pesan tersembunyi

Membongkar Keajaiban Pesan Tersembunyi (Subliminal Messages)

Suatu hal yang banyak manfaat dan bahayanya sekaligus, pernahkah kalian mendengar istilah subliminal messages? atau pesan tersembunyi?

Pembicaraan tentang subliminal messages ini tidak jauh-jauh dengan dunia hipnosys ataupun dengan bawah sadar. Jadi kita akan bahas tuntas disini.

Baca juga : artikel tentang otak bawah sadar

Jangan lupa share ya artikel ini agar teman-teman anda tahu betapa bermanfaat dan berbahayanya pesan tersembunyi ini.

Pengertian Pesan Tersembunyi atau Subliminal Messages.

Subliminal message adalah suatu afirmasi ataupun pesan baik berupa suara (auditori) maupun penglihatan (visual) yang di sajikan di bawah batas normal pendengaran atau persepsi penglihatan manusia.

Untuk lebih mudahnya saya contohkan seperti ini:

Sebuah sinyal subliminal berbentuk audio yang tidak bisa di dengar oleh otak sadar kita karena sinyalnya berada di ambang batas pendengaran manusia, namun sinyal ini dapat di dengarkan oleh pikiran bawah sadar kita.

Rubah Hidupmu Cukup Dengarkan 5 Menit

Atau bisa juga sebuah gambar yang di transmisikan secara cepat mungkin dalam waktu kurang dari satu detik dan berulang-ulang. Hal ini tidak di sadari oleh otak sadar kita, namun ternyata di tangkap dan di rasakan oleh otak bawah sadar kita.

Berikut ini poin-poin penting dalam subliminal messages.

  • Sebuah sinyal atau pesan yang di desain untuk melewati ambang batas persepsi normal manusia.
  • Sebuah suara yang tidak terdengar oleh otak sadar (namun terdengar oleh otak bawah sadar.)
  • Sebuah gambar yang di tampilkan secara cepat, yang otak sadar kita susah mempersepsikannya namun otak bawah sadar kita mampu memahaminya.

Image result for subliminal message

Bagaimana Subliminal Messages Bekerja?

Pesan tersembunyi ini diduga dan biasanya diuji dalam penelitian psikologis bahwa pesan-pesan subliminal memiliki potensi untuk mempengaruhi seseorang dan menembus pikiran sadar beserta fungsi-fungsi filter dari pikiran sadar manusia.

Sebagai contoh seperti ini :

Jika anda mengenal teknik afirmasi, misalnya dalam suatu kasus untuk menurunkan berat badan. Anda mendengarkan sebuah audio untuk mensugesti anda, di audio tersebut anda  mendengar kalimat “saya kurus dan langsing”

Maka pikiran sadar anda akan menolaknya mentah-mentah, “Apanya yang kurus, saya gemuk dan besar begini! saya benci tubuh saya!”

Nah dengan subliminal message anda tidak bisa mendengarkan afirmasi tersebut secara sadar. Makanya otak sadar anda tidak punya kesempatan untuk mengkritisi isi afirmasi tersebut.

Karena tidak terdengar, dan langsung di terima oleh otak bawah sadar anda tanpa penolakan.

 

Baca Juga  10 Tips Menjadi Cewek Cerdas dan Berkelas

Alur terjadinya pengaruh pesan tersembunyi ini mirip sekali dengan sugesti yang di berikan saat sesi hipnosis.

Dimana subjek dalam hipnosis di arahkan untuk santai dan membuka filter sadarnya agar sugesti dapat diterima oleh otak bawah sadar tanpa adanya proses kritis dari pikiran sadar subjek.

Baca juga : Panduan Lengkap Hipnotis

 

Namun begitu dari beberapa penelitan menyimpulkan bahwa efek dari subliminal messages ini kurang kuat.

Hal ini bisa saja terjadi karena pada penelitian tersebut hanya menggunakan stimulus subliminal sekali saja lalu kemudian di lakukan pengukuran apakah tes subliminal messages itu membawa dampak yang signifikan.

Kebanyakan terlihat kecil sekali dampak yang di berikan.

Tentu saja pesan tersembunyi ini tidak bisa di lakukan hanya sekali saja dan anda langsung bisa melihat hasilnya.

