10+ Prospek Lapangan Kerja Lulusan Psikologi

Sering dianggap sebagai ilmu “penerawang” dan dukun, psikologi dapat diartikan secara harfiah sebagai ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan.

Lebih tepatnya, psikologi sebenarnya adalah ilmu yang mempelajari perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia secara ilmiah. Psikologi sendiri memiliki beberapa bagian besar bidang studi, seperti psikologi klinis, industri, sosial, dan juga perkembangan.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Psikologi Dan Sejarahnya Lengkap!

Nah, buat kalian yang baru akan masuk jurusan psikologi, atau mungkin sudah akan mencari kerja, sudah tahu apa saja prospek kerja psikologi?

Lulusan S1 Psikologi dapat menggeluti berbagai bidang pekerjaan, seperti:

Yakin ingatanmu Asli ?
  1. Asisten Psikolog di berbagai lembaga psikologi terapan
  2. Administrator tes psikologi
  3. Konselor
  4. Staf konsultan di bidang Psikologi
  5. Fasilitator dan motivator dalam program pelatihan (trainer)
  6. Staf dan manajer bidang SDM di berbagai perusahaan dan hotel
  7. Asisten peneliti di berbagai lembaga penelitian
  8. Wirausahawan (pelakui usaha mandiri)
  9. Fasilitator dan perancang program pengembangan komunitas.

Selain itu ada beberapa embaga-lembaga yang umumnya menerima lulusan Sarjana Psikologi, selain perusahaan, antara lain:

  1. Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, Puskesmas.
  2. Instansi pemerintah, TNI dan Polri.
  3. Lembaga penelitian dan pelatihan.
  4. LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) atau NGO (Nongovernment Organization).
  5. Institusi / lembaga lainnya yang bergerak pada pengembangan komunitas untuk mendukung kesehatan mental komunitas.

Selain itu ada beberapa bidang pekerjaan yang secara common sangat diminati oleh para lulusan Psikologi, di antaranya adalah sebagai berikut:

1.(Human Resource Development) atau HRD

Pekerjaan yang masih menjadi “favorit” bagi para lulusan psikologi ialah Human Resource Development atau biasa disebut dengan HRD.

Prospek kerja di sini ini berkaitan dengan SDM atau sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan, yaitu para karyawannya.

Tugas kalian sebagai HRD adalah untu mengembangkan dan menerapkan berbagai kebijakan,yang membuat kinerja semua karyawan yang ada lebih efektif dan maksimal bagi perusahaan.

Bentuk dari tugas prospek kerja sebagai HRD ini misalnya adalah dengan merekrut karyawan baru termasuk melakukan interview, menjalankan training dan juga evaluasi, sampai juga harus mengurus absensi dan ijin para karyawan. Apa kalian tertarik dengan prospek kerja psikologi di sini?

Baca Juga  Hippocrates : 4 Karakter Manusia (Melankolis, Koleris, Plegmatis & Sanguinis) Pengertian dan ciri-cirinya!

2. Konselor

Prospek kerja di sini  adalah pekerjaan sebagai konselor. Jika kalian memiliki latar belakang psikologi, senang mendengarkan cerita orang lain, dan juga sangat ingin membantu mereka, prospek kerja psikologi ini bisa jadi cocok buat kalian.

Menjadi konselor berarti kalian membantu klien untuk bercerita dan mengungkapkan apa yang sedang mereka rasakan. Kalian juga memberikan mengarahkan klien untuk mengambil keputusan, tentunya dengan tujuan untuk membantu kebingungan mereka, dan membuat mereka jauh lebih berpikir positif.

Jangan lupa, peran kalian sebagai konselor pada prospek ini juga disesuaikan dengan bidang ilmu psikologi yang sudah kalian miliki, dan juga harus menjaga kerahasiaan yang dimiliki oleh klien kalian.

Konselor ini terbagi juga menjadi beberapa bidang, seperti konselor, keluarga dan perkawinan,pendidikan,  trauma, dan lain-lain.

2. Psikolog

Psikolog juga menjadi salah satu prospek kerja psikologi dengan berbagai banyak jenisnya. Misalnya saja, psikolog klinis, forensik, olahraga, dan masih banyak lainnya. Tugas dan tanggung jawabnya pun berbeda, tergantung pada jenis psikolog yang kalian dalami dan kalian jadikan prospek kerja psikologi ya.

Contohnya, psikolog klinis nantinya akan banyak berhubungan dengan gangguan kesehatan mental seseorang, dan membantu orang-orang lain untuk dapat menjalani kehidupan “normal” kembali.

Kalian akan bertugas menangani gangguan mental, seperti ganguan kecemasan, phobia, depresi, sampai gangguan makan. Contoh lainnya, bisa sebagai psikolog olahraga, di mana kalian akan membantu para atlet mendapatkan kesehatan mental yang baik.

