Lone Survivor, Sinopsis dan Pengakuan Sang Tentara

Lone Survivor ‘ adalah film hollywood yang diangkat dari sebuah kisah nyata tentang kegagalan misi empat tentara dan rilis di Amerika pada 25 Desember 2013.

Cerita ini ditulis dalam sebuah buku berjudul ‘Lone Survivor’ oleh Marcus Luttrell dan Patrick Robinson.

Film ini dibintangi oleh Mark WahlbergTaylor KitschBen Foster, dan Emile Hirsch.

Selama penayangannya di seluruh dunia, film ini mendapatkan penghasilan sebanyak 149 juta dolar Amerika. Proses produksi film ‘Lone Survivor’ ditaksir telah menghabiskan dana 40 juta dolar Amerika.

Baca Juga:

Yakin ingatanmu Asli ?

Tahun 2005 di Afghanistan, Pemimpin Taliban Ahmad bertanggung jawab atas pembunuhan lebih dari 20 Marinir AS dan juga penduduk desa dan pengungsi yang membantu AS. 4 orang pengintai SEAL dan tim pengintai ditugaskan untuk mencari Ahmad. Tim dimasukkan ke wilayah Hindu Kush di Afghanistan.

Tiba di lokasi, SEAL tidak sengaja ditemukan pengembala kambing yang ditangkap SEAL. Tim terpecah lagi akan membunuh pengembala atau tidak. Tim memilih membebaskan mereka dan membatalkan misi, tapi sebelum melarikan diri, mereka diserang pasukan Taliban. Mereka semuanyaberusaha kabur dengan melompat dari tepi bukit dan masuk ke jurang.

Dietz hilang kesadaran dan berteriak memanggil Luttrell tanpa disadari menjelaskan posisi tim. Murphy dan Axelson melompat ke punggung bukit lain memimpin pelarian, Luttrell berusaha membawa Dietz menuruni gunung, Dietz ditembak lagi sehingga memaksa Lutrell kehilangan pegangan dan jatuh dari tebing, Dietz pada akhirnya terbunuh.

Murphy juga berusaha memanjat tebing untuk mendapatkan sinyal telepon. Saat dia akhirnya mencapai tanah lebih tinggi, Murphy bisa  mengingatkan unitnya mengenai kesulitan tim dan meminta bantuan sebelum dirinya bunuh diri. Menanggapi panggilan, SEAL dengan helikopter menuju lokasi.

Mereka tiba, lalu Taliban menembak jatuh helikopter dan menewaskan Navy SEAL dan 8 penerbang, helikopter kedua akhirnya dipaksa mundur. Axelson berusaha untuk mencari perlindungan namun pada akhirnya terbunuh. Luttrell ditemukan oleh Taliban, salah satu gerilyawan menembakkan granat, dan melemparkan Luttrell ke bagian bawah celah batu dimana dia sedang bersembunyi.

Mohammad Gulab menemukan Luttrell dan membawa dia ke dalam perawatan menuju ke desanya yang mana dia berusaha menyembunyikannya. Gulab mengirim pria ke pangkalan AS dan memberitahu mereka lokasi Luttrell. Pejuang Taliban tiba untuk mengambil Luttrell namun Gulab dan penduduk desa juga melakukan intervensi mengancam membunuh para pejuang apabila mereka membahayakan nyawa Luttrell.

Selanjutnya pasukan AS datang dan mengalahkan Taliban yang maju. Usai berterima kasih terhadap penduduk desa yang sudah menyelamatkan dirinya, Luttrell dievakuasi. Luttrell hampir menyerah terhadap luka yang dialaminya tetapi masih bertahan hidup.

Sebuah epilog menjelaskan bahwa penduduk desa Pashtun setuju membantu Luttrell sebagai bagian kode kehormatan tradisional dikenal sebagai “Pasthunwalu”.

Film ini menjadi mabuk kepahlawanan. Penduduk desa Pashtun yang memusuhi Taliban mengambil Luttrell, menambalnya dan membelanya seolah-olah dia milik mereka. Mereka dengan lembut menghapus kepanikan dan ketidakpercayaannya, meskipun tidak memiliki penerjemah di antara mereka. Seperti “Kerajaan”, orang asing yang berdiri di samping pahlawan Amerika. Pertukaran pandangan dan pelukan yang mengomunikasikan pemahaman antara pejuang kemerdekaan: Kesetiaan dan keberanian tidak memiliki batas nasional atau suku.

Baca Juga  Compulsive Buying: Gangguan Kepribadian Gila Belanja

Apa yang benar-benar dikutuk oleh kisah ini adalah semua peralatan yang salah dan perencanaan operasional yang buruk yang membahayakan Luttrell dan saudara-saudaranya. Mereka resah karena radio, telepon, dan helikopter yang tidak tersedia.

lone survivor

Lone Survivor, Mantan Navy SEAL Marcus Luttrell adalah satu-satunya yang selamat dari misi di Afghanistan pada 2005, di mana bersama tiga SEAL lainnya ia ditugaskan membunuh seorang komandan tinggi Taliban. Kisahnya menjadi dasar bukunya, Lone Survivor, yang kini telah berubah menjadi film. Luttrell berbicara dengan Rachel Martin dari NPR tentang kisahnya. Berikut ini adalah wawancara bersama pembawa acara Rachel Martin.

