10 Alasan Kamu Wajib Belajar Psikologi, Meskipun Tidak Kuliah Jurusan Psikologi 

Perilaku manusia yang kompleks bisa menjadi hal yang menarik serta berguna untuk mempelajari alasan yang memotivasi perilaku tertentu. Belajar psikologi dapat memberikan kamu pemahaman yang lebih baik dari orang-orang dan kamu akan dapat menggunakan pengetahuan ini dalam situasi dalam kehidupan sehari-hari.

Di dalam ilmu hukum, masalah ini juga membuat ilmu psikologi sangat erat hubungannya dengan ilmu kriminologi. Selain itu, mengejar gelar psikologi ternyata dapat memberikan peluang pekerjaan yang menguntungkan.

Bagi masyarakat yang masih awam, mungkin akan berpendapat bahwa belajar psikologi hanya untuk orang-orang tertentu. Profesi yang akan dilakukan mereka nantinya paling-paling hanya menjadi psikolog atau konselor sekolah. Padahal, kalau kalian mau melihat lebih jauh, banyak alasan mengapa belajar psikologi itu penting.

Tentu saja, di sini tidak hanya bicara soal relasi antar sesama manusia. Banyaknya pilihan karir di luar sana menjadi salah satu alasan mengapa belajar psikologi itu penting. Lantas, bagaimana dengan alasan-alasan yang lain?  12 contoh di bawah ini mungkin dapat membuka wawasan kamu mengenai psikologi:

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Diwajibkan Konsultasi Psikologis

Kecerdasan Buatan (AI) Berpotensi Menghancurkan Manusia?

5 Teori Psikologi Klinis Dan Gambaran Keilmuannya

10+ Prospek Lapangan Kerja Lulusan Psikologi

1. Untuk Melihat Kepribadian Diri

Seperti yang sudah dijelaskan, psikologi merupakan ilmu yang terkait dengan manusia atau relasi dengan sesamanya. Tetapi, sebelum fokus kepada manusia lain, mulailah kamu dengan diri sendiri dulu. Inilah alasan mengapa belajar psikologi itu penting. Dengan psikologi, kamu bisa belajar untuk lebih mengenal diri sendiri.

Jangan percaya bila ada yang berpendapat bahwa kepribadian hanya terbentuk dari satu faktor. Setiap manusia itu unik, karena mempunyai pengalaman berbeda-beda. Dengan mempelajari psikologi, Anda dapat mengurai kepribadian diri sendiri dulu sebelum belajar memahami orang lain.

2. Dapat Membantu Menyelesaikan Masalah

Pengetahuan psikologi juga akan membantu kamu dalam memecahkan masalah sehari-hari yang lebih efektif. Jika kamu memiliki pemahaman tentang bagaimana orang cenderung untuk bereaksi dalam situasi tertentu, kamu dapat menghadapi situasi dengan cara yang lebih baik. Selain itu, pemahaman tentang pemikiran kamu sendiri dan psikologi akan memungkinkan kamu untuk mengatasi masalah, tanpa kehilangan kesabaran.

Ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa belajar psikologi yang juga paling di ingat. Saat menghadapi masalah, pemikiran dan kepribadian orang ternyata sedang diuji. Bagaimanakah cara mereka menyelesaikan masalah? Hal ini juga termasuk psikologi kejiwaan dan pendidikan.

Baca Juga  Memahami Gejala Anhedonia, Tidak Senang Dan Tidak Sedih Dalam Hidup

Belajar lebih peka menghadapi masalah yang ada menjadi alasan mengapa belajar psikologi itu penting. Selain itu, kamu juga bisa belajar untuk kreatif diwaktu berusaha menyelesaikan masalah.

3.Memahami Bakat Dan Minat Setiap Individu

Tidak hanya untuk diri kamu sendiri (terutama pada saat kuliah), namun juga untuk anak-anak. Apalagi, setiap anak mempunyai bakat dan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Dengan ilmu psikologi, kamu akan tahu bahwa jika anak lemah dalam pelajaran tertentu, bukan berarti mereka bodoh.

Bisa jadi, anak mempunyai kelebihan lain. Dengan belajar ilmu psikologi, Kamu dapat membantu memetakan prestasi akademik seseorang. Tidak hanya membantu pelajar untuk menemukan metode belajar yang tepat, namun juga menentukan jurusan kuliah.

4. Mengembangkan Metode Belajar Pada Anak

Ini berlaku dalam dunia pendidikan. Mengingat setiap anak mempunyai bakat dan kecerdasan yang berbeda-beda, metode belajar yang sama belum tentu cocok untuk semua. Pilihlah yang kira-kira dapat membuat anak merasa lebih nyaman, sekaligus dapat menambah semangat dalam belajar.

Baik untuk menemukan dan mengembangkan metode belajar formal maupun nonformal, ini juga alasan belajar psikologi itu penting. Semoga sesudahnya anak tidak lagi mengalami kesulitan belajar dan dapat mempunyai prestasi akademik yang memuaskan.

