intuisi adalah

Intuisi Adalah : Pengertian Lengkap dan Cara Mempertajam Insting Anda

Apa sih intuisi itu? apa pengertian intuisi dan bagaimana cara melatih intuisi kita menjadi semakin tajam? yuk simak artikel kami berikut ini

Sebagian besar dari kita terbiasa membuat keputusan intuitif dalam kehidupan kita sehari-hari. Contoh umum di mana intuisi dapat memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan adalah dengan memilih pasangan hidup kalian. Selain itu evaluasi pekerjaan, keputusan tentang pendidikan, dan sebagainya.

www.milisaburns.com

Intuisi adalah sebuah istilah untuk memahami suatu kemampuan diri kita sendiri tanpa harus melewati sebuah pikiran yang masuk akal dan intelektualitas.

Mungkin beberapa dari kalian belum ada yang memahami apa itu intuisi.  Maka dari itu saya akan sedikit menjelaskan tentang pengertian intuisi dan dilengkapi dengan cara melatih kepekaan intuisi tersebut.

A. Pengertian Intuisi

Intuisi adalah menerima masukan dan gagasan tanpa tahu persis bagaimana dan dari mana kalian mendapatkannya. Kalian hanya tahu itu bukan dari diri kalian sendiri.

Seperti kreativitas, inspirasi intuitif sering terjadi ketika seseorang benar-benar dalam suatu kegiatan, ketika seseorang sangat fokus pada aktivitas masing-masing dalam keadaan sukacita dan kepuasan.

Intuisi adalah sebuah istilah untuk memahami suatu kemampuan tanpa harus melewati pemikiran, perkataan, akal yang rasional dan intelektualitas. Pengertian ini datang secara tiba-tiba dari dunia lain dan di luar dugaan atau kesadaran manusia.

Contoh gambaran besarnya seperti ini, ada seseorang, yang mana orang tersebut tiba-tiba saja terbujuk untuk melakukanm sebuah kegiatan yaitu membaca sebuah buku.

Dan ternyata, ketika orang tersebut sedang membaca, di dalam buku tersebut telah dijumpai sebuah keterangan yang mana keterangan tersebut dicari-cari oleh dia selama bertahun-tahun lamanya.

Atau selain itu terdapat beberapa contoh lagi misalnya, di dalam diri seseorang itu merasa bahwa dia harus beranjak pergi ke suatu tempat, dan ternyata di tempat tersebut dia menemukan penemuan besar yang merubah pola atau gaya hidupnya.

Namun, perlu diketahui tidak semua intuisi ini awal mulanya berasal dari kekuatan atau energi psikis. Sebagian intuisi dapat diterangkan dengan sebab dan terjadinya.

Tonton Video - Cara Membaca Bahasa Tubuh
Sumber: www.reikiwa.com.au

Sampai saat ini intuisi yang tajam dan bagus masih dipercaya  merupakan salah satu syarat supaya seseorang bisa meraih kesuksesan didalam hidupnya. Maka dari itu tidak heran apabila terdapat banyak buku-buku yang membahas tentang kesuksesan dan selalu memasukkan sebuah strategi untuk mempertajam intuisi.

Baca Juga  Membongkar Keajaiban Pesan Tersembunyi (Subliminal Messages)

Dalam bahasa sederhana intuisi dapat diartikan sebagai getaran hati atau jiwa terhadap sesuatu hal yang sedang atau akan dihadapi, ataupun yang akan terjadi.

Getaran-getaran di dalam hati atau dapat diartikan menjadi “perasaan” terhadap sesuatu hal yang muncul.

Intuisi adalah sebuah pengetahuan yang beranjak antara rasional dan literal. Intuisi adalah sebuah keahlian untuk mengetahui suatu hal yang jarang diketahui oleh orang-orang, yang juga bisa merasakan kejadian atau peristiwa yang akan terjadi

Intuisi juga merupakan suatu metode atau cara datangnya sebuah pengetahuan dengan cara langsung atau dengan cara tiba-tiba tanpa dilengkapi dengan penjelasan sebelumnya.

Arti dari intuisi ini mencangkup banyak hal dan sering di hubungkan dengan insting, indera ke-enam, atau sesuatu-sesuatu yang mistis, bahkan dengan sesuatu yang ajaib.

Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi yang mendefinisikan apa arti dari intuisi ini. Akan tetapi apapun pendapat dari mereka kebanyakan relatif semu, meskipun penjelasan mereka kelihatan asing.

Faktanya tetap mempunyai sebuah maksud yang sama dan satu tujuan, yaitu keahlian untuk mengetahui segala hal yang akan terjadi.

Contoh misalnya seperti menebak suatu hal dengan tebakan yang benar, namun bukanlah sebuah tebakan yang bisa ditebak, karena pengetahuan atau pikiran ini datang dengan sendirinya dan secara tiba-tiba.

Selain dari itu hal ini mirip dengan yang namanya meramal, hanya saja meramal itu dapat di tentukan masalahnya, sebab atau objek apa yang memang ingin di ketahuinya, dan yang bisa melakukan sepertiitu biasanya hanya orang-orang tertentu saja yang mempunyai keahlian meramal.

