arti mimpi secara psikologi

Waspada! ini 11 Penjelasan Arti Mimpi Secara Psikologis

Selama ini manusia berusaha memecahkan misteri arti mimpi yang mereka alami. Bahkan saat ini ada ilmu yang mempelajari tentang mimpi yang disebut Oneirology.

Mereka yang lebih menyukai ramalan dari pada sains, lebih suka menafsirkan arti mimpi yang mereka alami dan percaya bahwa mereka dapat memprediksi masa depan.

Akan tetapi para psikolog berpikir bahwa mimpi mencerminkan kondisi kita saat ini.

baca juga : penjelasan law of attraction

Dan alam bawah sadar kita mencoba memberi tahu kita sesuatu yang penting melalui mimpi dari waktu ke waktu.

Trik membaca masa depan

Mimpi merupakan hal umum bagi kita semua.

Hampir setiap hari masing-masing dari kita mengalami mimpi. Mimpi-mimpi ini disebabkan oleh perasaan masa lampau kita, budaya, pengalaman nenek moyang, dan pengalaman pribadi.

Seorang psikolog dan seorang ahli di bidang mimpi, Patricia Garfield, menyebut mimpi-mimpi tersebut adalah “Mimpi Universal” dan berkata,

Seperti semur yang kaya dengan bumbu rempah lokal, mimpi universal setiap orang berbeda, tetapi mereka semua adalah varian bergizi dari makanan sehat yang sama. Mereka se tua kemanusiaan dan seluas dunia kita. “

1. Arti Mimpi Dikejar atau Dianiyaya

Menurut Lauri Loewenberg seorang ahli di bidang mimpi,

Orang-orang yang cenderung menghindari konflik, yang takut akan kericuhan atau takut menimbulkan masalah akan memiliki mimpi dikerja yang berulang-ulang.

dikejarPerhatikan hal apa yang mengejar Anda. Hal tersebut melambangkan perasaan atau situasi tidak menyenangkan yang coba anda hindari dan untuk tidak pikirkan dalam kehidupan nyata, bisa berupa hutang atau ketergantungan.

Apakah Anda bermimpi dikejar oleh orang yang Anda kenal? Pikirkan tentang apa atau dengan siapa Anda kaitkan dengan orang ini.

Dalam mimpi anda mungkin menunjukkan orang lain atau bahkan bagian dari kepribadian Anda yang tidak ingin Anda akui (seperti bakat atau aspirasi tersembunyi).

Teori lain mengatakan bahwa, mimpi melarikan diri dari seseorang hanyalah perasaan dari naluri primitif yang ada dalam gen kita berkat leluhur kita. Semua karena mereka terus-menerus lari dari predator.

2. Arti Mimpi terjatuh

Saat dewasa, di dalam mimpi kita sering bermimpi terjatuh dari pada terbang. Menurut Psikolog Ian Wallace,

mimpi tentang terjatuh melambangkan rasa takut kehilangan kendali”.

fall

Anda tidak dapat mengendalikan sesuatu yang terjadi dalam hidup anda, karena beberapa perubahan drastis yang terjadi dan anda belum siap untuk perubahan tersebut.

Pikirkan perubahan dalam hal apa yang anda rasa paling membuat anda tertekan atau rentan serta cara untuk memperbaikinya, baik itu hal pekerjaan, hubungan, keuangan, kesehatan, dll.

Baca Juga  Cek di sini apakah Kamu termasuk Generasi Micin!!

3. Mimpi Terluka dan Meninggal

Sebagian dari kita mungkin sering bermimpi seseorang yang dekat dengan kita terluka, sakit, atau sekarat.

death

Mimpi-mimpi itu menimbulakan kekhawatiran, dari sudut pandang psikologi nyatanya semuanya tidak seburuk itu.

Secara psikologi, hal tersebut hanyalah ketakutan kita akan masa depan dan perubahan yang tak terhindarkan.

Dimana perubahan itu terjadi dengan mereka yang dekat dengan kita.

Jika Anda melihat kematian Anda sendiri, itu berarti bahwa sebagian dari Anda sedang sekarat dan masih berada pada bayangan masa lalu.

Sedangkan sebagian diri anda sedang mencoba untuk memberi ruang pada sesuatu yang baru.

