5 Dampak Negatif Jika Terlalu Berprasangka Buruk

Apasih Sebenernya Prasangka Itu?

Prasangka (prejudice) merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin. Prae berarti sebelum dan Judicium berarti keputusan.

Prasangka juga dikatakan sebagai penilaian atau pendapat yang diberikan oleh seseorang tanpa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Prasangka juga dapat diartikan sebagai sikap sosial atau keyakinan kognitif yang merendahkan, ekspresi dari perasaan yang negatif, rasa bermusuhan atau perilaku diskriminatif kepada anggota dari suatu kelompok sosial tertentu sebagai akibat dari keanggotaannya dalam kelompok tertentu.

Pada kasus yang lebih parah prasangka adalah suatu bentuk sikap negatif terhadap anggota suatu kelompok tertentu yang dapat menimbulkan perilaku diskriminasi hingga kekerasan. Penilaian ini didasarkan hanya pada keanggotaan seseorang (individu) dalam suatu kelompok bukan karena karakteristik individu maupun perilaku aktualnya.

Baca Juga: Pasanganmu POSESIF? Putusin Aja!! 6 Tanda Sifat Posesif Pada Pasanganmu.

Tonton ini, dan ingatan anda akan meningkat seketika

Makna Kata “Benci” Yang Sebenaranya

TERNYATA Tubuh Akan Mengalami 5 Hal Ini Saat Patah Hati!! Bagaimana Cara Menyembuhkan??

Autism Spectrum Disorder: Pengertian, Gejala dan Karakteristik Lengkap!

5 Dampak Negatif  Jika Kalian Terlalu Banyak Prasangka Buruk

Setiap orang pasti pernah menaruh rasa curiga pada orang di lain. Yah, tidak salah juga memang, jika itu sebagai bentuk jaga-jaga atau proteksi diri. Apalagi jika rekam jejak orang yang kitacurigai itu sudah nampak. Itu masih tergolong wajar lah.
Tetapi, apa jadinya bila ada seseorang yang di dalam hidupnya selalu diliputi rasa penuh curiga sampai berlebihan, tentu itu jelas menandakan ada yang salah pada dirinya, terlebih bila dirinya sendiri memang tidak bisa membuktikan apakah prasangkanya terhadap orang tersebut benar, atau hanya semacam praduga pribadi dirinya saja. Tentu hal ini akan membuat dirinya sendiri dan orang yang dicurigainya merasa gak nyaman, bukan?Oke oleh sebab itu, bila prasangka buruk itu berlanjut, bukan tidak mungkin akan membawa kalianpada lima dampak seperti yang akan saya dijelaskan di bawah ini.

1. Larut dalam perasaan cemas, gelisah dan tidak tenang

Terlalu larut berlebih pada prasangka buruk akan membuat kalian larut pada rasa cemas, gelisah dan juga tak tenang.

Baca Juga  Memahami Gejala Anhedonia, Tidak Senang Dan Tidak Sedih Dalam Hidup

Karena kalian memelihara emosi negatif dalam diri, tentunya juga akan membuat aura jiwa kalian menjadi negatif. Dalam kacamata kalian, semua orang akan terlihat seperti musuh dalam selimut, muka dua, pengkhianat, penjahat dan lain-lain. Meskipunjelas itu tidak sepenuhnya benar.

Tahukah kalian jika cara pandang kalian akan menentukan bagaimana cara orang lain melihat kalian? Jadi segeralah rubah kebiasaan buruk itu agar kalian bisa mendapat kehidupan yang lebih baik.

2. Permusuhan

Karena terlalu banyak larut dalam prasangka buruk, kalian akan cenderung menampilkan ekspresi yang tak bersahabat pada orang yang kalian jumpai. Kalian akan cenderung lebih sensi, mudah marah, berubah mood, membatasi diri kalian dari pergaulan sehingga dampaknya bisa memperburuk hubungan pertemanan kalian jelasnya, karena tentunya orang lain tidak akan merasa nyaman berada di dekat orang yang terlalu berburuk sangka.

Cara kalian dalam menampilkan ekspresi wajah dan gestur tubuh dapat mempengaruhi cara orang bersikap pada kalian. Jadi segera ubah kebiasaan buruk ini agar teman-teman kalian tidak semakin menjauh dari kalian

3. Kesepian

Prasangka buruk yang terus kalian pelihara akan membuat diri kalian merasa kesepian, jiwa kalian menjadi hampa dan kosong.

Kalian merasa bahwa semua orang gak ada yang mau mengerti dan peduli pada kalian. Tanpa kalian sendiri sadar, jika itu semua terjadi karena kalian sendiri yang buat, bukan orang lain.

Maka dari itu jangan selalu menyalahkan orang lain atas segala hal yang terjadi di hidup kalian. Saatnya kalian mulai berbenah dan intropeksi diri untuk hidup yang lebih baik.

4. Semua orang terlihat sama, seperti musuh dalam selimut

Pikiran negatif akan selalu timbul jika perasangka buruk masih kalian pelihara. Sehingga dimata kalian semua orang akan terlihat sama, sangat jahat, seperti musuh dalam selimut. Sehingga kalian menjadi larut pada rasa cemas dan gak aman. Tentu ini dampak yang gak baik sebenarnya bagi diri kalian, sedangkan kalian sebagai manusia tentu juga butuh sosok orang lain untuk mengisi hari-hari kalian.

Baca Juga  20+ Contoh Cerpen Berkualitas Di Semua Tema (Lengkap)

Maka dari itu, segera ubah cara pandang kalian. Atau kalian bisa coba untuk berkonsultasi pada orang yang ahli di bidangnya, seperti psikolog agar ada yang membimbing dan menuntun kalian untuk bisa lepas dari jeratan yang tak baik ini sehingga kalian bisa mendapat ketenangan hidup.

5.Hidup tidak bahagia

5 Dampak Negatif Bila Kamu Terlalu Larut pada Prasangka Buruk

Orang yang selalu dikelilingi emosi negatif maka yang kembali ke dirinya juga akan negatif. Orang yang selalu dikelilingi emosi positif maka yang kembali pada dirinya juga berdampak positif.

Oleh sebab itu, dengan cara membuang segala prasangka buruk dan perlahan demi perlahan sehingga kalian mencoba mengubahnya jadi perasangka baik tentu juga akan mempengaruhi kondisi dalam jiwa kalian. Kalian pun akan merasakan hidup yang tenang dan tentunya bahagia.

Jika kalian masih sajamemelihara emosi negatif itu sampai kini, maka kalian akan sulit mendapatkan kebahagiaan.

Oleh sebab itu guys, tolong buang segala hal yang dapat membuat kalian merasa gak tenang dan bahagia. Salah satunya adalah dengan selalu berusaha berfikir positif dan selalu berprasangka baik pada siapapun itu.

 

Semoga Bermanfaat!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Regulasi Diri Dan Aspek Yang Mempengaruhi Manusia

Apa Itu Regulasi Diri? Regulasi diri berkaitan dengan bagaimana seseorang mengaktualisasik…