu. Meskipun manusia mungkin berbeda dalam segala hal, dalam bakat dan kemampuan awal, minat, atau temperamen setiap orang dapat berubah dan berkembang melalui perlakuan dan pengalaman.

Ciri- ciri dari orang dengan mindset berkembang (growth mindset) adalah sebagai berikut:

  • memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat, dan sifat bukan merupakan fungsi hereditas/keturunan
  • menerima tantangan dan bersungguh-sungguh menjalankannya
  • tetap berpandangan ke depan dari kegagalan
  • berpandangan positif terhadap usaha
  • belajar dari kritik
  • menemukan pelajaran dan mendapatkan inspirasi dari kesuksesan orang lain

2) Fixed mindset (mindset tetap)

Mindset tetap (Fixed mindset) ini didasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas-kualitas seseorang sudah ditetapkan. Jika seseorang memiliki sejumlah inteligensi tertentu, kepribadian tertentu, dan karakter moral tertentu.

Ciri-ciri dari orang dengan mindset tetap (fixed mindset) adalah sebagai berikut:

  • memiliki keyakinan bahwa inteligensi, bakat, sifat adalah sebagai fungsi hereditas/keturunan
  • menghindari adanya tantangan
  • mudah menyerah
  • menganggap usaha tidak ada gunanya
  • mengabaikan kritik
  • merasa terancam dengan kesuksesan orang lain

Berdasarkan ciri – ciri dari growth mindset dan fixed mindset tersebut diatas, maka keduanya dapat dibedakan melalui:

  • keyakinan (belief) terhadap intelegensi, bakat dan sifat
  • pengambilan resiko terhadap tantangan
  • pensikapan terhadap halangan dan rintangan
  • usaha yang dilakukan
  • penerimaan terhadap kritik dan saran
  • kemauan menemukan pelajaran dan inspirasi dari pengalaman orang lain.

c. Cara Merubah Mindset Dalam Berbisnis

1. Tidak Hanya Soal Uang

Baca Juga: Apakah Anda Tau Arti Mindset Sebenarnya? Penjelasan Lengkap Mindset

Modal utama seorang pengusaha bukanlah uang, tetapi kreativitas. Saat kamu memiliki kreativitas, akan lebih mudah untuk mendapatkan modal. Misalnya, ketika kamu ingin membuat sebuah usaha, kamu bisa membuat proposal usaha kemudian memberikannya kepada orang tua atau keluarga terdekat untuk membantu membangun sebuah bisnis. Tentu saja kamu akan memberikan reward kepada orang yang memberikan kamu pinjaman uang untuk modal, bisa dalam bentuk perjanjian kerjasama ataupun profit sharing. Jadi uang bukanlah modal yang utama tapi kreativitas.

2. Tanamkan Rasa Percaya Diri Yang Kuat

Perasaan tidak percaya diri merupakan momok yang sering membuat seorang calon pengusaha menjadi galau saat akan membangun sebuah bisnis. Kamu harus buang jauh-jauh perasaan tidak percaya diri jika ingin serius bergelut di dunia bisnis. Karena kalau tidak, bisnis kamu tidak akan berkembang dan bahkan bisa saja menjadi bangkrut. Tentu kamu tidak ingin seperti itu bukan?

Nah karena itu kamu harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi, apalagi jika kamu berhadapan dengan para klien. Jika kamu tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, klien pun akan susah mempercayai kamu, benar kan??

3. Bakat Tidak Menjamin Kesuksesan Orang Dalam Berbisnis

Banyak yang berpendapat jika seseorang yang sukses di dunia bisnis karena mereka mempunyai bakat yang luar biasa dalam berbisnis. Dan karena kamu merasa tidak berbakat, kamu pun mengurungkan niat untuk terjun ke dunia bisnis. Kenyataannya, mindset seperti itu adalah sebuah kekeliruan besar dan sering jadi penghalang individu untuk maju.

Seseorang yang sukses di dunia bisnis adalah pribadi yang memiliki keyakinan tinggi dan juga keuletan, bukan hanya karena bakat. Jadi jangan pernah merasa minder karena kurang berbakat, sebenarnya bakat itu bisa diganti dengan keuleta, kok!

4. Sabar dan Positive Thingking

Setiap orang pasti akan selalu berhadapan dengan masalah dalam berbisnis, baik pada saat kamu merintis ataupun pada saat sudah merasakan kesuksesan. Ingatlah, jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses maka kita harus memiliki mental pantang menyerah dan cerdas dalam mencari solusi. Jadi kamu harus terus melatih jiwa pantang menyerah dan selalu belajar mencari solusi terbaik dalam setiap permasalahan.

Baca Juga  Cara Menangani Dan Menghadapi Seseorang Dalam Kondisi Denial (Penyangkalan)

Baca juga: Ingin Sukses? Pahami Dulu Cara Pengembangan Aktualisasai Diri

Pengen Sukses Dalam Usaha? WAJIB BACA: 7 Sifat Rahasia Entrepreneur Dunia

Itulah beberapa yang bisa kami bagikan kepada kalian tentang mengubah mindset untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Intinya adalah, kalian berniat menjadi seorang pengusaha maka kalian harus benar-benar terjun sepenuhnya ke dunia usaha. Jangan setengah-setengah karena hasil yang kalian dapatkan nantinya tidak akan maksimal. Apapun usaha kalian, lakukanlah bisnis tersebut dengan serius. Semoga Berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kumpulan Cerita Motivasi Penyemangat Kerja Terbaru 2019

1. Jangan Pernah Meremehkan Pekerjaan Dua orang pemuda yang tak berpengalaman mendapatkan …