Insecure, Penyebab Dan Cara Mudah Mengatasinya

 Apa Itu Insecure?

Insecurity atau insecure adalah kondisi perasaan tidak aman mungkin pernah kamu alami. Ketidakamanan bisa terjadi saat kamu malu, merasa bersalah, kekurangan, cemas atau tak mampu.

Saat merasa tidak aman, seseorang cenderung hidup penuh kecemasan . Semakin tidak percaya diri, semakin banyak pula rasa tidak aman yang ada dalam pikiran.

Akibatnya, kamu bisa menjadi takut berinteraksi dengan orang lain. Padahal interaksi sangat penting karena merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu alasan mengapa orang tidak terlalu nyaman adalah mereka menilai diri sendiri terlalu rendah.

Saat kamu tak percaya diri atau malu dengan diri sendiri, misalnya karena warna kulit yang kamu punya, tinggi dan berat badan kamu, bentuk wajah yang tak sesuai dengan keinginan, maka kamu akan memancarkan aura canggung.

Kecerdasan Buatan (AI) Berpotensi Menghancurkan Manusia?

insecure woman

Hal seperti itu menimbulkan rasa tidak aman yang mungkin membuat kamu iri dan cemburu terhadap orang lain. Iri pada orang lain bisa membuat kamu membenci banyak orang.

Jika kamu menemukan sesuatu yang negatif tentang orang lain, urungkan niat untuk mengutarakannya. Pahami bahwa satu-satunya alasan kamu cemburu adalah karena kamu merasa tidak nyaman dan tidak bahagia dengan diri sendiri.

Ambil cermin dan tatap diri sendiri, akui semua yang kamu anggap kekurangan. Ya, kamu memang punya kekurangan, tetapi itu adalah bagian dari diri yang membuat kamu berbeda dan unik.

Jika ini adalah masalah nilai diri yang sangat serius, lebih baik lakukan konseling degan psikolog.

Pengalaman masa lalu juga bisa jadi penyebab seseorang merasa tidak aman. Masalah masa lalu dengan penolakan, pengkhianatan, pengabaian, dan masa kanak-kanak yang tidak normal dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari secara halus.

Orang cenderung merasa tidak aman karena seseorang meninggalkan atau menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan.

Sejarah pelecehan seperti fisik, verbal, emosional, atau seksual juga dapat menggambarkan ketidakamanan.

Jika kamu mengalami masa lalu yang kurang mengenakkan, hadapilah ketakutan tersebut dan berusahalah untuk melihat lebih jauh dari itu. Selanjutnya, ampuni diri sendiri atas segala yang telah terjadi.

Baca Juga  Mungkin Anda Terkena Gejala PTSD, Segeralah Cari Pertolongan!!

Jika ketidaknyamanan dan ketidak amanan berawal dari sebuah kegagalan atau penolakan, beri diri sendiri waktu untuk menyembuhkan dan beradaptasi lagi.

Dapatkan masukan dari orang yang kamu percaya dan temui orang terdekat agar merasa lebih tenang dan nyaman. Kelilingi diri dengan orang- orang yang mendukung kamu.

Untuk mengatasi rasa tidak aman, tentu kamu harus mempunyai keinginan untuk melepas dan terus bergerak maju menuju apa yang ingin dicapai, juga bersedia mencoba strategi yang berbeda jika perlu.

Berbeda dengan kamu yang merasa tidak aman dalam situasi sosial, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mengingatkan diri sendiri soal apa alasan mengapa kamu merasa tidak aman, dan jangan menghindari situasi sosial.

Cobalah untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, meski kamu gugup sekalipun, lalu pikirkan apa yang bisa kamu bicarakan dengan orang-orang, seperti berita terkini, hobi, pekerjaan, atau keluarga.

Perfeksionis juga bisa merasakan hal ini. Memiliki standar tinggi dalam segala hal tak selalu berjalan mulus. Akan ada saja yang berubah atau gagal di luar kendali kamu.

Daripada kecewa berlarut-larut dan menyalahkan diri sendiri, cobalah untuk mengevaluasi diri berdasarkan seberapa banyak usaha yang kamu lakukan, bisa dikendalikan, dan bukan pada hasilnya, yang bergantung pada faktor eksternal.

Perfeksionis menyukai diri mereka sendiri saat mereka berada di puncak dan tidak menyukai diri sendiri saat segala hal tidak berjalan sesuai keinginan mereka.

Fokuslah pada kualitas batin seperti karakter, ketulusan, atau nilai bagus kamu, bukan hanya pada nilai apa yang kamu dapatkan, berapa banyak kamu dibayar, atau berapa banyak orang menyukai kamu.

