kreativitas adalah

10 Cara Gokil Meningkatkan Kreativitas Anda

Anda pasti tahu betapa pentingnya kreativitas dalam kehidupan kita, kreativitas adalah salah satu faktor yang membuat manusia menjadi unik dan berbeda dengan robot atau mesin.

Nah, seberapa kreatif anda? yuk kita bahas apa itu kreativitas dan bagaimana meningkatkan kreativitas dengan mudah dan menarik.

Click To Tweet
Sumber: www.grantbantom.com

Nah, seberapa seringkah Anda membaca atau mendengar quote di atas? Mengapa kreativitas begitu bermakna dalam hidup?

Mengapa kreativitas perlu dipupuk manusia bahkan sejak masih dini?

Ya, karena Pertama,  dengan berkeasi orang dapat menunjukkan aktualisasi dirinya, dan aktualisasi diri merupakan kebutuhan pokok pada tingkat tertinggi dalam hidup manusia.

Trik membaca masa depan

Kedua, kreativitas atau berpikir kreatif sebagai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan dalam menyelesaikan masalah merupakan bentuk pemikiran yang sampai saat ini kurang mendapat perhatian dalam bidang pendidikan.

Ketiga, bekerja dengan kreatif tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan, tetapi juga memberi kepuasan terhadap diri sendiri.

Keempat, kreativitas memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya.

Itulah beberapa pendapat penulis mengapa ketivitas sangat penting untuk segera dikembangkan, sebelum Anda cari tahu apakah anda termasuk salah satu pribadi yang keratif atau bukan.

Mari simak penjelasan lebih dulu dari kreativitas itu sendiri di bawah ini.

Baca Juga:

 

1. Pengertian Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk mencipta yang ditandai dengan orisinilitas dalam berekspresi yang bersifat imajinatif.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:599), kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta, perihal berkreasi dan kekreatifan.

Kreativitas merupakan suatu proses mental yang dilakukan individu berupa gagasan ataupun produk baru, atau mengkombinasikan antara keduanya yang pada akhirnyakan melekat pada dirinya.

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada.

Kreativitas merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengimplikasikan terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir, ditandai oleh suksesi, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antara tahap perkembangan.

Baca Juga  Memahami Istilah dan Terapi Katarsis Lengkap

Definisi sederhana yang sering digunakan secara luas tentang kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Wujudnya adalah tindakan manusia.

Melalui proses kreatif yang berlangsung dalam benak orang atau sekelompok orang, produk-produk kreatif tercipta.

Produk itu sendiri sangat beragam, mulai dari penemuan mekanis, proses kimia baru, solusi baru atau pernyataan baru mengenai sesuatu masalah dalam matematika dan ilmu pengetahuan.

Komposisi musik yang segar, puisi cerita pendek atau novel yang menggugah yang belum pernah ditulis sebelumnya, lukisan dengan sudut pandang yang baru, seni patung atau potografi sampai dengan terobosan dalam aturan hukum, agama, filsafat, atau pola perilaku baru.

Jadi kreativitas merupakan bagian dari usaha seseorang. Kreativitas akan menjadi seni ketika seseorang melakulan kegiatan.

Baca Juga:

 13 + 1 Cara Mengasah Otak Kanan

Intuisi, Pengertian dan Cara Mempertajam Intuisi, Lengkap!! 

 

2. Ciri-ciri Kreativitas

Kreativitas suatu proses mental seseorang yang melahirkan gagasan,proses, metode ataupun produk baru yang efektif.

Yang bersifat imajinatif,fleksibel, suksesi, dan diskontinuitas, yang berdaya guna dalam berbagai bidang untuk pemecahan suatu masalah. Adapun ciri-ciri kreativitas ada 3 macam, antara lain:

  • Kefasihan : kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah terbuka (open ended) dengan beberapa alternative jawaban yang benar.
  • Fleksibilitas : kemampuan sesesorang menyelesaikan masalah terbuka (open ended) dengan beberapa cara.
  • Kebaruan : kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah terbuka (open ended) dengan beberapa jawaban yang berbeda tetapi bernilai benar.

Selain itu menurut penelitian beberapa orang yang memiliki tingkat krativitas yang tinggi diantaranya adalah:

  • mempunyai daya imajinasi yang kuat
  • mempunyai inisiatif
  • mempunyai minat yang kuat
  • bebas dalam berpikir
  • bersifat ingin tahu
  • selalu ingin mendapatkan pengalaman-pengalaman baru
  • percaya pada diri sendiri
  • Penuh semangat
  • Berani mengambil resiko
  • Berani dalam pendapat dan keyakinan.
  • senang mencari pengalaman baru
  • Memiliki keasyikan dalam mengerjakan tugas-tugas yang sulit
  • Cenderung kritis terhadap orang lain
  • Selalu ingin tahu
  • Peka atau perasa
  • Energik dan ulet
  • Menyukai tugas-tugas yang majemuk

 

3. Faktor yang mendukung Kreativitas

Sumber: www.grantbantom.com

Pada mulanya kreativitas dipandang sebagai faktor bawaan yang hanya dimiliki orang tertentu. Dalam perkembangan selanjutnya, kreativitas tidak dapat berkembang secara otomatis tetapi membutuhkan rangsangan dari lingkungan.