Hal ini berbeda sekali dengan pesan-pesan subliminal yang di desain berulang-ulang hingga ratusan kali dalam satu sesi. Dan bisa di asumsikan hal ini akan memperkuat dampaknya karena berulang-ulang.

 

Sejarah Subliminal Messages

Awal mula ketenaran pesan tersembunyi ini di sebabkan oleh sebuah penelitian yang di lakukan di tahun 1957. A Fort Lee, (New Jersey) sebuah teater menayangkan tayangan super singkat tulisan ‘Drink Coke Cola’ and ‘Eat Popcorn’  dengan lama tampilan 1/3000 detik selama 5 detik sekali.

Dan hal ini di lakukan selama 6 minggu. Hal ini di lakukan oleh pakar penelitian pemasaran New York, James Vicary. Dia berhasil meningkatkan 18% penjualan popcorn.

Dari kejadian ini menimbulkan berbagai protes dan akhirnya dewan kongres melarang penelitian mengenai bidang ini di larang sejak saat itu.

Hasil penelitian James Vicary ini menjadi sebuah landasan untuk mengklaim bahwa subliminal messages ini benar-benar terbukti memberikan hasil. Namun, pada tahun 1962 Vicary mengaku bahwa penelitian itu hanyalah “gimmick“.

Dan data yang di kumpulkan pada penelitian itu sangatlah sedikit untuk menunjukkan kesimpulan yang akurat.

NB : Beberapa tahun kemudian, sebelum kematian Vicary. Dia menyatakan hal yang lebih mencengangkan lagi, dia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah melakukan penelitan itu sama sekali. Semua itu hanyalah buat-buatan saja…

 

Baca Juga  5 Gaya Belajar Manusia Yang Wajib Kalian Tahu

Nah, dari sini mungkin anda akan kebingungan bukan …

Kenapa saya harus menulis artikel ini, jika nyatanya yang kita gunakan sebagai landasan hanyalah sebuah penelitan yang di karang.

Lantas…

 

Apakah Subliminal Message Beneran Bisa Membawa Hasil?

 

Jadi jawabannya adalah …

Pemilik produk-produk subliminal message akan mengatakan “IYA”

tetapi …

Ilmuan, Peneliti dan pakar psikologis akan mengatakan “TIDAK”

 

Tunggu Dulu …

Meskipun begitu, seperti yang sudah saya tulis sebelumnya bahwa dalam penelitian mengenai subliminal message ini hanya menggunakan stimulus yang sangat sedikit atau hanya sekali. Maka akan sangat susah sekali secara ilmiah terlihat dampaknya.

Oleh karena itu butuh sebuah perulangan yang cukup banyak dan signifikan untuk melihat hasil yang di berikan oleh subliminal message ini.

Oleh karena itu menurut saya subliminal message ini bisa benar-benar terjadi, karena saya sendiri juga pernah mempraktekkan hal tersebut ke teman saya. Dan its works.

Jika anda belajar hipnosis entah itu lewat artikel saya atau di tempat lain,

Maka anda akan mendapati kemungkinan keberhasilan subliminal message ini, apalagi dengan repetisi yang lumayan banyak.

Anda bisa melihat contoh video derren brown memberikan subliminal message di bawah ini :

 

Di video diatas Derren Brown menjelaskan bagaimana dia bisa mempengaruhi pakar desainer, untuk mendesain iklan berdasarkan keinginannya.

Dia menggunakan gambar-gambar di sepanjang perjalanan panjang kedua pakar tersebut.

Gambar-gambar tersebut di buat tidak terlalu mencolok sehingga otak sadar kedua pakar tersebut menyadari gambar-gambar itu.

Dan hasilnya, Derren Brown berhasil menanamkan pesan yang ingin ia berikan.

Anda bisa melakukan praktek atau eksperimen anda sendiri, dan harap anda tanggung sendiri setiap akibatnya.

Thank you, sampai ketemu lagi di tulisan saya selanjutnya, silahkan share ke teman anda tulisan ini dan bertanya di kolom komentar jika ada saran, pertanyaan ataupun request.

Stay Aware!

Digiprove sealCopyright protected by Digiprove © 2019

Diskusikan Pikiranmu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Model Pembelajaran Inquiry, Pengertian dan Langkah-langkahnya Menurut Para Ahli (Terlengkap)

A. Pengertian Model Pembelajaran Inquiry Model pembelajaran Inquiry adalah model pembelaja…