TERNYATA Tubuh Akan Mengalami 5 Hal Ini Saat Patah Hati!! Bagaimana Cara Menyembuhkan??

Patah Hati adalah salah satu momentum kesedihan yang paling sering dialami manusia. Kira-kira bagaimana sih tubuh merespon ketika tengah mengalami patah hati karena cinta?

Bagaimana yang akan kalian rasakan saat mengalami patah hati baik fisik atau psikis?

Jatuh cinta jelas punya konsekuensi untuk patah hati. Tapi faktanya tidak semua orang siap dengan konsekuensi itu. Butuh waktu, tenaga, dan perasaan untuk memperbaiki keadaan hati, istilah gaulnya move on.

Saat hubungan itu berakhir, ada banyak emosi yang mungkin dialami seseorang yang patah hati. Selama putus cinta, sesuatu terjadi di tubuh dan otak.

 

Sumber: www.beranda.co.id

 

Apa Sih Patah Hati Itu?

Menurut wikipedia, Patah hati adalah suatu metafora umum yang digunakan untuk menjelaskan sakit emosional atau penderitaan mendalam yang dirasakan seseorang setelah kehilangan orang yang dicintai, melalui kematian, perceraian, putus hubungan, terpisah secara fisik atau penolakan cinta.

Tonton Video - Cara Membaca Bahasa Tubuh

Patah hati secara umum dikaitkan dengan kehilangan pasangan hidup atau kekasih.

Meskipun kehilangan orang tua, anak, hewan peliharaan, orang yang dicintai atau teman dekat bisa “mematahkan hati seseorang”, dan sering  juga dialami saat merasa sedih dan merasa kehilangan.

Kondisi ini mengarah pada sakit fisik yang dirasakan seseorang di dada sebagai dampak kehilangan tersebut, tetapi ada pula yang mengalami trauma emosional ketika perasaan tersebut tidak dialami sebagai wujud sakit somatik.

Meskipun patah hati biasanya tidak memberi kerusakan fisik apapun pada jantung, ada sebuah kondisi bernama “sindrom patah hati” atau kardiomiopati Takotsubo, yaitu ketika sebuah insiden traumatik mendorong otak untuk menyalurkan zat-zat kimia ke jaringan jantung yang melemah.

Well, itulah sedikit penjelasan tentang makna filosofis dari patah hati. Lalu, apasih yang dialami dan dirasakan seseorang saat dia mengalami patah hati? berikut ulasannya:

 

Baca Juga: TERNYATA Tubuh Akan Mengalami 5 Hal Ini Saat Patah Hati!! Bagaimana Cara Menyembuhkan??

Kata-Kata Kecewa Paling Menyentuh Hati

1. Kondisi Tubuh Merasa Sakit

Otak akan selalu memberikan sugesti bahwa hanya perasaanmu saja yang sakit. begitulah umumnya yang dirasaakan orang saat patah hati.

Baca Juga  Seberapa Tinggi Tingkat HARGA DIRI Anda? PENTING!! Pengertian Self Esteem, Aspek, Faktor dan Tingkatannya.

Faktanya, menurut penelitian setiap orang yang mengalami patah hati seluruh tubuhnya juga akan mengalami rasa sakit.

Hal ini, karena otak punya peranan penting menentukan kondisi tubuh seseorang saat dia megalami bahagia atau bersedih.  Tidah heran jika kalian akan merasa lemas dan lemah saat mengalami patah hati.

 

2. Akan Mengalami Perubahan Berat Badan

Sebagian orang  yang mengalami patah hati biasanya mereka akan memilih untuk melahap banyak makanan dengan tujuan meredam stress. Mereka akan memakan apa saja yang mereka sukai.

Tentunya hal itu akan mendorong perubahan berat badan menjadi naik. Lain halnya dengan sebagian orang yang memilih untuk tidak makan, karena memang tidak nafsu.

Mereka akan terus murung, mereka hanya meminum air dan merasa tidak tertarik dengan makanan yang bahkan menjadi makanan favorit mereka. Tentu hal itu akan menurunkan berat badan mereka dengan cepat.

 

3. Tidak Bersemangat

Sumber: www.alodokter.com

Patah hati bukanlah keadaan yang menyenangkan. Setiap orang akans elalu merasa murung dan bersedih saat mengalaminya.

Saat orang patah hati tidak sedikit pekerjaan mereka terabaikan karena tidak fokus karena merasakan kesedihan mendalam. Dan hidup terasa lebih berat dari kondisi biasanya.

Sebuah studi mengatakan bahwa jika seseorang mengami patah hati akan memicu hormon kortisol dan epinefrin yang meyebabkan stress. Berbeda dengan saat mengalami jatuh cinta otak akan dipenuhi hormon Oksitosin yang menyebabkan orang merasa bahagia dan semangat.

 

5. Akan Mengalami Depresi

Karena otak dipenuhi dengan hormon-hormon yang menyebabkan stress, bukan tidak mungkin orang akan mengalami depresi. Maka mereka lebih banyak memilih untuk sendiri, berdiam diri dan murung.

