Empati Adalah? Makna Dan Berbagai Bentuknya

Empati adalah suatu perasaan yang hampir mirip dengan simpati, namun beda. Kira-kira apasih makna dari mepati itu?

Makna Empati Adalah

Apa sih yang dimaksud dengan empati? Secara umum, empati adalah salah satu kemampuan untuk bisa merasakan keadaan emosional atau mungkin pikiran orang lain yang menciptakan keinginan untuk menyelesaikan masalah dan menolong sesama satu sama lainnya.

Pendapat lain juga menjelasakan makna dari empati adalah merupakan kemampuan seseorang untuk bisa memahami berbagi perasaan, melihat dan mengambil perspektif orang lain, dan juga mencoba menyelesaikan masalah orang banyak. Empati adalah kondisi mental individu yang cukup mendalam sehingga dia mampu mengetahui dan merasakan perasaan bahkan yang dipikirkan oleh orang lain.

Kata “empati” berasal dari bahasa Inggrisdari kata “empathy” yang ditemukan oleh Titchener tahun 1909. Empathy sendiri merupakan asal dari bahasa Jerman, yaitu “Einfühlungsvermögen” yang secara artinya “memasuki perasaan  dalam orang lain”.

Baca Juga:

Empati Menurut Para Ahli

empati adalahDi bawah ini merupaka penjelasan dari para ahli tentang empati, antara lain:

a. Alfred Adler

Menurut Alfred Adler, empati adalah suatu penerimaan terhadap perasaan orang lain yang dapat meletakkan diri manusia pada tempat orang tersebut. Empati artinya to feel in, atau proses saat manusia berdiri sejenak pada ‘kaki orang lain’ agar bisa merasakan bagaimana perasaan orang tersebut yang di lihatnya.

b. Diane C Mader dan Thomas F. Mader

Arti dari kata empati adalah kemampuan individu untuk berbagi perasaan satu sama lain yang dilandasi oleh rasa peduli, dan juga adanya berbagai tingkatan dari rasa kepedulian tersebut.

c. George Herbert Mead

George Herbert Mead menjelaskan jika empati adalah merupakan bentuk kapasitas yang mengambil peran orang lain dan mengadopsi perspektif yang biasanya dimiliki orang lain, selanjutnya menghubungkan dengan diri sendiri. Yang artinya, kemampuan untuk bisa memahami berbagai maksud empati, dengan penekanan pada kepasitas seseorang untuk memahami bagaimana seseorang tersebut memandang dunia dengan melalui peran orang lain.

Baca Juga  4 Dampak Buruk Eksistensi Budaya Patriarki di Indonesia Bagi Perempuan

d. Daniel Goleman

Daniel Goleman juga menjelaskan tentang empati adalah suatu kemampuan yang bertujuan untuk mengerti berbagai emosi-emosi yang dirasakan oleh orang lain.

e. Nancy Eisenberg

Nancy Eisenberg menyatakan jika empati adalah sebuah respons atau tanggapan afektif yang berasal dari penangkapan ataupun pemahaman dan keadaan emosi atau mungkin juga pada kondisi lainnya, yang biasanya mirip juga dengan perasaan orang lain. Empati adalah kemampuan seseorang untuk menempatkan diri mereka sendiri pada posisi orang lain dan mampu merasakan penghayatan nya terhadap perasaan orang lain tersebut. Tetapi, masih tetap dapat mempertahankan jati diri aslinya orang tersebut.

Jenis-Jenis Empati Adalah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika orang yang mempunyai empati adalah orang dengan kondisi mental yang bisa mengetahui perasaan dan juga pikiran orang lain dan juga ingin membantu mereka.

Ada 4 jenis empat yang dimiliki olehmanusia, antara lain:

1. Affective Empathy

Merupakan jenis empati emosional, artinya empati yang bisa membuat individu dapat merasakan dan menanggapi emosi orang lain. Individu yang memiliki empati jenis ini akan sangat sensitif dengan sekitarnya dan sulit membatasi diri untuk tidak bisa terlibat pada orang lain.