4. Arti Mimpi Gigi Gontok.

Alam bawah sadar kita mengartikan gigi sebagai senjata, indikator kekuatan, dan kemampuan untuk “menggigit” sepotong dunia. Penney Peirce berpendapat,

Mungkin, Anda baru-baru ini merasa tidak berarti dan tidak berdaya di dunia nyata.”

gigi rontok

Menurut Patricia Garfield “ ketika anda bermimpi gigi anda rontok, hal tersebut mendakan kemarahan tersembunyi”.

Seperti halnya pada saat kita menahan amarah, kita menekan rahang kita, dan gigi kita mungkin mulai berderit dan menggiling. Mimpi ini mungkin menandakan bahwa, saat ini ada harus menghilangkan perasaan negatif.

5. Bermimpi Masuk Ruangan Yang Tidak Dikenali (Masuk Ke Tempat Asing)

Mimpi tentang ruangan baru adalah tentang pengetahuan diri anda sendiri. Ketika dalam mimpi anda menemukan diri anda berada di ruangan yang tidak anda kenali dan merasa asing, itu berarti anda tidak bisa mengenali diri anda sendiri.

empety room

Mimpi tersebut juga mengartikan bahwa anda sedang mengabaikan beberapa sisi karakter yang ada pada diri anda.

Bagian dari ruangan yang anda anggap asing dan terpisah melambangkan bahwa Anda memiliki bakat, keterampilan, atau peluang tersembunyi yang tidak Anda gunakan.

Seorang Psikoterapis bernama EDDI Traversa berpikir bahwa,

“Kita secara tidak sadar mengelompokkan beberapa ruangan dengan proses tertentu”.

Mimpi berada di Dapur adalah tempat memasak dimana hidangan mentah menjadi santapan untuk dimakan.

Hal tersebut berarti anda sedang mengalami beberapa perubahan batin.

Kamar mandi mengartikan kebebasan dari hal yang anda anggap tidak penting, yang melambangkan bahwa sudah saatnya anda menyingkirkan hal-hal yang tidak penting.

Kamar mandi adalah tempat membersihkan badan dan hal tersebut mengartikan anda merasa harus menjelaskan dan melihat sesuatu dari cara yang berbeda.

Ketika anda sedang bermimpi berada di kamar tidur, itu menandakan anda sedang mengkhawatirkan hal-hal dalam hubungan asmara anda.

Baca Juga  Mengapa Kita Suka Dengan Hal Mistis Dan Supranatural?

6. Mimpi Terlambat

Mungkin Anda sering bermimpi berlari mengejar kereta atau anda merasa terlambat menghadiri pertemuan penting.

late

Seorang ahli mimpi bernama Michael R. Olsen berpendapat,

Mimpi terlambat melambangkan rasa takut kehilangan sesuatu yang anda anggap penting entah dalam hubungan anda atau dalam hal mengasuh anak

Jika anda merasa kewalahan dan merasa tidak punya banyak waktu untuk mencapai hal-hal yang anda inginkan di dunia nyata.

Saat itu lah alam bawah sadar anda sedang mengirimkan sinyal bahwa, saat ini sudah waktunya untuk anda mempertimbangkan kembali jadwal kegiatan anda dan cobalah untuk lebih meluangkan waktu untuk hal-hal yang anda anggap penting.

7. Makna Mimpi Peralatan atau Kendaraan rusak

Pernahkah anda bermimpi sedang mencoba menggunakan beberapa  atau gadget peralatan lainnya? Dan tiba-tiba rusak lalu anda tidak melakukan apapun.

broken tools

Menurut Patricia Garfield,

“Mimpi seperti itu lebih dering dialami oleh wanita dan melambangkan rasa khawatir tentang suatu hubungan atau hilangnya hubungan emosional dengan seseorang”

Ketika anda bermimpi mengendarai sebuah motor maupun mobil, dan tiba-tiba kendaraan yang anda kendarai tidak berfungsi dengan baik atau rusak.

Kemungkinan anda sedang merasa kehilangan dukungan dan tidak bisa mengatasi sendiri sistuasi sulit yang sedang terjadi di kehidupan anda.

8. Makna Mimpi terkena bencana atau kiamat

Sebagian dari kita mungkin pernah bermimpi tentang becana, entah yang disebabkan oleh alam maupun bencana yang terjadi akibat ulah manusia.

kiamat

Dimana pada saat mimpi itu terjadi, kita merasa takut tentang keselematan diri kita sendiri maupun keselamatan orang terdekat kita.

Mimpi-mimpi ini mungkin menunjukan masalah pribadi yang sudah diluar kendali anda atau mungkin anda sudah merasa terancam oleh sesuatu.