Seseorang akan selalu merasa bersaha dan mempertanyakan siapa dirinya. Apa salah dirinya, dan terus melakukan itu. Jika kondisi demikian tidak segera di atasi bisa memicu kondisi depresi yang berat. Sehingga tidak jarang mereka akan menyakiti dirinya sendiri.

Baca juga: DEPRESI !! Kenali Gejala, Jenis Dan Cara Mengatasinya

Itulah kondisi tubuh baik secara fisik atau psikis saat tubuh kalian mengalami patah hati. Terusulah berrsemangat dan tetap bersyukur!!

Baca Juga  Gangguan Mental OCD (obsessive compulsive disorder), Gejala, Faktor dan Penanganannya.

Baca Juga: Bersyukur Bikin SUKSES!!10 Alasan Kenapa Kalian Wajib Bersyukur! 

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

 

“Saat perpisahan terjadi, pada dasarnya mereka telah sama-sama melepaskan diri dari relationship itu.

Tentu sangat menyakitkan bukan bagi mereka yang belum siap mengalaminya?

Ada beberapa banyak faktor yang membuat orang sulit move on. Untuk mengatasinya, berikut tipsnya.

1. Stop Stalking media sosialnya.

 

Sumber:www.jadiberita.com

Stalking media sosial mantan justru membuatmu  semakin sulit melupakannya. Kamu justru selalu memikirkannya dan hanya membuat kamu lebih sulit untuk berhenti memikirkan hubungan yang telah kandas.

2. Stop bertanya mengapa perpisahan terjadi.

Hal Ini justru akan membuat sang mantan terus ada di pikiran kamu. Terima penjelasan apa pun yang sesuai dengan fakta dan jaga harga diri kamu. Kamu bisa melakukannya dengan berpikir si dia ingin mengakhiri hubungan karena tak mau berkomitmen, membuat keputusan karena emosi dan suatu saat akan menyesal, atau dia bukan jodoh yang tepat untuk kita.

3. Kompromi

Buat daftar kompromi yang telah kamu buat dalam hubungan sehingga kita tak akan mengulanginya lagi.

4. Melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Memiliki aktivitas positif adalah cara penting untuk memberi sinyal kepada diri sendiri bahwa kehidupan terus berjalan. Maka lakukan hal-hal yang menyenangkan dengan sedikit berlibur di akhir pekan.

5. Delete Semua Fotonya

Sumber: www.grid.id

Hapus semua hal yang mengingatkan tentangnya, seperti pesan darinya atau foto-fotonya. mungkin kalian bisa memblokir akun media sosialnya

6. Hubungi teman dan minta dukungan mereka.

Patah hati adalah hal biasa dan semua orang punya cara sendiri untuk mengatasinya. Untuk mempercepat penyembuhan kondisi psikis kalian bisa meminta bantuan teman atau sahabat.

7.  Menangis Semalaman

Meskipun terkesan lebay, yang penting semua perasaan sedih dan galau bisa terluapkan sampai habis. Saat sedang patah hati, biasanya dada akan terasa sangat sesak.

Semua perasaan negatif dan galau bercampur jadi satu. Di sini kamu bisa meringankan rasa sakitnya dengan mudah dengan cara menangis.

Menangislah sepuasnya, semalam suntuk kalau perlu, hehe. Nggak apa-apa wajahmu jadi kelihatan jelek, kamu akan merasa puas meluapkan semua kesedihan lewat air mata.

Baca Juga  Apakah Anda Tau Arti Mindset Sebenarnya? Penjelasan Lengkap Mindset

8. Lakukan olahraga sampai badan benar-benar capek

Olahraga yang paling mudah dilakukan adalah lari. Jadwalkan diri kalian untuk melakukan olahraga, lalu lakukanlah sampai badanmu benar-benar capek.

Tapi ingat jangan sampai cedera ya,…

Hempaskan semua energi-energi negatif melalui keringat dan capek yang dihasilkan dari aktivitas fisikmu. Dengan begini, setidaknya kamu akan segera mendapat waktu untuk tidur nyenyak kemudian.

Hal yang terpenting adalah jangan sampai kamu tenggelam dalam patah hati dan perasaan galau mendalam. Tetaplah bersemangat!!

9. Buat perubahan drastis pada penampilanmu

Bagi kalian yang patah hati karena pacaran. Jika sebelumnya kalian selalu merasa insecure dengan penampilan kalian karena takut dianggap jelek sama pacar kalian.  (yang sekarang sudah jadi mantan, hehe).

Nah, sekarang saatnya kalian berani tampil jadi diri kalian sendiri. Buatlah perubahan yang terbilang drastis pada penampilan kalian.

Bisa dengan mengubah gaya rambut, tampil dengan gaya fashion beda, atau merias wajah sesuai dengan kenyamanan kalian.  Semangat!!

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Cewek Cerdas dan Berkelas

 

Semoga Bermanfaat!!

 

Sumber: Patah Hati

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Faktanya Ada 7 Tipe Kesepian Yang Dialami Orang. Tipe Manakah Anda?

Dalam hidup terkadang seseorang mengalami yang namanya kesepian. Kesepian dialami ketika s…