8 Bentuk Emosi Yang Jarang Orang Tahu

Emosi adalah gejolak jiwa atau suatu perasaan yang muncul dari dalam diri seseorang sebagai akibat dari adanya stimulus, rangsangan, baik yang dari dalam diri sendiri ataupun dari luar diri.

Emosi sangat erat kaitannya dengan suasana hati dan kondisi psikologis seseorang yang dinyatakan dalam bentuk perilaku tertentu. Perasaan emosi dapat berupa emosi positif (senang, gembira), dan dapat berupa emosi negatif (marah, sedih).

Kebanyakan orang salah penafsiran tentang makna dari emosi itu sendiri, mereka mengartikan kata “Emosi” sebagai bentuk amarah, padahal sebenarnya kata emosi adalah mewakili berbagai macam bentuk perasaan manusia. Beberapa bentuk perasaan manusia atau emosi adalah sebagai berikut:

  • Senang
  • Marah
  • Bahagia
  • Sedih
  • dll

Baca Juga:

Emosi Menurut Para Ahli

emosi adalah

Agar kita jadi lebih paham tentang arti dari emosi, sebaiknya kita pahami dulu makna dari kata emosi menurut para ahli.

Tonton ini, dan ingatan anda akan meningkat seketika

1. George Miller

Miller berpendapat jika emosi adalah pengalaman individu tentang sebuah perasaan yang kuat, yang biasanya dibarengi dengan adanya perubahan-perubahan fisik di dalam peredaran darah dan juga pernapasan, seringkali juga diiringi dengan sebuah tindakan yang sifatnya memaksa.

2. William James

James berpendapat jika emosi adalah kondisi budi dan rohani manusia yang menampakkan diri pada suatu perubahan yang jelas.

3. Daniel Goleman

Goleman berpendapat jika emosi adalah suatu kegiatan atau gejolak perasaan, pikiran, nafsu untuk bertindak.

4. Angels

Angels berpendapat jika emosi adalah kondisi perasaan yang di alami manusia secara kompleks, yang juga diiringi dengan beberapa gerakan maupun aktivitas kelenjar. Bisa juga pada perilaku yang kompleks yang biasanya didominasi oleh aktivitas lambung atau beberapa organ intrinsik.

5. Dr. Muhammad Najaati

Dr. Najaati mengatakan jika emosi adalah kekacauan yang hebat dan meliputi segala aspek seseorang, yang mempengaruhi terhadap perilaku manusia, perasaan, dan fungsi vital manusia itu sedniri. Emosi juga berasal dari faktor psikologis individu.

Karakteristik Emosi

Ada beberapa karakteristik dan ciri emosi pada manusia. Beberapa dari ciri-ciri emosi adalah sebagai berikut:

  • Subjektif, emosi yang lebih cenderung subjektif dari peristiwa psikologi yang lain, misalnya berpikir.
  • Fluktuatif, emosi yang dapat berubah-ubah pada waktu tertentu.
  • Emosi yang berhubungan dengan beberapa panca indera, emosi bisa timbul saat manusia melihat atau mendengar sesuatu terjadi di sekelilingnya.
Baca Juga  Gangguan Kepribadian Paranoid: Penyebab, Obat, Pencegahan

Beberapa ciri-ciri emosi yang lain adalah:

  • Emosi akibat perubahan fisik, emosi yang dapat membuat fisik individu mengalami berbagai perubahan. Contohnya, saat seseorang mengalami ketakutan makan orang tersebut akan terlihat pucat.
  • Emosi yang bisa diungkapkan dengan perilaku, sebagai contoh saat individu sedang marah maka perilaku yang keluar cenderung meledak-ledak dan kasar.
  • Emosi disebabkan oleh pengalaman yang sifatnya pribadi, contohnya individu yang merasa takut atau phobia pada suatu benda karena pernah mengalami pengalaman yang buruk pada benda tersebut.
  • Emosi karena adanya motif, individu dapat melakukan sesuatu karena disebabkan oleh emosinya. Contohnya, seseorang biasa melakukan tindakan kekerasan karena dia marah ataupun benci.

