Tips -

13 Tips Ampuh Mengurangi Malas Paling Efektif

Malas, adalah sebuah kemalasan yang biasanya menjadi hobi orang pemalas, haha.

Well, jadi dalam artikel ini kita awali

Jika ingin sukses, maka wajib berusaha.

Jika kamu ingin menguasai suatu keahlian, ya kamu harus berlatih.
Memang faktanya sebuah proses itu berat. Kebanyakan orang akan malas dulu.

Rajin pangkal pandai, malas pangkal bodoh.

Ini ilmu yang ampuh. Sayang di lewatkan.

Semua orang juga tau. Jika kita rajin, dalam hal apapun itu, akan tiba dimana kita menjadi pandai.
Tetapi memang tidak semua manusia mempunyai sifat yang rajin di dalam dirinya. Ada masanya, malas itu selalu datang.

Lalu, bagaimana sih cara mengatasi rasa malas?

Di bawah ini ada tips-tips yang dapat kalian coba untuk mengurangi rasa malas dalam diri kalian.
Beberapa mungkin dapat mengubah kalian dalam waktu singkat, sebagian lagi mungkin dapat mengubah kalian selamanya.

Baca Juga:

1. Ubahlah Persepsimu Dari Sekarang

Kebanyakan orang yang berhasil selalu mengatakan “mau”, bukan “harus”.
Mereka mempelajari sesuatu bukan karena sebuah keharusan, tapi karena mereka menginginkannya.
Kalau kamu “harus”, ada masalah sedikit saja jadi alasan. Tapi jika kamu “mau”, 1000 masalah pun tidak jadi soal dan juga alasan.

Kalian juga bisa melakukannya. Saat kalian perlu berlatih atau belajar, ubahlah kata “harus” menjadi kata “mau”.
Ketika malas itu datang, katakan “mau (tindakan yang ingin dilakukan) ahhh…”

Mau latihan dulu ah~
Mau belajar dulu ah~

Bisikkan kata-kata itu ke dirimu sendiri.
Coba aja sekarang! Pasti perasaanmu langsung berubah.

Kalau pakai kata mau, kalian merasa punya kendali atas pilihanmu.
Kalian melakukannya bukan karena harus, tapi karena keinginan kalian sendiri.

Beda kan rasanya melakukan hanya karena terpaksa, dan melakukan karena rasa ingin dalam diri?

2. Dahulukan Pekerjaan Yang Lebih Simpel

dalam pekerjaan kalian, pilihlah bagian mana yang paling simpel!

Semua aktivitas pasti memiliki tujuan. Jika perlu berlatih tapi lagi malas, kalian latihan dari yang mudah dulu aja.
Kalau kalian sedang belajar atau kerja, kalian kerjakan yang intinya dulu aja..

Kalau kalian langsung nulis, pasti kalian males. Makanya kalian lebih baik bikin kerangkanya dulu.
Tulisan kalian dibikin mau dibuat seperti apa. Bagian ini dan itu akan di isi apa, setelah itu mau ditulis apalagi.
Nanti jika sudah buat kerangka, biasanya otak kalian udah mulai panas. Baru kerjakan sisanya.

Sesekali makan gorengan, ciki, minum es, nyeruput teh atau kopi  kopi biar agak semangat.


Langkah yang paling dan sangat berat adalah dari memulai. Jika udah mulai, males pasti kalian dan malesnya ilang sendiri. Males aja, kaliannya enggak. hehe

Baca Juga  Kleptomania, Fakta-Fakta Penyakit Suka Mencuri

3. Pasrah Jika Tidak Bisa Mengubah Keadaan

malas photos

Lepaskan sesuatu yang memang nggak bisa kaalian ubah dan juga kendalikan.

Penyakit orang-orang jaman sekarang: yang jauh selalu dipikirin, eh, yang dekat malah di acuhin. 

Mengeluhkan kondisi dan keadaan yang serba sulit, tapi tidak mencari solusinya.
Memikirkan mengapa nasib tak memihak kalian, tapi kalian gak berusaha memperbaiki keadaan.
Selalu mengingat-ingat masa lalu, tapi yang sekarang tidak dikerjakan.

Saat kalian mengeluhkan sesuatu yang nggak bisa kalian ubah, seperti masa lalu dan juga situasi selain itu orang lain, apa yang kira-kira akan terjadi? Kaalian pasti jadi males kan?

Kalian akan selalu menyalahkan situasi sebagai kambing hitam atas keterbatasan kalian.
Kalian percaya bahwa semua yang ada di dunia ini sudah diatur. Yang terjadi memang terjadilah.
Ini merupakan pola pikir yang salah!

Padahal, jika kalian merelakan yang nggak bisa diubah, dan fokus pada diri kalian
Mungkin saja kelak atau nanti akan terjadi perubahan.

Relakan saja kondisi kalian. Relakan saja kalau orang lain nggak tidak menyukai kalian.
Dan segera relakan juga masa lalu kalian.