2. Cognitive Empathy

Merupakan jenis empati intelektual, artinya empati yang bisa membuat individu dapat menempatkan dirinya di dalam posisi orang lain. Individu yang mempunyai empati jenis ini umumnya bisa memahami sesuatu atau perasaan orang lain dari berbagai sudut pandang yang nantinya akan bisa menyelesaikan masalah pada sebuah komunitas atau kelompok.

3. Somatic Empathy

Merupakan jenis empati yang berada pada hal-hal yang di luar tubuh, artinya empati yang dapat membuat individu merasakan empati saat melihat sesuatu terjadi di luar  dari tubuhnya. Individu yang memiliki empati jenis ini umumnya adalah orang yang cuek tapi berhati lembut karena mereka harus benar-benar melihat secara langsung berbagai kesulitan orang lain dan baru dia akan merasakan empati.

4. Spiritual Empathy

Merupakanjenis empati tentang pencerahan yang bisa didapatkan seseorang setelah melihat sesuatu. Empati spiritual dapat membuat atau mendorong individu bertindak secara spontan. Misalnya saat melihat orang lain mengalami kesulitan, individu tersebut yang memiliki empati spiritual akan langsung saja menolong orang tersebut secara spontan tanpa banyak pertimbangan.

Baca Juga  8 Bentuk Emosi Yang Jarang Orang Tahu

Berbagai Manfaat Empati Adalah Sebagai Berikut:

Manusia yang juga merupakan mahluk sosial tentunya akan saling membutuhkan satu sama lain. Dalam hal ini, empati juga menjadi sangat penting sebagai jembatan dalam menjalin hubungan yang baik antar manusia satu dan lainnya.

  • Empati bisa meningkatkan kebahagiaan pada manusia karena telah membantu orang lain.
  • Empati bermanfaat untuk meningkatkan manusia pada kehidupan sosial yang lebih baik.
  • Empati menumbuhkan dan juga meningkatkan perasaan cinta terhadap diri sendiri dan juga orang lain.
  • Empati membuat pribadi seseorang lebih bermanfaat bagi orang lain dan juga lingkungannya.
  • Empati juga akan mengurangi individu dari sikap egois dan sombong.
  • Empati menimbulkan individu menjadi banyak disukai oleh lingkungan orang-orang di sekitarnya.
  • Empati bisa membuat seseorang akan lebih bersyukur dan dapat hidup lebih bahagia.
  • Empati bisa mengembalikan kemampuan dan juga mengevaluasi dan kontrol diri seseorang.

Berbagai Contoh Dan Bentuk Empati Adalah…

empati adalah image

Kehidupan dan interaksi  sosial yang terjadi pada kehidupan sehari-hari dapat memberikan berbagai contoh bentuk empati individu terhadap orang lain. Ada beberapa contoh bentuk-bentuk umum dalam kehidupan sehari-hari pada empati adalah sebagai berikut:

  1. Saat seseorang mengalami permasalahan ekonomi, selanjutnya tetangga dan kerabat membantu orang tersebut dengan memberikan uang maupun bahan makanan.
  2. Ringan dalam memberi pertolongan pertama saat seseorang mengalami kecelakaan.
  3. Memiliki inisiatif dalam mengumpulkan uang donasi untuk diberikan pada keluarga miskin atau korban bencana.
  4. Tidak melakukan kegiatan merokok di sembarang tempat, juga merupakan bentuk dari empati karena dia peduli kepada orang lain.
  5. Mampu mendengar masalah dan keluh kesah orang lain saat orang tersebut mendapat masalah atau mendapat musibah.
  6. Menghargai dan juga menghormati pendapat orang lain saat berdiskusi maupun kegiatan musyawarah.
  7. Meluangkan waktu untuk menjenguk kerabat atau sahabat yang sedang sakit serta memberikan semangat dan dorongan supata cepat sembuh.
  8. Ikut serta membantu dan menyelesaikan berbagai masalah orang lain dengan cara yang baik.

Itulah penjelasan ringkas tentang pengertian empati, bentuk dan juga contoh dari empati. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca Juga  Feminisme Adalah? Pengertian dan Alirannya Lengkap

 

Sumber: Empathy

Apa Pendapatmu?

Check Also

Perempuan, Tubuh Dan Standar Kecantikan

Perempuan sangat amat memikirkan kecantikan. Bahkan sesama perempuanpu  sering menganggap …