Faktor Yang Menyebabkan Emosi

Emosi bisa dipicu oleh berbagai faktor, tetapi secara umum yang menjadi penyebab emosi adalah faktor internal dan juga faktor eksternal. Di bawah ini ini ada penjelasan tentang beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya emosi adalah:

1. Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor penyebab timbulnya berbagai emosi yang biasanya berasal dari diri sendiri, yaitu perasaan individu. Perasaan individu adalah faktor penyebab utama timbulnya emosi. Beberapa yang menyebabkan gangguan emosi dari berbagai faktor internal diantaranya:

  • Merasa tidak mampu atau merasa bodoh.
  • Merasa kecewa terhadap diri sendiri dan sekitarnya.
  • Merasa cemas dan tidak percaya diri karena kekurangan dalam diri sendiri.
  • Merasa sedih karena berkurangnya kasih sayang.
  • Merasa iri pada saudara karena merasa diperlakukan tidak adil.
  • Dll

2. Faktor Eksternal

Faktor yang menjadi penyebab munculnya emosi yang berasal dari luar diri, antara lain:

  • Berada di lingkungan, keluarga dan, tempat kerja dan juga sekolah yang terlalu sering menyalahkanorang lain.
  • PMendapat perlakuan dari orang sekitar yang juga memperlakukan individu yang sudah dewasa masih seperti anak kecil.
  • Keluarga dan orang tua yang juga menentang hubungan percintaan individu.
  • Menuntut terlalu banyak pada orang lain yang berisiko mendapat hukuman jika dia gagal melaksanakannya.
  • dll.

Berbagai Jenis Emosi Pada Manusia

 

 

emosi adalah
 

1. Rasa Cinta

Perasaan cinta adalah emosi di dalam diri seseorang dimana manusia tersebut memiliki perasaan terikat pada orang lain, benda, maupun hal yang lain. Contoh perasaan cinta kepada sahabat, percaya, rasa yang dekat, sebuah kemesraan dan juga rasa hormat.

Baca Juga  Perceraian, Dampak Fisik Dan Psikologisnya Bagi Anak

2. Rasa Marah

Perasaan marah adalah kebalikan dari rasa cinta, yakni emosi di dalam diri seseorang yang memutuskan perasaan seseorang tersebut terhadap orang lain. Rasa marah dan benci adalah emosi negatif yang dapat menurunkan motivasi orang tersebut pada berbagai kegiatan.

Contoh perasaan marah: kesal, benci, jengkel, mengamuk, beringas.

3. Rasa Sedih

Perasaan sedih merupakan suatu emosi manusia yang dapat ditandai dengan perasaan yang tidak beruntung, tidak diharapkan, kehilangan dan merasa tidak berdaya. Contoh dari perasaan sedih adalah melankolis, putus asa, melankolis, muram dan iba terhadap diri sendiri.

4. Rasa Malu

Perasaan malu merupakan emosi dalam diri manusia yang disebabkan oleh sebuah tindakan yang dilakukan pada sebelumnya, dan kemudian ingin segera ditutupinya.

5. Rasa Benci

Perasaan benci merupakan suatu keadaan emosi seseorang yang biasanya menggambarkan ketidak sukaan, antipati, permusuhan. Perasaan benci dapat terjadi karena merasa sakit hati, adanya ketidakinginan dan tidak sesuai dengan perasaan. Oleh karena itu akan timbul rasa untuk segera menghindar, menjauh, dan bahkan melenyapkan hal yang biasanya di benci tersebut.

6. Rasa Takut

Perasaan takut merupakan emosi pada diri manusia yang biasanya muncul pada saat situasi tidak aman yang dihadapi individu. Contoh perasaan takut adalah:  khawatir, cemas, was-was, gugup dan perasaan takut sekali, tidak tenang, waspada dan juga ngeri.

7. Rasa Cemburu

Perasaan cemburu merupakan emosi di dalam diri seseorang yang berangaapan pada pikiran negatif dan perasaan takut, terancam dan juga khawatir kehilangan sesuatu ataupun seseorang yang dianggap berarti dalam hubungan antar sesama manusia.

8. Rasa Dengki

Perasaan dengki atau iri merupakan emosi yang negatif pada diri seseorang dimana biasanya orang tersebut merasa kurang begitu senang melihat orang lain lebih beruntung. Makna  dari kata “dengki” adalah gabungan perasaan yang  bercampur dengan iri hati, tidak suka, benci, syirik, cemburu terhadap orang lain.

Ok, dari penjelasan di atas bisa disimpulkan jika emosi adalah perasaan di dalam diri indivvidu yang mendorong seseorang tersebut untuk dapat merespon perubahan, baik di dalam diri sendiri ataupun dari luar diri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.

 

Baca Juga  Bentuk Rasionalisasi, Mekanisme Pertahanan Diri Manusia

Sumber: Macam-Macam Emosi

Apa Pendapatmu?

Check Also

Tanda-Tanda Hamil Yang di Alami Wanita Secara Psikologis

Tanda-tanda hamil yang ditunjukkan melalui perubahan fisik, umumnya para wanita akan langs…