Insecure adalah keadaan saat seseorang tidak merasa aman atas dirinya. Menjadi seseorang yang selalu merasa insecure bukanlah merupakan sebuah kesalahan. Merasa insecure atas sesuatu adalah hal yang normal dan juga bisa terjadi pada siapa saja. Saat kalian rasa insecure yang kalian alami sudah sangat mengganggu jiwa kalian, kalian harus segera mencari bantuan.

Baca Juga:

Baca Juga  Lone Survivor, Sinopsis dan Pengakuan Sang Tentara

Mengapa Seseorang Bisa Mengalami Insecure?

Bahkan saat dia sedang menjalani sebuah hubungan dengan seseorang, tingkat ketidakamanan mereka bisa menjadi meningkat karena bukan hanya diri dia yang dipikirkan tapi juga bagaimana hubungan yang dijalaninya. Umunya kondisi seseorang akan menjelaskan apa-apa saja yang akan dirasakan seseorang saat mengalami insecure, antara lain:

Saat seseorang sedang mengalami insecure dan dalam sebuah hubungan mereka akan memikirkan hal-hal yang membuat mereka merasa terpuruk dan semakin tertekan. Salah satunya yaitu akan merasa menjadi sebuah beban dalam hubungannya. Mereka akan merasa diri mereka hanya akan merepotkan pasangannya dengan kondisi mental yang sedang nggak stabil saat mereka insecure. Mereka akan merasa putus asa dan sering kali berpikiran negatif. Tingkat kepercayaan diri yang mereka rasakan juga akan sangat menurun.

2. Berpikir Pasangannya Tidak Tertarik Lagi

Saat tingkat kepercayaan diri seseorang sudah menurun drastis, dia akan merasa selalu kurang untuk pasangannya. Mereka sering kali berpikir jika pasangannya nggak tertarik lagi dengannya kareka kekurangannya. Kalau tidak sekarang mungkin suatu hari nanti. Perasaan yang muncul seperti itu akan sangat mengganggu dan membuat seseorang merasa cemas akan dirinya sendiri dan hubungan yang dijalaninya.

3. Berpikir Jika Pasangannya Akan Meninggalkannya

Ketika mereka selalu merasa kurang untuk pasangannya dan khawatir jika pasangannya nggak tertarik lagi dengannya, orang yang selalu merasa insecure akan berpikir jika banyak sekali orang lain yang lebih dari dirinya. Banyak sekali orang yang lebih menarik untuk pasangannya. Masalah ini juga membuat seseorang yang sedang merasa insecure bepikir kalau jika pasangannya akan meninggalkannya.

4. Pengaruh Media Sosial

Salah satu faktor yang dapat membuat seseorang menjadi insecure adalah saat melihat kehidupan orang lain yang lebih dari dirinya. Media sosial adalah tempat orang berbagi segala hal sekaligus dapat membuat seseorang jadi merasa minder. Padahal sebenarnya saat seseorang sedang membagi kebahagiaannya atau apa yang sedang dimilikinya, di balik itu kalian nggak pernah tahu suka duka yang pernah juga mereka lewati. Saat kalian melihat orang lain lebih bahagia dan mulai meratapi diri kalian sendiri, rasa insecure pun akan mudah muncul.

Baca Juga  Hypochondria, Merasa Sakit Parah Padahal Tubuh Sehat

Tips Mengurangi Insecure

Perasaan insecure dapat muncul kapan saja dan membuat lupa akan kelebihan yang sebenarnya dimiliki. Saat mulai merasa insecure hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara men -distraksinya. Cara men- distraksi yang paling ampuh adalah dengan cara mulai menyayangi diri sendiri.

Mungkin terlihat sulit tapi sebenarnya hal ini sulit dilakukan saat dia selalu merasa nggak aman dengan dirinya sendiri. Mulailah dengan mencari hal-hal yang membuat senang. Cari kelebihan yang dimiliki dengan cara mengevaluasinya. Saat mulai mengevaluasi inilah saat seseorang akan lebih mengenali dirinya sendiri

2. Membicarakan Perasaan Ini Kepada Orang Terdekat

Merasa insecure saat berhubungan dengan seseorang memiliki hal positif dan negatif. Pasangan bisa menjadi sumber yang membuat insecure. Tapi pasangan jugalah yang dapat menjadi dukungan kalian untuk mengatasi rasa insecure yang kalian alami. Membicarakan keluh kesah kalian pada pasangan adalah hal yang harus dilakukan agar dirinya lebih bisa dimengerti oleh pasangan. Seseorang yang sedang merasa insecure juga bisa mencurahkan isi hati dan pikirannya pada pasangan sehingga pikiran-pikiran negati-nya tidak terus menguasai dirinya setiap saat.

 

Apa Pendapatmu?

Check Also

Menjaga Kesehatan Jiwa Kamu Dengan 10 Tips Berikut

Kesehatan jiwa sama berharganya dengan kesehatan fisik, karena itu keduanya harus dijaga. …