5 Menit Menemukan Passion Dalam Diri Kalian

1. Apa Itu Passion?

Begitu banyak sekali definisi dari kata passion. Beberapa di antaranya yaitu

Passion merupakan sesuatu yang tidak pernah kalian bosan untuk melakukannya.

Passion adalah dimana kalian akan mengorbankan segala hal untuk mencapai hal itu.

Passion merupakan sesuatu hal yang dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar individu

Passion adalah dimana kalian tidak memikirkan untung dan rugi.

Passion adalah saat kalian melakukan hal itu begitu saja dan lupa dengan hal yang lain.

Passion merupakan sesuatu yang jika tidak kalian lakukan, maka kalian akan merasa ada sesuatu yang kurang.

Passion adalah sesuatu yang sangat kalian sukai, sesuatu yang bisa kalian lakukan berjam-jam tanpa kalian merasakan kelelahan.

Setiap orang ini di dunia tentunya memilik minat atau biasanya di sebut dengan passion terhadap sesuatu hal. Passion sendiri menjadi salah satu hal yang mencerminkan dan menggambarkan bagaimana dan siapa diri kalian yang sebenarnya. Tidak dipungkiri memang dalam menemukan passion susah-susah gampang.

Bagi beberapa orang yang memang bisa langsung tahu apa passion-nya, rasanya nggak sulit buat mereka untuk menemukannya, ya kan? tetapi bagi sebagian yang lain dari mereka yang masih bingung dan kesulitan, ternyata rasanya sulit sekali lh0o! Alhasil, tidak jarang bahkanyang sampai sekarang mereka masih merasa bingung apa passion mereka.

Kalian sering sekali mendengar jika kunci sukses adalah menemukan passion dan memperjuangkan passion tersebut sampai kalian sukses (anggapan sukses disini adalah *kaya*). Tetapi sebagian besar dari kalian terkadang salah dalam mengartikan passion dan juga kurang tepat dalam cara mencari passion tersebut.

Bisa dikatakan passion kalian terhadap sesuatu itu sama seperti saat kalian jatuh cinta kita kepada seseorang, beberapa persamaannya adalah:

  • Sulit dijelaskan mengapa dan bagaimanakamu mencintai dia
  • Membuat kalian merasa bahagia dan betul-betul hidup
  • kalian sungguh-sungguh mau dan rela dan banyak berkorban untuk melakukannya
  • Sama halnya seperti cinta, bukan berarti hal itu akan membuat kalian selalu bahagia 24 jam/7 hari (tapi kalian juga siap menderita)
Baca Juga  Cara Cepat Memprogram Pikiran Agar Melupakan Kenangan Tertentu

Baca Juga: 10+ Prospek Lapangan Kerja Lulusan Psikologi

Trik membaca masa depan

Ingin Sukses? Pahami Dulu Cara Pengembangan Aktualisasai Diri

9 CARA MENJADI GURU YANG BAIK DAN PROFESSIONAL

2. Bagaimana Menemukan Passion?

Nah, jika kalian merasa bingung juga, yuk mari coba baca ke-5 tips ini! Saya tidak menjamin bisa langsung ketemu, tapi setidaknya bisa cukup membantu!

a. Mengenal Hal Yang Menonjol Dari Diri Kalian

Untuk menemukan passion kalian yang pertama, sekarang saatnya kalian mengenali hal apa yang paling menonjol dari diri kalian. Coba kalian ingat-ingat lagi di antara sekian hal yang pernah kalian lakukan, kalian lebih menonjol ke bidang yang mana? Apakah ke bidang olahraga, sastra, musik, seni atau yang lainnya?

Untuk mengetahui jawabannya, kalian harus mengenali diri kalian tentunya. “Gimana ya guys caranya?” kalian bisa coba membuat analisis SWOT untuk diri kalian sendiri (hehe, berasa nulis skripsi). Pahami diri kalian perihal passion tersebut dan temukan keunikan yang ada pada diri kalian itu.

b. Ingat Hal Yang Kalian Sukai Pada Masa Kecil

Untuk menemukan passion kalian selanjutnya, kalian perlu mengetahui apa yang menjadi kesenangan dan kesukaan kalian sewaktu kalian kecil. Sebagai contoh, apakah sewaktu kecil kalian senang dan suka menggambar? bernyanyi? menulis? memainkan alat musik? atau adakah hal lainnya?

Bisa jadi di antara beberapa hal tersebut ada passion yang selama ini belum kalian sadari, cuma kaliannya aja mungkin yang kurang peka hehehe!

c. Renungkan Terkait Impian Kalian di Masa Depan

Kalian ingin menjadi dan mencapai apa di 10-20 tahun yang akan datang dari diri kalian yang sekarang? kalian ingin bermimpi memiliki apa di masa-masa mendatang? apa yang kalian harapkan dari diri kalian di masa sekarang untuk masa mendatang?

Cobalah renungi itu semua dan jawablah secara jujur! Pasti nggak lama lagi kalian akan menemukan passion– kalian deh, asal kalian nggak boleh tebak-tebak buah manggis loo ya!

Jika kalian menginginkan sesuatu di masa mendatang, maka yang harus kalian lakukan adalah bersiap bergerak mulai dari sekarang! Tunggu apa lagi.

Baca Juga  10+ Prospek Lapangan Kerja Lulusan Psikologi

d. Mempelajari hal yang disenangi dan disukai

Nah, jika kalian memiliki kesenangan dan kesukaan terhadap sesuatu hal yang benar-benar menarik perhatian kalian, maka kalian akan semangat untuk mempelajarinya.

Maksudnya, kalian akan mempelajari kesenangan dan kesukaan kalian tersebut secara lebih mendalam. Kalian ingin tahu banyak terhadap informasi-informasi yang ingin kalian dapatkan darinya.

Kalian selalu kepo alias penasaran untuk terus menggali hal-hal yang belum kalian dapatkan dari kesenangan dan kesukaan kalian tersebut. Bahkan, kalian semakin penasaran dibuatnya untuk terus mencobanya. Iya kan?

e. Kenali Sosok Mentor Kalian

Nah, yang ini penting juga untuk kalian ketahui. Kalau kalian senang dan suka terhadap sesuatu hal, maka kalian bisa melihatnya dari siapa mentor kalian.

Hal itu dikarenakan mentor turut memengaruhi kalian dalam hal yang kalian senangi. Kalian tentu akan belajar banyak dari dia si mentor dan menggali nilai-nilai yang baik juga dari kehidupanya.

Well, itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menemukan passion kalian nih. Setidaknya, kalian nggak perlu bingung lagi untuk menentukan apa pilihan yang akan kalian ambil dan berdampak untuk kehidupan kalian di masa mendatang.

Yang terpenting, temukan apa yang kalian cintai dan apa yang kalian cari selama ini. Temukan dengan se detail-detailnuya, setepat-tepatnya, sejujur-jujurnya dan sebaik-baiknya yaa! Semangat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kumpulan Cerita Motivasi Penyemangat Kerja Terbaru 2019

1. Jangan Pernah Meremehkan Pekerjaan Dua orang pemuda yang tak berpengalaman mendapatkan …

Daftar Langganan

Get Even More

Subscribe to our mailing list to get the new updates!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur.

Don't worry, we don't spam.

Stay Connected