Fokuslah pada diri kalian, fokuslah pada saat dan detik ini.
Kalian masih bisa berubah. Masa sekarang memang masih bisa dan harus diubah.

Dengan begitu, kalian jadi lebih lepas, merdeka dan akan cepat menghilangkan kemalasan.

4. Yakinkan Dan Anggap Kalian Sudah Berhasil

Apapun ambisi kalian, bersikaplah seolah-olah kalian sudah sampai.

Jika kalian ingin memiliki satu keahlian, bertingkahlah saja seolah kalian sudah mendapatkannya.
Bersikaplah seolah-olah kalian adalah penyanyi besar. Bersikaplah juga seolah kalianlah yang naik jabatan tahun depan.

Membayangkan keberhasilan Diri

Bersikap di sini tak hanya tingkahnya saja, namun juga cara berpikirnya dan juga kebiasaannya.
Kalau kalian yakin, maka kalian akan dapat yang kalian inginkan.

5. Memperbanyak Gerakan Tubuh

Pati kalian hanya tiduran, lemas mager dan berbaring seharian di kamar.

Mata sangat lesu, wajah juga cemberut, tidak mati tidak hidup hehe…
Saat wajah kalian sudah ditekuk dan tubuh kalian sudah membungkuk, perasaan akan jadi malas.
Mau ngapa-ngapain rasanya malas dan amatt malas

Ingat ya emosi itu dibuat dari gerakan.
Perubahan gerakan tubuh akan mengubah perasaan kalianjuga.
Salah satu cara untuk mengubah rasa malas adalah dengan melakukan lompatan

Yah, betulmelompat-lompat!
Rumornya sih, melompat-lompat sebentar efektif untuk mengusir malas.

Coba kalain berdiri dan juga melompat-lompatlah selama 20 detik!
Melompatllah kalian seolah ada yang ngirimin makanan gratis ke kamar kalian.

Setelah kalian melompat-lompat, jantung jadi deg-degan dan darah jadi terpompa.
Mungkin akan sedikit berkeringat sih, dan well saatnya kalian mandi.m

Memang tidak sepenuhnya mengubah rasa malas tapi setidaknya kalian akan tersenyum sedikit.
Ini mengubah rasa malas kalian, dan juga mood kalian.

Baca Juga  Ingin Sukses? Pahami Dulu Cara Pengembangan Aktualisasai Diri

Jika situasinya tidak memungkinkan, goyangkan saja tubuh kalian atau jentikkan jari kalian.
Ini juga bisa mengubah emosi kalian, meskipun nggak seampuh saat loncat-loncat.

Ketika tubuh kalian sudah berubah, perasaan kalian akan segera berubah juga, pasti!

 

6. Simpan Dulu Ponsel Kalian, Ponsel Bikin Malas

Handphone adalah sumber kemalasan.

Bangun tidur ngecek hape

Rencana sih mau buat hari produktif, eh gak nyangkaaa… udah jam 10 aja

Perasaan masih jam 6 pagi deh. betul kan?

Sering mengalami hal ini?

ita selau santuyyy ria, menundabanyak  pekerjaan yang minta dikerjakan.
Masak, cuci piring, cuci baju, nyapu nge pel, nyirem tananaman kasih makakan pussy dll..

Well, dari sekarana hapus semua aplikasi sosmedia di hape, tapi ya gak ekstrim juga kali.
Tapi lebih baik kurangi tuh aplikasi market place, kalian bisa tergoda untuk selalu pantengin diskon angka kembaranya. 11:11, 12:12. ya gak?

Boleh sih liat hape, tapi inget cuman liat jam doank, abis gitu lakukan pekerjaan yang sudah menumpuk. Jika ada pesan penting boleh juga sesekali dibales.

7. Membersihkan Tempat, Tempat Kotor Sumber Malas

Tanpa kita sadari, malas bisa meradang jika tempat kerjanya berantakan. Kalau kalian menumpuk kertas-kertas , sisa makanan, kulit buah dan segala macam tetek bengeknya dan lantai kalian belumkalian sapu, bawaannya akan selalu males.

Cobalah bereskan dan perbaiki dulu tempat kebesaran kalian,  atau tempat kerja dan latihan kalian.

Jika kalian masih saja males, setidaknya lakukanlah hal-hal kecil dengan membereskan barang yang berserakan, gak usah nyapu atau ngepel dulu.
Jangan lupa buang sampah.. Percaya aja, malas kalian akan ikut lenyap bersama dengan perginya para sampah tersebut.

 

8. Pintar Cari Waktu Istirahat

“Apa ya kira-kira yang kurang?”

Ada suatu metode yang bis kalian. Metodenya: atur waktu pengingat selama 25 menit.
Setiap 25 menit sekali,  kalian bisa menghentikan pekerjaan. Jauhkan pandangan kalian dari laptop (dan hape) selama kurang lebih 3 menit.