Dan hal itu sangat kontradiktif dengan intuisi, yang datang atau muncul secara tiba-tiba atau dengan sendirinya dan keahlian seperti ini dapati di miliki oleh semua orang. Hanya saja kemampuan untuk menyerap fenomena dan mempertajam antara orang satu dan yang lainnya berbeda.

B. Cara Melatih Intuisi

Terdapat berbagai macam cara yang sederhana untuk mempertajam dan mengasah intuisi. Misalnya dengan cara menebak siapa yang telah menghubungi atau menelfon kalian sebelum kalian menerima atau mengangkat panggilan tersebut.

Baca Juga  Apa sih Motivasi sebenarnya? kupas tuntas Pengertian, Jenis & Fungsinya

Selain itu kalian juga bisa menggunakan cara yang lain, yaitu dengan cara menebak wanita atau pria yang menghubungi kalian, kalian bisa saja menerangkan atau menjelaskan secara detail dari kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada diri kalian atau orang lain.

www. milisaburns.com

Dengan melakukan latihan secara terus menerus, maka disitulah kalian akan mendapati sebuah hasil yang maksimal dan sebuah hasil yang kalian inginkan.

Selain dari itu ada satu lagi tentang intuisi, intuisi tidak akan maksimal apabila kondisi atau keadaan sedang lelah, stress, badmood dan keadaan-keadaan yang tidak mengenakan lainnya

Disisi lain,  Intuisi akan bekerja dengan baik dan sebaik mungkin apabila keadaan dan kondisi kita dalam keadaan nyaman, rileks, senang, gembira dan kegiatan lainnya yang dapat menyenangkan dan membuat keadaan labih baik dari biasanya.

Berikut adalah 5 cara gampang untuk melatih kepekaan intuis, antara lain:

a. Melatih Diri Untuk Relaksasi

Sudah saya jelaskan sebelumnya jika Intuisi bisa melemah, bahkan hilang bila kita dalam kondisi tertekan atau cemas, badmood atau keadaan yang tidak enak berlebihan. Untuk itu, setiap kali akan mengambil keputusan, hal pertama yang harus dilakukan adalah relaks.

Dalam kondisi relaks, kita bisa mendengar intuisi jauh lebih jernih karena pada kondisi ini otak berada di gelombang alfa yang mengaktifkan fungsi otak kanan.

Salah satu cara relaksasi yang efektif adalah dengan merasakan nafas atau melakukan meditasi.

Lakukanlah minimal 1 jam di pagi hari setelah bangun tidur (antara jam 4-7 pagi) dan 1 jam sebelum tidur (antara jam 9-11 malam) atau di atas jam 2 dini hari.

b. Belajar Bersikap Spontan

Saat merasa  bingung memilih atau mengambil keputusan, tenangkan pikiran dan dengarlah jawaban  yang melintas pertama kali dalam benak kalian.

Begitu juga saat berkenalan dengan seseorang, kita dapat ‘merasakan’ apakah orang tersebut bisa diajak bekerja sama atau tidak, melalui kesan pertama. Penilaian spontan biasanya akan lebih jujur karena berasal dari suara hati
(intuisi).

c. Sadari Perasaan (Awareness)

Intuisi juga dapat dirasakan melalui feeling atau emosi. Misalnya saat merasa curiga pada pasangan,  biasanya kita cepat-cepat mengusir perasaan itu, ‘Ah, mungkin ini hanya perasaan saya saja.’
Faktanya, ini justru mem-blocking intuisi Kalian.

Baca Juga  13 + 1 Cara Mengasah Otak Kanan

Bisa jadi pasangan memang tidak berselingkuh, tetapi  yang jelas ada rasa ketidakpercayaan atau rasa insecure dalam diri kalian sehingga muncul rasa curiga itu.

Pesan inilah yang sebenarnya ingin disampaikan oleh intuisi agar kalian lebih aware terhadap hubungan kalian dan bisa mengatasinya sebelum situasi menjadi lebih buruk.

d. Peka Terhadap Berbagai Sinyal Tubuh

Tubuh manusia merupakan pengantar pesan yang powerful. Bila sedang sakit, sebenarnya intuisi kalian ingin mengatakan agar kalian beristirahat dan lebih merawat diri sendiri.

Atau terkadang
ketika merasa tubuh menjadi sangat berat, itu salah satu pertanda kalian mengambil keputusan yang salah.

Sebaliknya, tubuh pun akan memberikan sinyal rasa nyaman, dan sehat bila kalian mengambil langkah yang tepat.

5. Sabar dan Konsisten

Sekalipun diri kalian sudah rajin bermeditasi, mencatat segala petunjuk yang ada, jangan kecewa bila kalian belum juga menerima petunjuk yang jelas. Bersabarlah dan cobalah mencari penguatan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian intuisi yang perlu kalian pahami.  Semoga bermanfaat!

 

Sumber: Intuition Is Key

Instuition Fending Your Answered

Accelerate your Intuition

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kumpulan Cerita Motivasi Penyemangat Kerja Terbaru 2019

1. Jangan Pernah Meremehkan Pekerjaan Dua orang pemuda yang tak berpengalaman mendapatkan …