Jika 12 Tanda Ini Ada di Kamu, Artinya Kamu Seorang Sosiopat

Kalian pernah dengar istilah sosiopat, belum? Ternyata di dunia ini ada lho orang yang tidak peduli soal cinta dan kasih sayang. Hal yang paling mereka pedulikan hanya kontrol, kekuatan, dan seks.

Sosiopat adalah kata yang mengacu pada sikap dan perilaku antisosial pada diri individu. Penyebab sosiopat sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Tetapi, diduga dipengaruhi oleh faktor genetika dan pengalaman traumatis yang dialami pada masa kanak-kanak.

Orang-orang jenis ini dinamakan sosiopat. Berbeda dengan istilah psikopat, orang sosiopat sadar jika melakukan perilaku buruk ke orang lain, meski tidak selalu membunuh.

Perilaku sosiopat terjadi karena adanya kombinasi emosi, pikiran, dan perilaku yang menyimpang dari kehidupan normal. Faktor yang membuat individu terindikasi berkepribadian sosiopatadalah dari genetika dan lingkungan seperti kehidupan keluarga, riwayat kekerasan dan penyalahgunaan obat-obatan.

Tentu saja, jika tidak semua sosiopat adalah penjahat yang berbahaya. Tetapi mereka kadang dapat membuat hidup orang lain menjadi sulit, mengingat jika karakteristik yang mereka miliki oleh seorang sosiopat merupakan perilaku anti sosial.

Baca Juga: Mengenal Mythomania, Kelainan Psikologis Gemar Berbohong

Erotomania, Gangguan Mental Merasa Dicintai dan GE-R Akut

Bromance Beda Dengan Homo, Kenali 10 Fakta Positif Bromance

Mari kenali ciri-ciri sosiopat, mungkin kalian punya sahabat atau bahkan keluarga yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Orang yang punya perilaku sosiopat memiliki rasa ego yang tinggi.  Seorang psikolog klinis di L.A. County Department of Mental Health, Dr. Seth Meyers, menyampaikan bahwa mereka adalah narsisis yang ekstrim dengan rasa hak yang sangat besar. Orang sosiopat juga cenderung untuk selalu menyalahkan orang lain atas kesalahannya sendiri.

2. Kurangnya Rasa Empati

Orang sosiopat tidak benar-benar memiliki batin emosional seperti kebanyakan orang. Hal ini mungkin karena Orang sosiopat tidak dapat membayangkan atau merasakan dunia emosional orang lain. Hal ini merupakan sesuatu yang asing bagi orang sosiopat sehingga dapat dipastikan mereka tidak memiliki emosional batin yang baik, tidak peka sama sekali atau kurang empati pada setiap permasalahan orang terdekat maupun orang lain.

Baca Juga  Membedah Lengkap 10 Model Pembelajaran Yang Bisa Kamu Terapkan

3. Sedikit Teman Dan Relasi

Orang sosiopat cenderung tidak memiliki teman. Sosiopat tidak menginginkan teman-teman, kecuali jika mereka membutuhkan teman. Atau teman-temannya hanya terhubung karena suatu kondisi dan asosiasi. Hal ini tentunya terjadi sebab karakter sosiopat sendiri adalah seseorang yang memang anti sosial.

4. Tidak Bertanggung Jawab Dengan Tindakannya

Salah satu tanda paling umum dan jelas yang kalian hadapi dengan orang sosiopat adalah penolakan mereka untuk mempertanggung jawabkan atas tindakan dan ulah mereka sendiri.

Bahkan Menurut penelitian, mereka orang yang sosiopat tidak akan bertanggung jawab saat ada masalah pada keuangan dan tentunya akan melibatkan serta merepotkan orang lain untuk menyelesaikannya.

5. Sangat Sabar Meskin Dalam Situasi Berbahaya

Menurut penelitian, jika orang normal justru lebih dan spontan menunjukkan rasa takut saat  menjumpai gambar, sesuatu atau kejadian yang mengerikan dan berbahaya bagi dirinya. Sementara itu untuk sosiopat tidaklah demikian, mereka akan cenderung merasa tenang, dan bahkan merasa damai meskipun hidupnya sedang terancam.

6. Kurangnya Rasa Penyesalan Dan Rasa Malu

Umumnya orang yang memiliki gangguan kepribadian antisosial menunjukkan jika sosiopat memiliki kekurangan rasa penyesalan, rasa bersalah yang rendah, bahkan rasa malu.

7. Sangat Perhatian

Orang sosiopat akan sering menelepon, nge-chat kalian dan bahkan sering sekali membanjiri notifikasi di akun media sosial kalian. Mereka akan selalu ingin bersama kalian dalam setiap waktu, meskipun harus membatalkan janjinya dengan orang lain supaya bisa bersama kalian.

8. Terburu-buru menganggap orang lain

Orang dengan kepribadian sosiopat tidak butuh waktu yang lama untuk mengatakan jika kalian adalah cinta sejati atau soulmate-nya mereka. Mereka juga tidak ragu untuk mengajak kalian cepat-cepat menjalin hubungan yang serius atau menikah.

9. Sering Berubah Sikap

Kepribadian mereka yang selalu berubah-ubah dengan cepat. Pada Satu waktu mereka memperhatikan kalian sampai kalian merasa jadi orang spesial bagia mereka, tapi di lain waktu mereka berubah menjadi orang yang membenci kalian.

10. Gemar Berbohong

Manipulasi dan kontrol orang sosiopat adalah dua karakteristik yang saling menentukan seseorang sosiopat namun sulit dikenali. Seorang sosiopat mempunyai kebiasaan berbohong setiap hari, mulai dari hal yang kecil hingga yang besar. Mereka berbohong untuk melindungi diri mereka sendiri dan lebih memilih menyalahkan orang lain. Orang sosiopat juga terkesan defensif saat menerima julukan dari orang lain.

Baca Juga  Self-Healing: 5 Cara Penyembuhan Diri Sendiri Yang Bisa Kalian Terapkan

Baca Juga: Mengenal Mythomania, Kelainan Psikologis Gemar Berbohong

11. Mudah Sekali Tebar Pesona

Orang sosiopat sangat baik dan lihai dalam hal tebar pesona agar mereka disukai oleh orang lain. Mereka cenderung tampil fungsional dan bahkan seringkali terlihat menawan. Faktanya, jauh di lubuk hati mereka, orang sosiopat secara tidak sadar juga memiliki rasa malu dan bersalah.

12. Khawatir Akan Pekerjaan

Orang sosiopat sering menyebabkan berbagai macam masalah di tempat kerja. Oleh sebab itu orang yang mengalami gangguan sosial ini selalu berjuang untuk mempertahankan pekerjaan.

Akibatnya orang sosiopat mungkin sering kejam dengan karyawan, selalu menunjukkan ketidaksukaan yang mencolok dengan rekan kerja, kurangnya rasa empati, dan sangat sulit berbaur. Mereka orang sosiopat mungkin juga menyalahkan orang lain saat hal-hal tidak berjalan di hal yang benar, melanggar aturan, dan tidak bertindak sebagai tim kerja, atau pada umumnya mereka mendorong batas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Proyeksi: Mekanisme Pertahanan Diri Manusia Dengan Kambing Hitam

 Istilah kambing hitam sudah sangat umum di telinga, dan kalian juga sudah paham jika kamb…

Daftar Langganan

Get Even More

Subscribe to our mailing list to get the new updates!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur.

Don't worry, we don't spam.

Stay Connected