Santuuuyy saja. Selagi santuyy, cobalah pikirkan apa aja yang kurang.
Apa yang bisa kalian perbaiki dari kerjaan/latihan kalian?
Apalagi ya yang bisa kalian tambahin?

Jangan lama-lama juga untuk mikir, lama kelamaan kalian malah jadi males broooh.

Itulah ada fungsinya jika harus istirahat selama 25 menit sekali.
Menjaga agar badan tetap fokus namun juga mengurangi tingkat tekanan.

Mengapa kita harus tetap mikirin pekerjaan?
Kalau santai tapi tetap fokus aja bisa, istirahatpun juga jadi maksimal.
Jika rileks tapi kalian nggak mikirin kerjaan, malah kalian nanti jadi terlalu santai.

 

9. Buat Daftar Pekerjaan

Hari ini dan besok kira-kira mau ngapain?

Kalian bisa buat list dan juga daftar apa aja yang bisa dan mau kalian kerjakan besok. Buatlah sekitar 5 sampai 6 daftar aja.
Daftarnya nggak harus urut kok! Apa yang sedang kalian dan kepikiran aja.

Baca Juga  Pengertian Dan Bentuk Pelecehan Seksual Di Tempat Kerja

Kalau kalian bisa, daftar yang kalian tulis didasarkan pada tujuan mingguan/bulananmu.
Jadi yang akan kalian kerjain akan sesuai dengan goal yang mau dicapai.

Enak lo jika kalian bisa punya daftar aktivitas harian jadi bertujuan.
Salah satu penyebab rasa males ya karana emang kita nggak ada tujuan.
Jika kalian punya cita-cita, kalian jadi tahu mau apa dan harus apa dan harus ngapain.

Oh iya. Saat kalian mencoba menyelesaikan daftar yang udah kalian buat, akan ada tugas juga yang akhirnya batal kalian kerjakan. Nggak masalah, itu wajar.

10. Saat Malas, Pikirkan Orang Yang Kamu Sayang

Cinta akan menguatkan dirimu.

Lihatlah foto atau pikirkan kedua orangtua kalian. Lihat juga foto pacar atau suami dan istri kalian.
Bagaimana mereka bisa bahagia, jika kalian tidur-tiduran mulu?

Bayangkan istrimu pergi meninggalkan dirimu.
Bayangkan orangtuamu pergi dulu sebelum kalian bisa membanggakan dia.
Masih mau bersantai-santai hari ini?

 

11. Malas, Tidak Akan Bisa Traveling

Cita-cita  dan tujuan akan selalu menguatkanmu.

 

Ini cara yang tepat kalau kalian sudah bener-bener malas. Kalian buka-buka saja akun liburan, tempat liburan.
Kalau kalian malas, apa mungkin kalian akan punya waktu dan yang jelas punya duit buat jalan-jalan!?
Setelah itu kalian bisa membayangkan asiknya jalan-jalan di tempat tersebut.

Merencanakan travelling aja sudah membuat perasaan kalian hepi, apalagi kalo terealisasi gaessss.

 Rasanya mood kalian bakalan langsung meningkat lagi, rasa malaspun akan langsung kalah.

 

12. Jangan Malas Bangun Pagi Gaessss

malas images

Pagi yang cerah menentukan hari kalian yang indah.

Cerah bukan paginya, tapi jati kalian.

 

Kalau mood kalian pas baru bangun bagus, biasanya mood kalian seharian akan bagus.
Kalau kalian bangun pagi langsung segera ambil air dan cuci muka, lalu kalian beraktivitas, seharian nggak akan terasa malas.

Bedanya lagi jika bangun pagi tapi kalian langsung ngecek sosmedia, market place dll.
Bangun tidur bukannya berdiri, malah tidur dan malas-malasandulu. Akhirnya seharian kalian akan jadi males.

Makanya, dengan begitu mata melek, cobalah langsung bangun dari tempat tidur.
Gerakkan leher kalian, atau melompat-lompat kayak monyet yang seperti tadi.
Kalian akan segera mengusir rasa malas yang tersisa dari tubuh.

13. Buatlah Rutinitas Baru Untuk Menangkala Malas

Kebiasaan kalian akan menentukan siapa kalian

Kebiasaan baru kalian misalnya olahraga ringan, masak, cuci-cuci, mandi atau bersepeda pagi saat bangun tidur.
Atau mungkin kalian bisa membaca buku minimal 15 menit pagi hari, atau bisa juga kalian memberi makan hewan peliharaan dan lain sebagainya.

Kebiasaan yang baru dan positif akan membuat kalian jadi lebih konsisten.
Dan kalau kalian sudah begitu, malas (yang juga merupakan kebiasaan negatif) sedikit demi sedikit juga akan terkikis.

Selamat Mencoba!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Spesialist vs Generalis ? Mana yang bagus untuk anda!

Mungkin anda pernah menjumpai dua kata ini, yang pada dasarnya adalah kita sebagai manusia…