MARCUS LUTTRELL: Kami memang punya perasaan tidak enak, masuk. Intel di nomor terus berubah. Dan kemudian ketika kami dikuasai, kekuatannya sangat besar sehingga – jumlahnya telah berspekulasi, di mana saja dari 60 hingga 80, ke 80 hingga lebih dari 100. Dan itu semua. Baru-baru ini saya berbicara dengan salah satu penduduk desa yang menyelamatkan hidup saya. Dan dia terus-menerus berhubungan dengan Taliban.

MARTIN: Komandan tim adalah Letnan Michael Murphy. Dia secara dianugerahi Medal of Honor, yang merupakan penghargaan tertinggi militer, untuk tindakannya pada hari itu. Sebagai cara memahami apa yang terjadi, dapatkah Anda menggambarkan apa yang dia lakukan?

LUTTRELL: Kami telah dijebak. Kami sebenarnya telah ditembaki beberapa kali, tetapi kami berhasil keluar dari masing-masing. Dan kemudian setelah Danny terbunuh – Ax (ph) telah ditembak beberapa kali, satu kali di wajah; Saya dipukul; Mikey dipukul. Dan kami – itu menjelang akhir pertunangan, dan kami – mereka membuat kami mati untuk hak; mereka menyematkan kami lubang yang cukup bagus. Dan Mikey, hanya dengan sepenuhnya mengabaikan nyawanya sendiri – Maksudku, dia tahu apa yang dia lakukan, dia tahu itu akhirnya – bahwa dia mengeluarkan telepon satelit kami, merangkak ke area terbuka di jurang, dan tetap berada di sana sampai dia menghubungi QRF kami. Dan dia merangkak keluar dan dipukul beberapa kali selama panggilan telepon, tetapi tetap menjaga jalur komunikasi sampai dia terbunuh.

Baca Juga  Katarsis Adalah? Pemahaman Istilah dan Terapinya Lengkap

MARTIN: Film yang baru keluar didasarkan pada peristiwa-peristiwa itu. Ini menceritakan tentang unit Anda dan misi itu. Saya berasumsi Anda sudah melihat ini. Apa yang kamu pikirkan tentang itu?

LUTTRELL: Saya pikir mereka melakukan pekerjaan besar dengan apa yang harus mereka kerjakan. Dia memotongnya menjadi hanya tulang-tulang telanjang dari apa yang seharusnya. Dan saya pikir itu berjalan sangat baik di film.

MARTIN: Apakah ada sesuatu di sana yang dihiasi atau tidak benar tetapi dibuat untuk film yang lebih baik; mereka perlu mengubah sesuatu untuk narasi?

LUTTRELL: Saya pikir – saya perhatikan salah satu kebebasan yang diambil Hollywood dalam film yang saya sukai – saya ingat duduk di kursi saya dan seperti, mengapa Anda meletakkannya di sana? – adalah ketika di akhir film, mereka memiliki Taliban yang mengerjakan saya dengan cukup baik …

MARTIN: Uh-ya.

LUTTRELL: … yah, itu terjadi dalam kehidupan nyata, tapi saya tidak membunuh siapa pun dengan pisau. Dan saya ingat duduk dan tertawa. Aku pergi, mengapa kamu menaruh itu di sana? Apa hubungannya dengan apa pun? Maksud saya, ceritanya sendiri, saya pikir, sudah cukup untuk Anda tidak perlu memperindah apa pun.

MARTIN: Anda selamat karena gembala domba Afganistan menemukan Anda, membawa Anda masuk, dirawat kembali, memberi tahu orang Amerika di pangkalan terdekat di mana menemukan Anda, yang merupakan bagian yang luar biasa dari kisah ini. Film itu mengatakan ia bertindak tidak terhormat atas nama sesuatu yang disebut pashtunwali, yang merupakan semacam kode Afghanistan, yang mengatakan Anda melindungi tamu Anda. Apa yang dia lakukan benar-benar luar biasa. Apakah ada yang lebih dari itu? Apa motivasinya?

LUTTRELL: Tidak, hanya itu. Itu hanya hal yang terhormat untuk dilakukan dan dia melakukannya, dan berpegang teguh pada keyakinannya. Maksudku, banyak orang akan terlipat di bawah tekanan seperti itu – terutama ketika anggota desa mereka mulai sekarat, anggota keluarganya mulai sekarat; dia tertembak, mobilnya diledakkan, rumahnya terbakar. Dan sampai hari ini, dia akan memberitahumu dengan jujur; dia pergi, jika aku harus mengulanginya lagi, aku akan melakukan hal yang sama persis. Dan saya mengatakan hal yang sama. Jika saya harus mengulanginya lagi, kami akan memainkannya seperti yang dimainkan. Tapi ya, tidak, tidak ada motif alternatif atau apa pun.

Baca Juga  Gangguan Jiwa, Ketahui Fakta-Faktanya

 

Sumber: Lone survivor Film 2013

Apa Pendapatmu?

Check Also

Menjaga Kesehatan Jiwa Kamu Dengan 10 Tips Berikut

Kesehatan jiwa sama berharganya dengan kesehatan fisik, karena itu keduanya harus dijaga. …