Tentu saja, pesan konstan di media tentang bencana dan aksi terorisme yang terjadi dapat memperburuk situasi perasaan anda.

Sebagai hasilnya kita mulai khawatir dengan perkembangan dunia modern.

Terkadang pada saat mengalami mimpi buruk kita mencoba berteriak keras, tetapi kita justru merasa suara kita tertahan dan menyebabkan ketakutan yang lebih besar.

Secara Psikolog menjelaskan hal tersebut sebagai kelumpuhan tidur. Selama fase tidur berlangsung, waktu dimana kita bermimpi, otak kita sengaja melumpuhkan tubuh kita sedangkan di alam mimpi kita sedang berlari, melompat dll.

Orang yang mengalami kelumpuhan tidur biasanya akan bangun sebelum akhir dari fase terakhir tidur dan dalam kondisi setengah sadar untuk waktu yang singkat.

Fase setengah sadar tersebut dapat dirasakan sebagai ketidakmampuan untuk bergerak, berbicara, dan beberapa kasus susah bernafas, sebagian orang biasanya menyebutnya sebagai ketindihan.

Baca Juga  Pengertian, Sejarah, dan Aliran Feminisme Lengkap

9. Mimpi Menggunakan Pakaian Yang Salah Atau Mimpi Tidak Menggunakan Pakaian

Dalam mimpi Anda, Anda muncul di tempat umum mengenakan pakaian yang tidak pantas atau tidak mengenakan apa pun. Dalam situasi ini, penting untuk memperhatikan perasaan yang Anda temui dalam mimpi Anda.

salah kostum

Mimpi-mimpi ini biasanya diikuti oleh perasaan malu. Seorang psikolog Ian Wallace mengatakan,

Ini berarti bahwa Anda merasa rentan terhadap pekerjaan baru Anda atau dalam hubungan baru Anda dan takut orang lain akan belajar tentang kelemahan dan kerugian yang Anda miliki.”

Namun, jika Anda tidak merasa malu dalam mimpi Anda tetapi alih-alih merasa bangga pada diri sendiri, dan percaya diri, mimpi itu memiliki makna yang berlawanan.

Mungkin saat ini Anda merasakan kurangnya pengakuan dan perhatian dari orang lain, serta anda ingin orang lain melihat bakat Anda dan juga kepribadian yang ada pada diri Anda.

Jika Anda akan menghadiri acara yang penting dalam waktu dekat dan Anda memiliki mimpi bahwa Anda atau teman Anda berpakaian tidak tepat, itu berarti Anda memiliki keraguan tentang acara tersebut.

Sebagai contoh, seorang pengantin wanita bermimpi melihat pengantin pria dalam kostum badut sebelum pernikahan mereka.

10. Mengartikan Mimpi Sedang Hamil

pregnant

Menurut psikolog David Bedrick,

Mimpi kehamilan melambangkan sesuatu yang baru tumbuh di dalam diri kita”.

Dan secara tidak sadar anda bermimpi tentang “melahirkan”  sebuah ide kreatif baru yang menarik. Seperti menulis buku baru hingga renovasi rumah.

Hal tersebut memberikan tanda kepada anda bahwa, sudah waktunya anda menetapkan tujuan dan menunjukan pada dunia bagaimana anda dapat memberikan perubahan pada diri anda maupun dunia.

11. Kegagalan Dalam Djian atau Berbicara Di Depan Umum.

Anda akan mengikuti ujian dan tiba-tiba menyadari bahwa Anda tidak mengingat apa pun, atau Anda tiba-tiba grogi dan tidak dapat mengatakan apa-apa saat berdiri di depan banyak orang.

Mimpi-mimpi ini mungkin tidak hanya dialami oleh siswa dan anak-anak sekolah tetapi juga oleh orang-orang yang sudah dewasa dan telah lulus.

Secara Psikologis kemungkinan Anda mengalami stres sesaat sebelum tidur atau sangat khawatir tentang sesuatu. Dalam hal ini, lebih baik anda beristirahat sejenak dan bersantai.

 

Itulah 11 arti mimpi secara psikolog menurut beberapa ahli. Pada dasarnya mimpi adalah bunga tidur.

Kegiatan sehari-hari yang kita lakukan terkadang membuat alam bawah sadar kita mereflesikannya hingga ke dalam mimpi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

10 Kata Rasis Yang Tanpa Disadari Sering Kalian Ucapkan

Rasisme adalah sebuah gagasan yang diciptakan manusia dengan untuk membedakan-bedakan oran…