Baca Juga: DEPRESI !! Kenali Gejala, Jenis Dan Cara Mengatasinya

3.Bimbingan Konseling

Peran kalian pada prospek kerja ini tentu saja mengajarkan materi terkait, dan juga memberikan konsultasi dan pengarahan. Hal ini khususnya jika kalian menjadi guru BK di sekolah, yang mana para siswa bisa berkonsultasi pada kalian terkait keluarga, hambatan dalam belajar, maupun pilihan jurusan dan karier yang akan dijalani mereka ke depannya.

Jika kalian mengajar di sekolah kepribadian, tugas kalian adalah menangani, atau membantu mengubah kepribadian seseorang, termasuk dengan pembentukan karakter seseorang.

Sedangkan untuk dosen, peran kalian tentu saja mengajar, yang paling relevan adalah mengajar mata kuliah psikologi.

Baca Juga  6 Kesalahan Arti Stres Yang Tak Banyak Orang Tahu

4. Peneliti

Buat kalian yang menyukai dengan pekerjaan detail, ingin mencari tahu, dan menjabarkan sesuatu hal, kalian bisa juga mencoba prospek kerja ini.

Banyak sekali perusahaan dan lembaga-lembaga penelitian yang membuka lowongan untuk para peneliti, sesuai dengan bidang yang mereka jalani. Misalnya saja di lembaga seperti (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), atau di (Lembaga Swadaya Masyarakat), ataupun di pemerintahan yang berkitan dengan kebijakan publik.

Jika di perusahaan, bidang yang akan kalian tangani berkaitan dengan kepuasan pelanggan, termasuk juga perilaku masyarakat target market perusahaanmu.

5. Penulis 

Sebagian buku-buku referensi terkait masalah psikologi adalah terbitan luar negeri, dan belum terlalu banyak atau populer, untuk terbitan lokal. Karena itu, prospek kerja psikologi ini bisa kalian jalani, apalagi jika kalian memang memiliki minat dalam dunia menulis, dan senang menjalaninya serta berbagi dengan orang lain.

Di sisi lain, jika kalian memang tertarik di dunia literatur, tapi belum mampu menerbitkan sendiri, prospek kerja psikologi sebagai penerjemah buku juga bisa kalian kerjakan. Tentunya, syarat utamanya adalah memiliki penguasaan bahasa asing yang baik dan benar, untuk bisa menerjemahkan dengan baik sesuai kebutuhan penerbit.

6. Terapis untuk anak berkebutuhan khusus

Jika kalian termasuk pribadi yang sabar dan senang dengan anak-anak, prospek kerja psikologi satu ini cocok nih buat kalian. Di Indonesia, jumlah anak berkebutuhan khusus yang cukup banyak saat ini adalah anak dengan mengidap autisme.

Baca Juga:  Autism Spectrum Disorder: Pengertian, Gejala dan Karakteristik Lengkap!

Sejauh ini jumlah anak berkebutuhan khusus TIDAKsebanding dengan lulusan psikologi yang menjadi terapisnya.

Untuk prospek kerja Di sini, kalian akan bekerja sama dengan lembaga tertentu, atau bekerja di sekolah untuk anak berkebutuhan khusus. Tugas kalian tentu saja berkaitan dengan anak-anak tersebut, yaitu menjalankan terapi agar anak-anak berkebutuhan khusus yang ada bisa memiliki kehidupan yang mandiri dan sesuai perkembangan yang mereka miliki.

7. Para Staff ahli

Sering mendengar istilah staf ahli? Yang paling umum sering kita dengar dan temukan infonya adalah istilah staf ahli presiden. Faktanya, dengan gelar psikologi yang kalian miliki, staf ahli juga bisa menjadi salah satu pilihan prospek kerja psikologi ini.

Baca Juga  Membedah Lengkap 10 Model Pembelajaran Yang Bisa Kamu Terapkan

Tugas kalian adalah berkitan dengan tempat kalian bekerja, bisa staff ahli presiden, anggota dewan gubernur, dan lain-lain.

Untuk prospek kerja di sini, peran kalian adalah membantu publik figur tersebut untuk menyesuaikan sikap dan tindakannya agar berkenan di mata publik.

Contohnya saja dalam berbagai hal menyikapi permasalahan tertentu, bertutur kata dan bertingkah laku pada saat pidato, sampai dari cara bertutur di media sosial. Karena, kita tahu bahwa banyak publik figur yang terkena berbagai masalah karena sikap dan perilaku mereka yang tidak dikelola dengan baik.

Untuk beberapa prospek kerja jurusan psikologi, ada yang cukup hanya dengan latar belakang pendidikan sampai S1. Tetapi, ada pula beberapa dengan persyaratan yang mengharuskan kalian mengambil S2.

Apa pun pekerjaan itu, pastikan kalian membaca banyak referensi dan tetap terus mengembangkan ilmu psikologi yang kalian inginkan.

Dan tentunya jangan sampai lupa juga untuk terus membangun relasi, misalnya dengan cara mengikuti berbagai pelatihan, seminar dan juga internship seputar jurusan kalian yaitu, psikologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

POSESIF: 10 Tips Mengurangi Sifat Posesif Paling Efektif

Setiap manusia tentunya memiliki karakteristik dan sikap yang berbeda beda dari manusia la…