5. Agar lebih peka dengan situasi dan kondisi sekitar

Belajar psikologi ternyata tidak harus menunggu harus kuliah dulu, lho. Bahkan, manusia dapatmemulainya sejak masa remaja. Apalagi, masa remaja merupakan masa pencarian jati diri. Jika tidak diarahkan dengan benar, mereka dapat mudah tersesat karena pengaruh buruk lingkungan.

Masa remaja merupakan masa transisi dari kanak-kanak menuju dewasa. Pastinya, ada banyak hal yang membuat mereka merasa bingung dan gelisah. Contohnya perubahan mental, fisik, dan psikologis. Bahkan, tidak jarang mereka cenderung menjadi pemberontak karena mereka merasa tidak dipahami oleh orang tua ataupun orang dewasa di sekitar mereka.

Inilah salah satu alasan mengapa belajar psikologi itu penting. Remaja  akandapat belajar mengontrol emosi sejak dini, sehingga tidak mudah goyah.

6. Pemahaman diri

Siapa sih yang tidak tertarik untuk memahami diri kamu sendiri dengan lebih baik? Tidak ada cara yang lebih baik untuk memahami diri kamu sendiri selain melalui pengetahuan psikologi. Semua perilaku kamu semua bisa dipahami melalui pemahaman psikologi. Selain itu dapat membantu kamu untuk menangani emosi negatif secara efektif.

Baca Juga  Apa sih Motivasi sebenarnya? kupas tuntas Pengertian, Jenis & Fungsinya

7. Memiliki Kepekaan Hati Dan Empati

Sebagian besar masalah yang timbul di antara orang-orang karena mereka gagal untuk memahami satu sama lain. Mereka tak bisa memahami sudut pandang orang lain. Psikologi membantu kamu agar dapat memahami mengapa orang berpikir sedemikian rupa. Sebagai hasilnya, kamu dapat berempati terhadap orang lain. Kamu mungkin tidak setuju dengan mereka, tetapi saat kamu melihat alasan di balik keyakinan mereka, kamu akan dapat memahami mereka dengan lebih baik.

8. Belajar Untuk Beradaptasi

Dengan meningkatkan kemampuan untuk berempati dengan orang lain, kamu akan dapat dan mampu beradaptasi lebih baik dalam setiap kelompok sosial, baik itu di sekolah, tempat kerja, atau kelompok masyarakat lainnya, di mana terdapat berbagai jenis dan sifat manusia. Belajar psikologi dapat membantu kamu dalam memahami karakteristik seseorang. Pengetahuan tentang psikologi dapat membantu kamu dalam membangun kerjasama dalam kelompok.

9. Dapat Mengembangkan Keterampilan Komunikasi

Psikologi menjelaskan bagaimana seseorang dapat berkomunikasi. Dengan memahami hal ini, kamu dapat menggunakan metode yang akan membantu dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan membuatmu lebih persuasif dan efektif. Memahami komunikasi manusia juga akan memudahkan bagi kamu untuk menghindari membuat kesalahan yang menyebabkan miss communication. Selain itu, pada profesi tertentu seperti dalam marketing, sumber daya manusia, media, motivator dan sebagainya, komunikasi merupakan kuncinya, pengetahuan tentang psikologi bisa terbukti sangat bermanfaat.

10. Pemahaman yang lebih baik

Psikologi memungkinkan kamu untuk memahami orang lain dengan lebih baik, melihat mereka dalam perspektif yang lebih luas. Ini akan membantu kamu untuk memahami emosi irasional seseorang. Sebagai akibat dari masalah ini, kamu juga akan berada dalam posisi untuk membantu mereka dengan berbagai gejolak emosional mereka. Kamu tidak perlu menjadi seorang konselor profesional untuk membantu orang lain dengan masalah mereka, kamu dapat menggunakan pengetahuan kamu untuk membimbing teman-teman dan juga keluarga.

11. Peluang karir

Ada begitu banyak kesempatan bagi orang-orang yang mengejar gelar psikologi. Karir dalam psikologi bisa meliputi , psikolog pendidikan,psikolog olahraga, psikolog komparatif, psikolog forensik, dan lain-lain. Jika dunia usaha menarik minat kamu, ada juga permintaan yang besar untuk psikolog industri. Selain itu, ada permintaan yang besar bagi mahasiswa psikologi dalam bidang apapun, karena mereka bisa menerapkan keterampilan mereka dalam berbagai situasi.

Baca Juga: 10+ Prospek Lapangan Kerja Lulusan Psikologi

Baca Juga  Mengenal Pengertian Dan Macam-Macam Waham

Sebenarnya, masih banyak sekali alasan kenapa belajar psikologi itu penting. Namun, inilah sebelas  (11) hal yang paling penting dan mendasar. Dengan belajar psikologi secara tepat, kamu dapat mengatasi masalah dengan tenang sekaligus belajar menjaga keseimbangan dalam hidup kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Impostor Syndrome : Si Pintar Yang Merasa Dirinya Tak Layak

Impostor syndrome merupakan kondisi psikologis dimana orang tersebut merasa bahwa dirinya …