Dan faktor-faktor yang mendukung kreativitas antara lain

  • Usia
  • Tingkat pendidikan orang tua
  • Tersedianya fasilitas
  • Penggunaan waktu luang
  • Situasi yang menghadirkan ketidaklengkapan serta keterbukaan
  • Situasi yang memungkinkan dan mendorong timbulnya banyak pertanyaan
  • Situasi yang dapat mendorong dalam rangka menghasilkan sesuatu
  • Situasi yang mendorong tanggungjawab dan kemandirian
  • Situasi yang menekankan inisiatif diri untuk menggali, mengamati, bertanya, mencatat, menerjemahkan, menguji hasil prakiraan dan mengkomunikasikan
  • Kemampuan berbahasa yang memungkinkan untuk mengembangkan potensi kreativitas secara lebih luas karena akan memberikanpandangan dunia secara lebih bervariasi.
Baca Juga  FAKTA tentang Berpikir (THINGKING). Pegertian, Jenis dan Proses Seseorang dalam Berpikir.

Kreativitas secara umum diartikan sebagai kemampuan untuk mencipta atau menghasilkan produk-produk baru.

Ditinjau dari proses, kreativitas diartikan sebagai suatu bentuk pemikiran dimana seseorang berusaha menemukan hubungan-hubungan yang baru, mendapatkan jawaban, cara baru dalam menghadapi suatu masalah.

Dari segi pribadi (person), kreativitas dapat diartikan sebagai adanya ciri-ciri orang kreatif yang terdapat pada diri seseorang.

Dari segi pendorong (press), kreativitas berasal dari diri sendiri (internal) berupa motivasi yang kuat untuk berkreasi.

 

3. Faktor yang menghambat Kreativitas

Sedangkan faktor yang menghambat kreativitas antara lain :

  • Adanya kebutuhan akan keberhasilan, ketidakberanian dalam menanggung resiko atau upaya mengejar sesuatu yang belum diketahui.
  • Konformitas terhadap teman-teman kelompoknya dan tekanan sosial.
  • Kurang berani dalam melakukan eksplorasi, menggunakan imajinasi dan penyelidikan.
  • Diferensiasi antara bekerja dan bermain.
  • Otoritarisme.
  • Tidak menghargai fantasi dan hayalan.

 

Baca Juga:WARNING: BISA JADI ANDA STRESS!! Kenali gejala, penyebab dan cara penyembuhan!!

DEPRESI !! Kenali Gejala, Jenis Dan Cara Mengatasinya

 

4. Cara mengembangkan Kreativitas

 

Sumber: www.grantbantom.com

Setiap orang cenderung terdorong untuk mewujudkan potensinya, dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, dorongan untuk mengungkapkan dan mengaktifkan semua kapasitas seseorang.

Dorongan- dorongan ini merupakan motivasi primer untuk kreativitas ketika seseorang membentuk hubungan-hubungan baru dengan lingkungannya dalam upaya menjadi dirinya sepenuhnya.

Nah,  selain motivasi dari internal atau motivasi dari dirinya sendiri, maka setiap orang membutuhkan stimulus untuk mengembangkan Kreativitas dalam dirinya, antara lain::

  1. Mengamati sesuatu yang dikenal. Tujuannya adalah untuk melatih dan mempertajam ingatan Anda.
  2. Membangun kreativitas berarti mempertajam pikiran, dan itu artinya juga akan meningkatkan kepekaan pengindraan pada diri kita.
  3. Stop menunda pekerjaan. Dengan adanya persiapan waktu yang baik selama bekerja maka otak akan menghasilkan pekerjaan yang optimal.
  4. Ambil sudut pandang orang lain. Coba untuk menempatkan diri Anda pada posisi orang lain untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang Anda ambil.
  5. Lakukanlah brainstorming. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan banyak gagasan dengan cepat melalui diskusi dengan tim.
  6. Belajar menjadi seorang inovator yang baik. Anda harus selalu mencari, menyesuaikan dan mengimplementasikan ide-ide, baik yang baru maupun yang lama.
  7. Ubahlah kebiasaan dan citra diri. Jadilah orang yang progresif, kembangkanlah atribut-atribut dan motivasi yang di butuhkan.
  8. Selalu bertanya. Jangan terlalu cepat puas dengan jawaban singkat dari permasalahan Anda. Berlatihlah juga untuk menjawab sebuah permasalahan atau pertanyaan dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya bisnis Anda sedang menurun, kenapa menurun? mengapa penjualannya menurun? apa karena semakin banyak kompetitor? atau karena produk Anda semakin menurun kualitasnya? Dengan semakin banyak pertanyaan yang dapat Anda buat, maka Anda akan terpacu untuk semakin kreatif mencari solusinya.
  9. Definisikan Batasan, Buat Alternatif Solusi. Anda harus mampu mengidentifikasi apa saja yang menjadi batasan Anda untuk menyelesaikan permasalahan Anda. Kemudian Anda harus mencari alternatif-alternatif solusi sesuai dengan batasan yang Anda miliki.
  10. Anda harus Take Action (Bertindak)
    Bertindaklah, sibukkanlah diri Anda, dan terus bergerak. Tentukan Prioritas Tujuan Anda. Semakin cepat Anda dan semakin jelas tujuan Anda, semakin kreatif diri Anda dalam mencapai tujuan Anda. Anda juga akan semakin banyak memiliki energi dan waktu untuk belajar. Semakin banyak belajar maka semakin cepat Anda dapat mengembangkan kapabilitas diri Anda dan mencapai sesuatu yang lebih baik bagi masa depan Anda.
Baca Juga  Mungkin Anda Terkena Gejala PTSD, Segeralah Cari Pertolongan!!

Orang yang kreatif dapat melakukan pendekatan secara bervariasi dan memiliki bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu persoalan. Dari potensi kreatifnya, seseorang dapat menunjukkan hasil perbuatan, kinerja/karya, baik dalam bentuk barang maupun gagasan secara bermakna dan berkualitas.

 

Semoga Bermanfaat!!

 

Sumber:

Teori Kreativitas

Pengembangan Kreativitas Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tipe-Tipe Fangirling Di Dunia

Halo Girls… kamu pasti punya temen yang suka nya fangirling terus atau mungkin kamu …