Kenali Fobia Sosial” Social Anxiety” Ciri Umum, Gejala dan Penanganannya

1. Apa itu Social Anxiety ?

Ya, sebelumnya saya perna membaas tentang Anxiety Disorder atau lebi dikenal dengan gangguan kecemasan.

Sama- sama tentang gangguan kecemasan si Social Anxiety ini ternyata lebi kompleks kasusnya. membas tentang
kekacauan?

Istilah “gangguan kecemasan” mengacu Gangguan kecemasan umum (GAD), gangguan obsesif-kompulsif (OCD), gangguan panik, posttraumatic stress disorder (PTSD), sosial gangguan kecemasan, dan fobia spesifik.

Baca Juga : Mungkin Anda Terkena Gejala PTSD, Segeralah Cari Pertolongan!!

Gangguan Mental OCD (obsessive compulsive disorder), Gejala, Faktor dan Penanganannya.

Tonton Video - Cara Membaca Bahasa Tubuh

ANXIETY DISORDER:Gangguan Kecemasan, Penyebab, Jenis dan Penanganannya.

2. Bagaimana Ciri Umum Dari Social Anxiety?

Kecemasan Sosial atau social Anxiety, bisa di saya contokan mislnya dengan cemas menolak presentasi atau merasa nerveous, mendapat tugas memimpin rapat, atau yang mungkin mendapat kesempatan menjadi pembicara atau motivator secara mendadak tanpa atau suda ada persiapan.

3. Bagaimana Sosial Anxiety mempengaruhi hidup Anda?

Gangguan kecemasan sosial dapat mengganggu kehidupan keluarga, mengurangi harga diri, dan membatasi efisiensi kerja. Bagi sebagian orang, ini bisa secara sosial dan ekonomi dapat menghancurkan karir.

Sulit untuk menyelesaikan sekolah, wawancara dan mendapatkan pekerjaan, dan mengembangkan persahabatan dan hubungan romantis.

Gangguan ini sering selektif. Beberapa orang mungkin memiliki ketakutan yang kuat untuk berbicara dengan seorang tenaga masrketing atau berpidato, tetapi mereka mungkin merasa nyaman dalam kasus serupa lainnya.

Orang lain mungkin menjadi cemas selama kegiatan rutin tersebut memulai percakapan dengan orang asing atau a orang yang berwenang, berpartisipasi dalam rapat atau kelas, atau kencan dan menghadiri pesta.

4. Apa yang menyebabkan gangguan social anxiety?

Studi menunjukkan bahwa biologis, genetik, dan faktor lingkungan berperan. Sama umumnya di antara pria dan wanita, gangguan biasanya dimulai sekitar usia 13, kadang-kadang muncul dari sejarah masa kecil rasa malu. Faktor keluarga pertama yang mempengaruinya.

5. Perawatan atau terapi apa yang cocok untuk Social Anxiety?

Kebanyakan orang menemukan peningkatan yang signifikan dengan perawatan profesional. Banyak bentuk perawatan tersedia, termasuk kognitif-perilaku terapi (CBT), teknik relaksasi, pengobatan, dan terapi kombinasi, yang meliputi terapi perilaku dan obat-obatan.

Baca Juga  FAKTA tentang Berpikir (THINGKING). Pegertian, Jenis dan Proses Seseorang dalam Berpikir.

Perlu diketaui tidak ada pengobatan terbaik. Perawatan untuk satu orang mungkin bukan pilihan terbaik
orang lain.

Untuk menjalani perawatan harus disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda. Tanyakan pada dokter untuk menjelaskan mengapa jenis tertentu pengobatan direkomendasikan, opsi lain apa yang tersedia, dan apa yang perlu Anda lakukan untuk berpartisipasi penuh dalam pemulihan Anda.

6. Karakter Penderita Social Anxiety

Menderita gangguan kecemasan sosial dapat mengganggu banyak aspek kehidupan Anda. sala satu conto umumnya adala sebagai berikut:

  • Merasa malu atau canggung.
  • Merasa terlalu cemas ketika berjalan ke dalam untuk menghadiri kantor Anda
  • Merasa gugup atau gelisah
  • Menolak sosial diundang kencan buta karena takut mempermalukan diri sendiri

Kecemasan itu normal. Kecemasan sebenarnya membantu kita keluar dari bahaya jalan dan bersiap untuk acara-acara penting. Itu memperingatkan kita ketika kita perlu mengambil tindakan.

Tapi jika Anda memiliki kecemasan yang persisten, tidak rasional, dan luar biasa dan mengganggu setiap hari aktivitas, Anda mungkin memiliki gangguan kecemasan.

Sebagian besar dari kita merasa cemas sebelum membuat presentasi, meminta seseorang berkencan, atau pergi wawancara kerja.

Mersa perut diaduk-aduk dari dalam, telapak tangan yang berkeringat, dan jantung berdebar kencang
adalah respons normal terhadap situasi sosial baru atau menakutkan.

Memurut penelitain setidaknya ada ratusan juta orang -orang dewasa di dunia dengan pengalaman social anxiety ketakutan yang kuat akan diteliti dan dievaluasi secara negatif oleh orang lain dalam situasi sosial atau kinerja.

Beberapa benar-benar merasa sakit ketakutan saat memesan makanan di restoran, menandatangani nama mereka di depan umum, melakukan panggilan telepon, atau situasi yang tampaknya tidak mengancam lainnya.

Meskipun mereka mengakui bahwa ketakutan itu berlebihan dan tidak masuk akal, orang dengan gangguan kecemasan sosial, juga disebut sosial fobia, merasa tidak berdaya melawan kecemasan mereka.

Mereka takut dipermalukan atau dihina.

Pada gejala fisik pada social anxiety mungkin dapat diamati termasuk memerah, berkeringat, gemetar, mual, detak jantung yang cepat, sesak napas, pusing, dan sakit kepala.

Sekitar 20 persen pengidap social anxiety juga menderita penyalahgunaan alkohol atau ketergantungan. Meskipun alkohol dapat mengurangi gejala sementara, bahkan jumlah sedang dapat meningkat kecemasan, lekas marah, atau depresi.

Baca Juga  Cara Menangani Dan Menghadapi Seseorang Dalam Kondisi Denial (Penyangkalan)

 

Semoga Bermanfaat!!

 

Sumber: Social Anxiety Disorder

Self help Strategies For Social Anxiety

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bipolar Disorder, Gangguan Mental Yang Wajib Anda Tahu

1. Pengertian Bipolar Gangguan bipolar adalah jenis penyakit dalam keilmuan psikologi, dal…